4 Alasan Perusahaan Melakukan Implementasi ISO 27001:2013

ISO 27001 adalah standar internasional yang diterbitkan oleh Organisasi Standardisasi Internasional (ISO), dan standar ini menjelaskan cara mengelola keamanan informasi di suatu perusahaan. Revisi terbaru dari standar ini diterbitkan pada 2013, dan judul lengkapnya sekarang adalah ISO / IEC 27001: 2013. Revisi pertama standar ini diterbitkan pada 2005, dan dikembangkan berdasarkan standar Inggris BS 7799-2.

ISO 27001 dapat diterapkan di semua jenis organisasi, laba atau nirlaba, swasta atau milik negara, kecil atau besar. Standar tersebut dirumuskan oleh para ahli terbaik dunia di bidang keamanan informasi. Standar tersebut juga menyediakan metodologi untuk penerapan manajemen keamanan informasi dalam suatu organisasi. Sehingga hal tersebut memungkinkan perusahaan untuk menjadi tersertifikasi, yang berarti bahwa lembaga sertifikasi independen telah mengkonfirmasi bahwa suatu organisasi telah menerapkan kepatuhan keamanan informasi dengan ISO 27001.

ISO 27001 telah menjadi standar keamanan informasi paling populer di seluruh dunia dan banyak perusahaan telah melakukan sertifikasi terhadap standar tersebut. Pertanyaannya, kenapa banyak perusahaan melakukannya?

Berikut setidaknya 4 alasan, kenapa perusahaan melakukan implementasi ataupun sertifikasi standar ISO 27001

  1. Mematuhi persyaratan hukum

Ada semakin banyak hukum, peraturan dan persyaratan kontrak terkait dengan keamanan informasi, dan kabar baiknya adalah sebagian besar dari mereka dapat diselesaikan dengan menerapkan ISO 27001.  Standar ini memberi perusahaan metodologi yang sempurna untuk mematuhi semuanya.

  1. Mendapatkan keuntungan pemasaran

Jika perusahaan mendapatkan sertifikasi sementara pesaingnya tidak, maka perusahaan yang sudah sertifikasi tersebut memiliki keunggulan di mata mereka di mata pelanggan yang peka atau memiliki perhatian terkait penjagaan keamanan informasi mereka.

  1. Biaya lebih rendah

Filosofi utama ISO 27001 adalah untuk mencegah insiden keamanan terjadi – dan setiap kejadian / insiden, besar atau kecil, membutuhkan biaya. Karena itu, dengan mencegahnya, perusahaan akan menghemat banyak uang. Lalu yang terbaik dari semuanya – investasi dalam ISO 27001 jauh lebih kecil daripada penghematan biaya yang akan perusahaan raih.

  1. Organisasi yang lebih baik

Umumnya, perusahaan yang tumbuh cepat tidak punya waktu untuk berhenti dan mendefinisikan proses dan prosedur mereka – sebagai konsekuensinya, sangat sering karyawan tidak tahu apa yang perlu dilakukan, kapan, dan oleh siapa. Penerapan ISO 27001 membantu menyelesaikan situasi seperti itu, karena mendorong perusahaan untuk menuliskan proses utama mereka (bahkan yang tidak terkait keamanan), memungkinkan mereka untuk mengurangi waktu karyawan yang hilang.

Demikian artikel dari kami, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda. Terkait informasi pelatihan, implementasi ataupun sertifikasi ISO 27001:2013.

Silakan menghubungi kami melalui fitur chat yang ada di web ini atau melalui kontak CS kami:
Yanti
08111798353 | [email protected]