Inilah Pentingnya Akreditasi ISO 17025 Bagi Bisnis Anda

Apakah Anda memiliki atau bekerja di laboratorium yang melakukan testing, sampling, atau kalibrasi? Apakah Anda memerlukan hasil yang dapat dipercaya dari tes dan kalibrasi laboratorium Anda? Jika ya, maka Anda perlu mengetahui standarnya. ISO 17025 merupakan standar internasional yang bermanfaat bagi organisasi yang melakukan testing, sampling atau kalibasi. Ini meliputi laboratorium, baik yang dimiliki dan dioperasikan oleh pemerintah atau industri.

ISO 17025 menentukan dan merincikan kebutuhan atau syarat apa saja yang harus dipenuhi bagi laboratorium dalam melaksanakan tes dan/atau kalibrasi. Persyaratan yang dapat kita temukan dalam ISO 17025 meluputi dua aspek yaitu syarat sistem manajemen dan syarat teknis. Syarat sistem manajemen meliputi pengendalian dokumen, pengendalian rekaman, penanganan pelanggan dan kontrak, tindakan perbaikan, audit, dan lain-lain yang berfokus pada operasi dan efektifitas bisnis. Adapun syarat teknis meliputi persyaratan-persyaratan personil, akomodasi dan kondisi lingkungan, pemilihan metode, peralatan, pengambilan sampel, dan penerbitan laporan hasil uji dan inspeksi laboratorium yang berfokus pada kebenaran dan keandalan kinerja laboratorium.

ISO 17025 pertama kali digunakan pada tahun 1990 dan terus direvisi dan diperbaharui sejak tahun 2005. Hal ini bertujuan supaya standar ISO dapat menyesuaikan dengan perubahan yang terus terjadi di bidang laboratorium. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk selalu mendapat informasi terbaru perihal ISO 17025.

Perusahaan yang telah terakreditasi ISO 17025 tentu akan mendapat banyak keuntungan dalam mejalankan urusan laboratorium serta bisnisnya. Jika terakreditasi dengan standar ISO 17025, artinya Anda telah menunjukkan komitmen untuk selalu memberikan kualitas, kompetensi, serta hasil yang terbaik. Karena ISO merupakan standar internasional, maka keuntungan utama yang dapat diperoleh adalah laboratorium Anda akan mendapatkan pengakuan secara internasional karena telah memenuhi persyaratan yang dikeluarkan oleh badan internasional.

Pengakuan secara internasional ini juga bermanfaat untuk dilakukannya komunikasi dengan laboratorium lain di luar negeri. Dua laboratorium dari dua negara dapat dengan mudah dan saling percaya dalam melakukan pertukaran data hasil pengujian dan hasil kalibrasi karena telah menggunakan standar yang telah diakui bersama.

Akreditasi ISO 17025 juga akan dijadikan tolak ukur oleh klien laboratorium Anda. Dengan mengantongi status akreditasi, klien dapat menilai secara objektif bahwa laboratorium Anda dapat dipercaya untuk menghasilkan hasil tes atau kalibrasi yang akurat. Maka dari itu, sertifikat akreditasi ISO 17025 juga dapat digunakan sebagai materi marketing untuk menjaring konsumen.

Sumber:

https://www.iso.org/standard/66912.html

https://bassettiamericas.com/how-iso-iec-170252017-can-help-your-business/

https://ipqi.org/awareness-dan-persyaratan-iso-iec-17025/