Tahapan Kritikal dalam Production and Inventory Planning

Hasil gambar untuk ppic

Pastinya anda sudah sangat mengerti tentang apa itu planning. Ya, planning merupakan suatu perencanaan yang sangat diperlukan sebelum melakukan tindakan. Sedangkan production adalah produksi dimana sebelum menjalankan proses produksi, planning merupakan tahapan penting yang tidak boleh dilewatkan.

Melalui perencanaan yang tersebut merupakan langkah bijak yang dilakukan oleh setiap organisasi atau perusahaan sebelum akhirnya melakukan suatu tindakan.

Dalam perusahaan atau manufacture, perencanaan produksi itu sendiri adalah merupakan tahapan yang penting sebelum melakukan proses produksi.

Tahap planning itu sendiri biasanya dipegang oleh bagian PPIC (production planning and inventory control) dalam perusahaan. PPIC memang berparan dalam hal yang berkaitan dengan manajemen inventory.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa proses produksi akan membutuhkan inventory sehingga tahap produksi memang saling berkaitan dengan bagian inventory.

Sebagaimana yang telah kita bahas dalam artikel yang lain bahwa inventory tersebut merupakan persediaan barang yang berupa barang baku, barang dalam proses produksi, dan mungkin barang-barang lain yang sudah siap untuk dijual.

Dari sini pastinya anda juga telah bisa menyimpulkan bahwa hubungan antara proses produksi dan juga inventory memang saling keterkaitan. Melalui perencanaan produksi yang matang, maka hal tersebut juga akan menjadi bahan evaluasi untuk bagian inventory untuk mengetahui sisa stok bahan.

Manfaat dari production planning tersebut adalah untuk mengetahui ketersediaan bahan sehingga proses pengerjaan produk tidak akan terhambat.

Ketika tahap produksi akan dilaksanakan maka ketersediaan bahan produksi harus benar-benar dalam jumlah yang aman dan mencukupi sehingga proses produksi tidak akan terhambat. Hal ini merupakan faktor yang penting untuk membantu efisiensi proses produksi itu sendiri.

Dalam hal production in planning, ada tahap production planning control yang akan membantu anda untuk melakukan hal-hal yang perlu dilakukan sebelum melakukan proses produksi. Karena perencanaan produksi ini merupakan tugas dari PPIC, maka hal-hal yang harus dilakukan adalah menerima order dari bagian penjualan.

Dalam hal ini bagian penjualan disebut dengan seles atau marketing (pemasaran). Selain itu informasi terkait yang juga perlu didokumentasikan adalah mengenai level of raw material, final product, work in process, dan juga data stock opname. Beberapa hal tersebut merupakan bagian penting untuk tahap produksi dan proses laporan.

Sistem planning for production memang seringkali memiliki gaya yang berbeda-beda dari satu perusahaan dengan perusahaan yang lain.

Meskipun demikian, secara umum fungsi dari bagian manajemen ini tidaklah jauh berbeda. Pentingnya peran perencanaan sebelum pelaksanaan proses produksi memang merupakan tuntutan dari kondisi pasar saat ini. Melalui planning ini diharapkan perusahaan akan menerapkan strategi operasi yang paling tepat sehingga proses produksi akan berjalan secara efektif.

Tujuan dari perencanaan itu sendiri juga merupakan upaya yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka melakukan efisiensi biaya penyimpanan dan juga untuk mengantisipasi produksi produk yang sia-sia.

Apalagi tingginya persaingan bisnis, mendorong produsen untuk menerima segala bentuk order baik dalam jumlah kecil atau besar, model yang beragam dan lain-lain. Sehingga, bagaimanapun juga hal ini mungkin akan berpengaruh terhadap biaya produksi. Kondisi semacam itulah yang bisa mempengaruhi sistem planning di berbagai perushaan mungkin tidak sama.

Tahapan yang dilakukan dalam pelaksanaan production planning tersebut adalah :

  1. Arrange order
    Tahap awal ini adalah tahap awal dari planning yaitu menerima order dari sales
  2. Alokasi dan monitoring order
    Setelah pesanan konsumen terdata ke dalam database,maka sistem akan menginformasikan ke dalam PPIC.
    Jadi untuk memaksimalkan proses produksi dan mengantisipasi adanya kerugian produksi, production planning adalah tahap penting yang harus diaplikasikan oleh perusahaan.

IPQI Learning Center mengadakan
Training Production Planning & Inventory Control
pada tanggal 10-11 Desember 2018
(Fix Running)
berlokasi di
AMG Tower Lt. 17
Jl. Dukuh Menanggal No. 1 A
Gayungan – Surabaya
Segera Daftarkan diri anda ke Contact Person Kami
Iqbal | cs.sby
@proxsisgroup.com | 08111798353

Sumber: //ahlipresentasi.com/tahapan-kritikal-dalam-production-and-inventory-planning/

Leave a Reply