10 Sumber Energi Alternatif yang Perlu Kita Ketahui

Seperti yang kita ketahui, bahan bakar konvensional (lazim) atau yang biasa kita gunakan termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Untuk menghadapi kemungkinan krisis energi di masa depan, kita harus tahu apa saja sumber energi alternatif pengganti minyak bumi yang bisa digunakan.

Sumber Energi Alternatif

Energi alternatif adalah semua sumber energi yang mampu menggantikan bahan bakar konvensional, seperti listrik, bensin, gas dan lain lain. Seiring perkembangan zaman, maka semakin banyak juga jenis sumber energi alternatif dan manfaatnya bagi kehidupan manusia terutama dalam pencegahan pemanasan global.

 

  1. Panas Matahari

Energi Matahari adalah pancaran cahaya, juga panas dari Matahari yang dimanfaatkan dengan menggunakan berbagai teknologi. Sebagai bola gas yang berukuran besar, Matahari bisa menghasilkan panas dan cahaya yang terang untuk Bumi. Hal ini disebabkan saat ada reaksi berantai proton-proton memancarkan energi yang sangat besar.

 

  1. Geothermal

Faktanya, selain panas matahari rupanya panas bumi mampu menjadi sumber energi alternatif lain. Energi panas bumi (atau energi geothermal) adalah sumber energi yang relatif ramah lingkungan karena berasal dari panas dalam bumi. Air yang dipompa ke dalam bumi oleh manusia atau sebab-sebab alami (hujan) dikumpulkan ke permukaan bumi dalam bentuk uap, yang bisa digunakan untuk menggerakkan turbin-turbin untuk memproduksi listrik.

 

  1. Angin

Siapa sangka angin yang kita rasakan tiap hari, termasuk ke dalam daftar energi alternatif. Angin adalah salah satu sumber terbaik dari energi alternatif. Yang mengacu pada pergerakan udara dari daerah bertekanan tinggi ke daerah tekanan rendah. Angin ini disebabkan oleh pemanasan yang tidak merata permukaan bumi dengan matahari. Udara panas naik dan udara dingin mengalir untuk menggantikan tempatnya. Hembusan angin rupanya mampu diubah dari energi kinetik menjadi energi mekanik yang dihubungkan ke mesin generator sehingga menghasilkan energi listrik. Di Belanda, penggunaan energi ini sudah dimanfaatkan dengan memiliki kincir angin besar untuk memompa air irigasi ke pertanian dan penghasil listrik. Angin akan selalu ada selama energi matahari ada dan orang akan dapat memanfaatkan energi dari sampai kemudian.

 

  1. Hydropower

Energi alternatif ini dibuat dengan cara membendung air sungai lalu mengarahkan pipa air menuju turbin. Energi yang dihasilkan berdasarkan proses jatuhnya air ke turbin dan banyaknya jumlah air yang mengalir. Di Indonesia ada beberapa tempat yang telah dirintis dalam pemanfaatan Hydropower ini diantaranya di Bali, Lombok, NTT, serta di Jembatan Suramadu (Surabaya-Madura). Tujuan utama dari pengembangan hydropower ini adalah terpenuhinya kebutuhan energi listrik di Indonesia yang besar, murah, raham lingkungan, serta membuka peluang usaha.

 

  1. Biomassa

Meskipun terdengar asing dengan namanya, tapi pasti anda pernah tahu jika sisa pembuangan kotoran manusia atau hewan dapat dijadikan sumber energi alternatif nih. Energi ini diubah dengan cara dibakar terlebih dahulu atau dicampur dengan bahan lain yang ditampung ke dalam tangki hingga nanti disalurkan melalui pipa instalasi atau yang disebut dengan biogas. Gas tersebut yang menjadi sumber energi alternatif dari pemakaian gas tabung untuk memasak. Beberapa industri besar telah mampu menciptakan energi listrik dari biomassa limbah dan digunakan untuk operasional perusahaan, sedangkan bentuk energi langsung (pembakaran langsung) juga telah dilakukan oleh banyak perusahaan kecil, menengah, dan besar. Produksi bahan bakar termasuk minyak nabati dari tanaman pangan tetapi belum diproduksi dalam skala besar.

 

  1. Tidal / Pasang Surut Laut

Energi ini berasal dari pasang surut pada air laut. Meskipun terdengar asing tapi penerapan energi ini lebih mudah diprediksi loh. Hanya saja kelemahan energi ini terdapat pada alat konversi yang mampu bertahan di air laut supaya terhindar dari korosi dan arus laut. Prinsip kerja energi ini terletak pada besarnya volume air yang terjadi saat pasang air laut. Penelitian dan pengembangan lebih lanjut terus dilakukan untuk meningkatkan efisiensi dan batas kritis energi yang dihasilkannya sehingga didapatkan berbagai metode untuk mengekstraksi energi jenis ini.

 

  1. Etanol

Etanol alias etil alkohol merupakan sumber energi alternatif yang berasal dari alkohol dari suatu proses fermentasi pada tumbuhan tertentu, misalnya tumbuhan jagung dan gandum. Salah satu negara yang mengembangkan energi alternatif ini dengan sangat baik ialah negara Brazil. Faktanya, negara Brazil sudah tidak bergantung dengan bahan bakar minyak (BBM).

 

  1. Nuklir atau Uranium

Penggunaan uranium sebagai bahan bakar pada Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) selain menghasilkan tenaga listrik dapat juga menghasilkan bahan bakar baru, yaitu dengan memisahkan plutonium. Proses olah-ulang bahan bakar bekas untuk  pengambilan kembali material bahan bakar yang bermanfaat, dapat mengefektifkan pemanfaatan uranium, karena   memungkinkan peningkatan rasio penggunaan uranium untuk digunakan di Reaktor Pembiak Cepat / Fast Burn Reactor (FBR).

 

  1. Hidrogen

Energi yang diklaim lebih baik dibandingkan BBM ini rupanya tidak menghasilkan polusi berbahaya bagi lingkungan loh. Proses pembuatan energi ini hanya menggunakan air yang dibakar oleh listrik dan panas layaknya bensin. Lalu, hidrogen yang dihasilkan melalui proses penyimpanan yang dicampur dengan oksigen dari atmosfer hingga terjadilah reaksi kimia.Adanya reaksi tersebut membentuk energi yang dikonversi menjadi listrik hampir 100% dan sisanya ialah panas.

 

  1. Piezoelektrik

Kata Piezoelektrik diambil dari Yunani, yaitu piezo berarti tekanan dan electricberarti listrik, sehingga piezoelektrik sendiri merupakan suatu kemampuan bahan padat tertentu yang dapat menghasilkan muatan listrik ketika diberikan tekanan ataupun gaya mekanik lainnya. Piezoelektrik ini merupakan energi yang dihasilkan dari suatu sistem yang dapat mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Prinsip kerja energi ini adalah banyaknya tekanan dari orang-orang yang berada di suatu tempat lalu dikonversi menjadi energi listrik.

 

Dalam upaya menyusun dan mengimplementasikan suatu sistem manajemen energi yang komprehensif, serta untuk terus meningkatkan kinerja energi. Setiap organisasi perlu pendekatan baru dan konkret untuk penggunaan energi. Mengingat persyaratan hukum yang ketat untuk perlindungan iklim dan insentif yang ditawarkan oleh berbagai program bantuan, konsep manajemen energi yang berkelanjutan terus mendapatkan makna yang penting. Sistem Manajemen Energi dalam standar internasional ISO 50001 membantu organisasi mengintegrasikan tanggung jawab mereka ke suatu sistem manajemen yang holistik, dan mengambil kesempatan yang ditawarkan dalam meraih tujuan yang berhubungan dengan energi secara sistematis, komprehensif, berorientasi pada tujuan dan sasaran yang berkelanjutan.

Demikian informasi seputar energi terbarukan dari kami, apabila Anda tertarik atau ada pertanyaan terkait dengan implementasi manajemen energi, silakan hubungi kami melalui chatweb yang ada pada situs ini.

DAFTAR PUSTAKA

Devi, Rizky W. S. 2019. Detik Finance: 10 Energi Alternatif yang Wajib Diketahui untuk Hadapi Krisis di Masa Depan, [online] (https://finance.detik.com/energi/d-4727802/10-energi-alternatif-yang-wajib-diketahui-untuk-hadapi-krisis-di-masa-depan, diakses tanggal 27 Mei 2020)

Ensiklopedi Teknologi Nuklir. Konsep Dan Tujuan Daur Bahan Bakar Nuklir. Diperoleh 28 Mei 2020, dari https://www.batan.go.id/ensiklopedi/04/01/01/02/04-01-01-02.html

Hermawati, Wati dkk. 2014. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI): Sumber Daya Biomassa Potensi Energi Indonesia Yang Terabaikan, [online] (http://lipi.go.id/publikasi/sumber-daya-biomassa-potensi-energi-indonesia-yang-terabaikan/16374, diakses tanggal 28 Mei 2020)

Hernowo, Windu. 2015. Kompasiana: Sekilas Tentang Energi Angin, (https://www.kompasiana.com/winduhernowo/566ff24c559773730838119b/sekilas-tentang-energi-angin, diakses tanggal 27 Mei 2020)

Indonesia-Investments. (2015, 1 Oktober). Energi Panas Bumi. Diperoleh 27 Mei 2020, dari https://www.indonesia-investments.com/id/bisnis/komoditas/energi-panas-bumi/item268

Majalah Seribu Guru. (2011, 6 April). Hidrogen Sang Pembawa Energi Bersih. Diperoleh 28 Mei 2020, dari http://majalah1000guru.net/2011/04/hidrogen-energi-bersih/

Satya, Indra. 2015. Kompasiana: Hydropower System, (https://www.kompasiana.com/pagibersemi/551f7cb8a333113f31b66ae2/hydropower-system, diakses tanggal 27 Mei 2020)

Tog, Ipi. 2019. Kompasiana: Piezoelektrik Sebagai Sumber Listrik Di Jalan, (https://www.kompasiana.com/wongngapak/59cdfd6eff24055ab3544122/piezoelektrik-sebagai-sumber-listrik-di-jalan, diakses tanggal 28 Mei 2020)

Wikipedia Ensiklopedia Bebas. (2019, 8 Juli). Energi Pasang Surut. Diperoleh 28 Mei 2020, dari https://id.wikipedia.org/wiki/Energi_pasang_surut