10 Tips Pemrograman untuk Pemula

Beberapa kesalahan umum yang sering kita temui sebagai pemula dalam dunia pemrograman sebenarnya bisa kita selesaikan sendiri jika kita memiliki panduan atau buku manual tentang bahasa tersebut.

Bantuan lain bisa didapatkan dari berbagai hal, berikut ini beberapa tips yang bisa berguna untuk newbie atau kita yang masih pemula dalam behasa pemrograman agar tidak buntu saat ngoding.

1. Jika kode anda tidak bekerja jangan panik.

Seperti dikutip dari blog wordpress Accidentally in Code, Anda harus bisa tenang dan jelas ketika menghadapi masalah debugging. Jika anda menghadapinya dengan emosi maka kecil kemungkinan anda bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan baik.

2. Google adalah bantuan Anda

Banyak programmer pemula menemukan masalah yang relatif sama, dan jika anda memberikan sedikit waktu untuk mencari di Google, anda akan mendapatkan solusi untuk masalah tersebut. Ini bisa juga untuk membantu anda menemukan fungsi yang anda butuhkan, bahkan potongan kode yang lebih berguna.

3. Baca pesan error

Setiap kali kesalahan muncul secara popup maka bacalah dengan seksama pesan tersebut untuk selanjutnya mengambil tindakan perbaikan. Sebagai pengetahuan untuk anda, bahwa pesan error tersebut merupakan kunci untuk menyelesaikan masalah yang muncul. Ketika anda mengerti masalah yang muncul maka anda bisa mencari solusi yang tepat untuk mengatasinya. Bisa menggunakan poin ke-2 dengan mencari di Google.

4. Mengapa dan apa yang Anda deklarasikan

Anda perlu memahami variabel yang anda buat, apa yang dibutuhkan dan apa fungsinya untuk program anda.

5. Konstruksikan masalah sebagai perilaku

Membingkai masalah dengan benar adalah kunci untuk memahami apa jenis bug yang anda cari. Mintalah seseorang untuk membingkai dan kemudian kita lihat kode dengan seksama.

6. Cetak laporan

Hal ini sangat berguna untuk mengamati apa yang terjadi di dalam kode dan jangan takut untuk menggunakannya karena suatu saat bisa dihapus.

7. Masalah kecil bisa menciptakan masalah lebih besar

Anda bisa menghabiskan banyak waktu untuk memperbaiki sesuatu. Misalnya jika Anda menggunakan tanda equal (=) dalam sebuah logical edual (==) dalam sebuah statemen if. Hal ini dimungkinkan di dalam C.

8. Matikan monitor

Jika anda mengalami blank saat berhadapan dengan teks editor, jika anda terus memandanginnya kadang bisa sangat mengganggu. Menulis kode harus menjadi langkah terakhir dalam menemukan masalah, bukan yang pertama. Matikan monitor Anda, coba renungkan masalah, pecah menjadi komponen-komponen kecil. Kemuadian cobalah menulis kode perbagian.

9. Komputer akan melakukan apapun yang anda instruksikan.

Banyak orang lupa akan hal ini setiap kali komputer mereka tidak berperilaku seperti yang mereka inginkan, yang akhirnya membuat mereka sendiri yang bertanya-tanya dan bingung. Jadi, misalnya, Anda harus memiliki kepastian/kejelasan tentang apa yang anda inginkan untuk terjadi di awal dan apa yang ingin anda ulang dalam sebuah loop perulangan.

10. Terima Bantuan Teman

Jika teman anda ingin membantu, persilahkan mereka membantu Anda 🙂 tidak ada salahnya bukan?

Sumber: https://itgid.org/10-tips-pemrograman-untuk-pemula/