Artikel GRC

5 Manfaat Tersembunyi dari Perencanaan Manajemen Risiko

Bagikan:

Ketika datang untuk tujuan menjalankan bisnis, merencanakan yang terburuk itu bukan berarti Anda pesimis, tetapi itu merupakan tanda dari pemilik bisnis yang mengetahui nilai perencanaan manajemen risiko.

Jika Anda membaca artikel ini, Anda mungkin sudah tahu alasan yang jelas untuk perencanaan manajemen risiko (menilai, menghindari maupun mengurangi risiko), maka Anda mungkin sudah onboard dengan konsep tersebut. Tetapi kalau tidak, bagaimana jika artikel ini dapat memberi tahu Anda adanya manfaat tambahan untuk manajemen risiko? Atau orang-orang yang mungkin tidak Anda pikirkan?

1. Operasi yang lebih efisien dan konsisten

Perencanaan manajemen risiko lebih dari sekedar memastikan Anda untuk mematuhi peraturan Sumber Daya Manusia (meskipun itu sangat penting). Tetapi lebih dari sekedar mengevaluasi risiko yang terkait dengan inisiatif baru. Bagian penting dari manajemen risiko adalah menilai risiko operasional. Dapat dikatakan jika Anda menjalankan restoran atau bar secara independen. Apakah ada bahan-bahan yang secara signifikan akan mempengaruhi kemampuan Anda untuk beroperasi jika mereka tidak dikirim seperti yang diharapkan? Tentu saja ada!

Perencanaan manajemen risiko dapat membantu Anda untuk dapat menghindari masalah dengan mematuhi peraturan dan menerapkan prosedur keamanan yang tepat. Jadi Anda datang dengan rencana B, setelah itu survei toko kelontong untuk dapat menemukan mana yang membawa semua yang dibutuhkan. Sekarang restoran Anda masih dapat memuaskan pelanggan bahkan jika ada yang tidak beres, yang dapat membantu Anda menjadi lebih konsisten dan efisien. Ini merupakan bagian dari perencanaan manajemen risiko operasional dasar.

2. Peningkatan fokus pada keamanan

Apakah itu data, informasi rahasia perusahaan atau kemanan fisik dasar, perencanaan manajemen risiko dapat menyebabkan peningkatan kesadaran tentang betapa pentingnya keamanan bagi kesehatan perusahaan Anda. Katakanlah jika Anda memutuskan untuk menginstal sistem entri kartu kunci ke kantor Anda. Tidak hanya dapat membantu untuk dmengontrol maupun melacak siapa yang masuk dan kapan, tetapi juga merupakan kesempatan untuk dapat membahas keamanan secara umum.

Bahkan untuk kantor, kecil, toko atau produsen, masalah keamanan, kekerasan di tempat kerja, keselamatan dari bahaya fisik, pentingnya kebersihan kata sandi yang baik Semua topik penting ini berada di bawah judul keamanan. Perencanaan manajemen risiko yang efektif akan melibatkan mengatasinya dengan seluruh staf Anda.

3. Inisiatif yang lebih percaya diri dan sukses

Perencanaan manajemen risiko tidak berarti menghindari mengambil risiko. Selain itu bukan berarti tidak pernah memperluas, menumbuhkan ataupun meningkatkan operasi Anda. Tetapi hal tersebut juga untuk mengevaluasi risiko dengan mengambil usaha baru dan membuat keputusan yang terbaik.

Jika Anda memutuskan untuk siap mengembangkan bisnis akuntansi, maka Anda akan membuka lokasi kedua di negara tetangga.  Anda harus mendapatkan kecepatan dalam hal kepatuhan SDM dan perbedaan dalam peraturan negara yang mempengaruhi praktik akuntansi, tetapi ada banyak lagi untuk perencanaan manajemen risiko. Kita diminta untuk dapat menilai risiko apapun terhadap bisnis yang saat ini dimiliki. Dengan munculnya ketiga pertanyaan seperti apakah akan menghabiskan banyak waktu di lokasi baru? Apakah karyawan yang sudah ada lebih memilih cabang baru? Atau apakah anggaran pemasaran Anda akan terpengaruh secara dramatis?

Jika Anda dapat meluangkan waktu untuk mengevaluasi risiko di kedua lokasi Anda, maka pastinya Anda akan lebih percaya diri dalam keputusan untuk bergerak lebih maju. Tidak hanya dapat membantu Anda untuk menghindari beberapa perangkat yang dapat dicegah, tetapi juga pastinya akan lebih siap untuk mengurangi masalah yang muncul.

4. Pelanggan yang lebih puas

Perencanaan manajemen risiko bukanlah suatu keajaiban, tetapi adanya efek yang mandalam pad acara perusahaan beroperasi. Dengan meningkatkan efisiensi dan konsistensi operasional dapat membantu untuk membuat pelanggan Anda lebih bahagia. Meningkatkan keamanan data dapat mencegah adanya downtime yang dapat mempengaruhi kebahagiaan pelanggan. Sehingga bisnis yang tumbuh juga dapat berkelanjutan dengan menarik lebih banyak pelanggan yang bahagia.

Perusahaan dengan adanya perencanaan manajemen risiko yang baik cenderung memiliki lebih banyak karyawan yang terlibat yang diinvestasikan ke dalam hasil pelanggan yang lebih baik, juga hal tersebut dapat menyebabkan Anda dapat menebak mengenai pelanggan yang lebih puas.

5. Garis bawah yang lebih sehat

Perusahaan di seluruh dunia menghabiskan banyak uang untuk dapat membersihkan kekcauan yang bisa mereka hindari. Sebuah perusahaan tidak harus berada dalam kesulitan tersebut. Adanya perencanaan manajemen risiko dapat membantu Anda untuk dapat menghindari masalah dengan memastikan Anda untuk dapat mematuhi peraturan dan menerapkan prosedur keamanan yang tepat. Sehingga hal tersebut dapat membantu mengurangi biaya terkait dengan banyaknya insiden yang terjadi.

Pelanggan bisa saja jatuh dan tergelincir kapan saja di tempat perusahaan Anda. Tetapi dengan memiliki asuransi dan kebijakan yang memadai memiliki kemungkinan untuk dapat menghindari insiden tersebut sehingga mengurangi tanggung jawab Anda dalam kasus gugatan. Secara operasionalnya, bisnis Anda mungkin dapat berjuang untuk melayani pelanggan jika salah satu karyawan tidak menunjukkan untuk shift. Memiliki daftar cadangan dapat mencegah kejatuhan itu. Maka pertimbangkan manfaat yang kurang dibahas dari perencanaan manajemen risiko ini, dan Anda mungkin menemukan bisnis Anda di ujung penerima hadiah ini.

Telah kita simak bersama 5 Manfaat Tersembunyi dari Perencanaan Manajemen Risiko. Jika dibahas secara umum, banyak sekali sisi lain dari “Manajemen Risiko” ini, apalagi jika di kaitkan dengan ISO 31000 yang merupakan Standart Internasional Sistem Manajemen Risiko. Dalam praktiknya dapat dipastikan banyaknya kendala yang dialami dalam menerapkannya. Nah! Proxsis berikan solusinya, ajak tenaga ahli kami berdiskusi terkait Manajemen Risiko ini. Gunakan fitur chat dibawah untuk info lebih lanjut!

Bagikan:

Request Presentation

Agenda Terdekat Productivity Quality

Download Jadwal Training 2021

Proxsis TV

Menu
Open chat
Butuh Bantuan?