5 Tips Dasar Keselamatan Bekerja dengan Menggunakan Derek (Crane)

Penggunaan crane untuk menyelesaikan tugas pengangkatan barang-barang berat di lingkup kerja industri dan konstruksi sangatlah penting. Atas kepentingan itu, pengoperasian crane perlu perhatian lebih lanjut agar terhindar dari risiko kecelakaan kerja yang serius. Sebab, crane yang digunakan secara sembarangan tanpa fokus keselamatan dapat membahayakan pekerja bahkan lokasi kerja itu sendiri. Berikut 5 tips keselamatan dalam penggunaan crane yang perlu diperhatikan:

  1. Pastikan peralatan crane hanya dioperasikan oleh pekerja yang memenuhi syarat dengan sertifikasi dan jam pelatihan yang sesuai
    Penggunaan crane untuk alat-alat berat membutuhkan pengetahuan khusus untuk beroperasi dengan aman. Itulah sebabnya elemen penting keselamatan yaitu memastikan bahwa karyawan yang menggunakannya memiliki keahlian yang tepat. Operator tidak hanya harus mengetahui peralatan dalam dan luar, tetapi mereka juga harus berpengalaman dalam semua prosedur keselamatan yang tepat.
  1. Periksa peralatan dan muatan sebelum pengoperasian alat pengangkat.
    Operator harus memperhatikan peralatan yang digunakan sebelum mengoperasikan alat pengangkat. Jika peralatan tampaknya rusak atau aus, itu harus segera diperbaiki. Selain itu, muatan harus diperiksa untuk memastikan bahwa beban tidak melebihi batas peralatan.
  1. Pastikan pekerja lapangan tidak berada di area operasi crane dan tidak berada di bawah beban saat peralatan sedang dioperasikan.
    Pekerja lapangan harus sering diingatkan untuk menjaga batas aman dari dari daerah operasi crane. Ini adalah salah satu tindakan pencegahan yang perlu diperkuat saat apel pagi keselamatan harian dan perencanaan operasi crane dari jauh hari. Sebab, tempat kerja yang aman adalah tanggung jawab semua orang.
  1. Pastikan waktu yang memadai telah dialokasikan untuk penggunaan crane agar tidak terburu-buru dalam menyelesaikan tugas.
    Penyebab umum kecelakaan adalah kecerobohan. Ini sering berasal dari pekerja yang mencoba mengambil jalan pintas atau terburu-buru menyelesaikan tugasnya karena waktu yang tersedia tidak mencukupi.
  1. Tinjau daftar periksa atau kartu keselamatan sebelum mengoperasikan crane.
    Pengoperasian crane yang sangat rumit memungkinkan ada prosedur keselamatan yang terlupa. Maka, memberikan semua karyawan kartu atau daftar periksa yang merinci protokol keselamatan menjadi penting. Karyawan harus didorong untuk meninjau kartu keselamatan sebelum mereka memulai setiap pekerjaan.Fokus keselamatan dan keamanan dalam pengoperasian crane yang tepat harus sama di mana-mana. Tanpa fokus pada operasi yang aman, segala jenis alat berat dapat menjadi lebih dari sekadar kewajiban saja, tanpa ada manfaat. Selamat menerapkan 5 tips dasar tersebut.

Sumber: Olahan penulis dari https://stevensoncrane.com/top-5-crane-safety-tips/