6 Tips Semangat Kerja Saat Puasa

Menjalani hari yang panjang dengan kemacetan lalu lintas dan deadline kerjaan bisa membuat hari kerja menjadi gelisah. Belum lagi ditambah ketika berpuasa, dehidrasi selama Ramadan dapat meningkatkan produktivitas turun. Sementara itu kurang makan dan minum mengakibatkan hilangnya kreativitas dan fokus selama jam kerja saat berpuasa. Namun bukan berarti bekerja saat Ramadhan menjadi siksaan. Anda perlu mengakomodasi kebutuhan tertentu untuk tetap bersemangat di tempat kerja. Berikut beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan untuk membangkitkan energi selama berpuasa ketika bekerja.

1. Bernapas Dalam-dalam
Bernapas dengan dalam-dalam bisa digunakan sebagai penenang dan memberi energi saat puasa. Ketika kelaparan tengah meliputi dan Anda masih harus menyelesaikan beberapa pekerjaan, menarik napas dalam-dalam bisa memompa darah sehingga meningkatkan energi Anda. Semakin dalam Anda bernapas, semakin banyak oksigen yang masuk ke sel tubuh dan membantu menjalankan fungsi dengan optimal.

2. Peregangan
Menurut para ahli, peregangan bisa mengaktifkan cadangan energi di dalam tubuh dan darah menjadi terpompa, secara instan hal ini dapat meningkatkan tingkat energi Anda. Salah satu peregangan yang mudah dilakukan adalah meletakkan tangan kanan di tepi lengan kiri dan lengan belakang Anda. Lakukan hal yang sama dengan tangan kiri Anda di sisi lain dan ulangi.

3. Tidur Siang
Menurut penelitian yang dilansir Arabianbusiness, tidur siang 10 sampai 20 menit dapat meningkatkan produktivitas dan bahkan membantu Anda menjadi lebih fokus. Tak ada salahnya mengambil waktu untuk memejamkan mata sejenak saat puasa.

4. Tertawa
Tertawa dikenal sebagai salah satu pereda stres dan mood booster, namun juga meningkatkan tingkat energi. Tertawa menimbulkan tekanan darah dan detak jantung, sehingga membuat Anda merasa lebih energik. Anda bisa mengambil waktu lima sampai 10 menit untuk melihat video lucu yang dapat membuat tertawa.

5. Mendengarkan musik
Mendengarkan musik bukan hanya dapat menempatkan Anda dalam suasana hati yang baik tetapi juga dapat meningkatkan energi. Efek mendengarkan musik juga bisa membuat Anda bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaan.

6. Interaksi Sosial
Ngobrol dengan rekan kerja atau teman bisa menaikkan level energi jika Anda merasa kehabisan tenaga. Hal ini bahkan telah dibuktikan oleh beberapa penelitian bahwa orang-orang yang secara sosial aktif beruhubungan baik dengan rekan dan teman pada umumnya lebih produktif bekerja daripada mereka yang tidak.

Sumber: //wolipop.detik.com/read/2017/06/08/112520/3523981/1133/6-tips-agar-semangat-kerja-saat-puasa