7 Data Utama Website yang Dapat Diukur Dengan Google Analytics

Google Analytics memiliki manfaat sangat besar untuk perkembangan website. Kita dapat dengan mudah memantau bagaimana perkembangan website yang kita miliki. Ini akan membantu kita dalam mengembangkan website menjadi lebih canggih lagi.

Berikut ini adalah data utama website yang dapat diukur dengan menggunakan Google Analytics:

  1. Visits (Kunjungan)

Visit dihitung ketika ada pengunjung yang mengakses ke website Anda pada periode waktu tertentu. Setiap ada 1 kunjungan masuk, misalnya saja kunjungan dari mesin pencari atau social media, akan dihitung sebagai 1 visit. Oiya, visit tidak ada hubungannya dengan berapa banyak halaman web yang dilihat pada setiap kunjungan.

  1. Unique Visitors (Pengunjung Unik)

Unique Visitor sering kali diartikan sebagai jumlah orang yang datang mengunjungi website Anda. Jika pada visit yang dihitung adalah jumlah kunjungan, maka pada unique visitor yang dihitung adalah orang atau pengunjungnya. Bingung? Misalkan seseorang bernama Joko mengunjungi website Anda sebanyak 2 kali pada pagi dan sore hari maka Google Analytics akan menghitung 2 visit dan 1 unique visito

  1. Pageviews

Pageviews merupakan jumlah halaman website yang dilihat oleh pengunjung website Anda pada setiap kunjungannya. Misalkan Joko berkunjung ke website Anda dan melihat halaman dengan urutan Home – About – Kontak, maka akan terhitung 3 Pageviews. Setiap halaman yang dilihat berulang kali juga akan tercatat pada Pageviews. Misalkan dari contoh sebelumnya Joko melihat kembali halaman home dengan urutan Home – About – Kontak – Home, maka akan tercatat 4 Pageviews.

  1. The most engaging content

Adanya sebuah konten dalam website akan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan website tersebut. Dengan mengetahui konten apa yang biasanya paling dicari dan paling sering diklik oleh pengunjung situs, maka pemilik bisnis dapat membuat sebuah plan atau perencanaan untuk marketingnya. Untuk sebuah bisnis toko online, selain pelanggan harus dapat dengan mudah mengakses halaman produk, mereka juga harus mampu menggunakan konten penting lainnya, seperti About Us atau Terms & Consition.

  1. The social initiatives

Penggunaan sosial media untuk promosi bisnis merupakan suatu hal yang harus dilakukan. Saat ini Google Analytics dapat melihat jumlah traffic ke website kita yang dihasilkan oleh masing – masing sosial media, seperti Facebook, Twitter, Pinterest dan lain sebagainya.

  1. Goals and conversions

Hal yang terpenting dalam sebuah bisnis atau usaha adalah pencapaian sebuah Goals. Ini juga yang paling penting untuk diukur di Google Analytics. Penetapan Goals dapat dilakukan dengan beberapa cara yang cukup mudah di bagian admin Google Analytics. Salah satu contohnya yaitu jumlah sosial shares (Facebook & Twitter), email subscription dan pembelian produk. Perlu kiranya Anda mendiskusikan Goals yang akan diukur ini terlebih dahulu dengan tim Anda.

  1. SEO Insight

Google Analytics bukan hanya mampu mengukur campaign yang berbayar, seperti banner ads. Tapi kita juga dapat mengukur SEO yang kita miliki. Kita dapat melihat keyword apa saja yang paling banyak membawa traffic bagi website kita. Keyword Google AdWords yang mempunyai performa tinggi, dapat kita masukkan sebagai folus keyword untuk SEO website kita. Keuntungannya adalah keyword tersebut telah teruji ke konsumen. Dan kita dapat langsung memilah – milai keyword yang akan menghasilkan penjualan yang tinggi.

Sumber: //itlearningcenter.id/7-data-utama-website-yang-dapat-diukur-dengan-google-analytics/

Leave a Reply