7 Kasus Kebakaran SPBU di Indonesia

Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum atau lebih dikenal dengan SPBU, merupakan  tempat di mana kendaraan bermotor bisa memperoleh bahan bakar. Oleh karena sifat bahan yang dijual adalah bahan bakar, maka tentunya SPBU merupakan tempat yang rawan akan kebakaran. Belum lama ini telah terjadi kasus kebakaran yang berlokasi di SPBU di daerah Berbek Industri, Sidoarjo. Selain kasus kebakaran SPBU di Berbek Industri, ternyata ada beberapa kasus kebakaran di SPBU yang terjadi di Indonesia. Berikut adalah 7 kejadian Kebakaran di SPBU yang kami peroleh dari berbagai media.

1. Kebakaran di SPBU Sukatani Cikarang

Kebakaran terjadi di SPBU Sukatani Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Penyebabnya diduga karena mesin sepeda motor yang tak dimatikan saat pengisian bensin.

Informasi kebakaran ini dibenarkan oleh petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi, Syarifudin. Dia mengatakan, peristiwa tersebut terjadi pagi tadi.

“Terbakarnya tadi pagi, pukul 06.40 WIB,” kata Syarifudin saat dikonfirmasi detikcom, Senin (8/5/2017).

Syarifudin mengatakan, penyebab terjadinya kebakaran itu karena adanya sepeda motor yang tidak dimatikan saat sedang melakukan pengisian BBM.

“Penyebab utamanya dari sepeda motor. Informasi terakhir yang kami terima karena sepeda motor itu mesinnya tidak dimatikan,” katanya.

Syarifudin mengatakan, saat kejadian pihaknya menurunkan tiga unit mobil pemadam kebakaran ke lokasi kejadian. Api berhasil dipadamkan setelah lebih kurang dua jam membakar SPBU tersebut. Satu unit dispenser SPBU itu ludes terbakar.

“Proses pemadamam kurang lebih selesai pukul 08.15 WIB,” katanya.

Akibat kejadian ini, SPBU yan seorang pengendara motor mengalami luka bakar ringan. Sepeda motor yang diduga sebagai pemicu kebakaran itu juga hangus terbakar.

Sumber: //news.detik.com/berita/d-3495124/motor-menyala-saat-isi-bensin-spbu-di-cikarang-ludes-terbakar

2. Kebakaran di SPBU Banda Aceh

Kebakaran terjadi di SPBU, dekat Simpang Jam, Kota Banda Aceh sekitar pukul 19.40 WIB. Saat peristiwa terjadi, beberapa warga sedang mengisi bahan bakar minyak (BBM).

Informasi yang dihimpun media, api awalnya muncul dari pompa SPBU nomor 4, kemudian menyambar ke pompa nomor 3. Setelah itu, percikan api membakar pompa nomor dua dan terakhir nomor satu. Sempat terdengar letusan dari salah satu pompa yang terbakar.

“Pompa nomor dua tidak terlalu parah karena di sana berisi solar. Tadi setelah terbakar pompa nomor tiga sempat dipadamkan kemudian baru terbakar nomor dua,” kata seorang petugas SPBU, Alidin saat ditemui wartawan di lokasi, Rabu (9/8/2017) malam.
Saat api pertama muncul, petugas SPBU sedang mengisi bahan bakar ke salah satu motor, lalu mereka langsung menyelamatkan diri dengan menjadi dari area SPBU. Tak lama berselang, api membakar keempat pompa SPBU. Pompa nomor tiga adalah yang paling terbakar parah.

Api berhasil dipadamkan satu jam kemudian oleh tim pemadam kebakaran. Sekitar pukul 22.00 WIB, petugas pemadam kebakaran sudah melakukan pendinginan.

Sumber: //news.detik.com/berita/d-3593285/kebakaran-spbu-di-banda-aceh-saat-warga-sedang-isi-bbm

3. Kebakaran di SPBU Kalimalang Jakarta Timur

Kebakaran sempat terjadi di SPBU Kalimalang di Jakarta Timur. Tabrakan sebuah truk tangki ketika melakukan pengisian bahan bakar di SPBU menjadi penyebab terbakarnya dispenser di stasiun pengisian bahan bakar tersebut.

“Saat ingin melakukan pengisian, truk tangki tersebut menabrak tangki pengisian bahan bakar. Kemungkinan ada kabel tertarik sehingga terjadi percikan yang menyebabkan ledakan pada dispenser bahan bakar,” kata Kasudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jaktim Gatot Sulaiman lewat keterangannya, Rabu (4/10/2017).

Peristiwa tersebut terjadi pada hari ini sekitar pukul 08.05 WIB. Api berhasil dipadamkan petugas SPBU menggunakan alat pemadam api ringan (APAR).

Petugas dari Sudin PKP Jaktim yang tiba di lokasi lalu melakukan pengecekan, pendataan, dan penyiraman BBM yang tumpah di area SPBU. Seorang petugas SPBU mengalami luka akibat peristiwa ini.

“Bapak Dzulfikar, karyawan SPBU, luka sobek di telinga kiri belakang. Usia 27 tahun,” ujar Gatot.

Diketahui, SPBU ini milik Hendro (60). Akibat kebakaran ini, diperkirakan kerugian yang dialami pemilik mencapai Rp 500 juta.

Sumber: //news.detik.com/berita/d-3495124/motor-menyala-saat-isi-bensin-spbu-di-cikarang-ludes-terbakar

4. Kebakaran SPBU di Denpasar Barat

Salah satu mesin SPBU di Jalan Gunung Batukaru, Denpasar Barat (Denbar) terbakar, Senin (1/1/2018). Akibatnya kejadian itu, empat sepeda motor, satu unit mesin kecor bensin dan satut jenzet ludes terbakar. Selanjutnya kasus ini ditangani Polsek Denbar. “SPBU itu milik PT Sriani Jaya Migas. Kasus ini masih kami selidiki apakah ada unsur kesengajaan atau tidak,” kata Kanit Reskrim Polsek Denbar Iptu Aan Saputra, seizin Kapolsek Kompol Gede Sumena.

Iptu Aan menambahkan, dari keterangan karyawan SPBU Gede Ari Sutama (21), sekitar pukul 11.00 Wita sedang melayani pelanggan mengisi tangki sepeda motor bensin. Tiba-tiba dilihat ada uap dan disusul kobaran api dari bawah lubang tangki.

Sedangkan I Agusti Agung Made Oka Teja Muliawan (23), pegawai SPBU mengaku saat sedang mengecor bensin, tiba-tiga dari balik mesin muncul api dan langsung membesar. Oka langsung menyelamatkan diri.

Pemilik sepeda motor Honda Vario yang terbakar yaitu Wayan Sukarta (43), waktu itu ia sedang membeli bensin di TKP dan dari bawah mesin SPBU mengeluarkan api langsung merembet ke sepeda motor dan mengenai kakinya. “Pemilik sepeda motor lainnya yaitu Decky Asbanto, Kolak Karsono dan Upi Novianti. Api terus membesar dan pelanggan yang antre langsung menyelamatkan diri,” tandasnya.

“Dari keterangan saksi-sakai, api tiba-tiba keluar api dari mesin dan api langsung membesar membakar empat motor, jenzet dan bangunan sisi timur. Api bisa dipadamkan 30 menit kemudian mengerahkan tiga mobil pemadam,” tegas mantan Kanit Reskrim Polsek Mengwi, Badung ini.

Terkait kasus itu, petugas langsung memasang garis polisi. Rencana pemeriksaan dilakukan tim labfor untuk mengetahui sumber api. “Ini kedua kalinya SPBU ini terbakar,” ujarnya

Sumber: //www.balipost.com/news/2018/01/01/33108/Mesin-SPBU-Terbakar,4-Motor…html

5. Kasus Kebakaran SPBU di Desa Sambong Jombang

Sebuah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina 54.614.11 di Jl Brigen Ketarto, Desa Sambong Dukuh, Kecamatan/Kabupaten Jombang, Jawa Timur, terbakar hebat, Selasa (27/2/2018).

Kanit Patroli Polsek Kota, Iptu Wardi menuturkan, kebakaran itu terjadi sekira pukul 09.45 WIB. Awalnya, seorang pengendara motor datang ke SPBU tersebut bermaksud untuk mengisi BBM jenis pertalite.

“Awalnya seperti biasa, ada pengendara motor mengisi BBM di mesin nomor dua itu. Kemudian terjadi percikan api dan terbakar,” katanya kepada media, saat ditemui di lokasi kejadian.

Menurut Wardi, spontan petugas SPBU tersebut langsung menghentikan panel pengisian BBM. Selanjutnya sepeda motor itu diminta untuk menjauh, sebelum api semakin membesar. Kendati sempat membuat panik, namun petugas SPBU yang cekatan langsung berupaya memadamkan api.

“Petugasnya cekatan tadi, begitu ada api, sebelum sampai membesar dia langsung mengambil alat pemadam dan menjinakan api,” imbuhnya.

Ditanya soal penyebab kebakaran, apakah berasal dari ponsel yang dibawa pemotor tersebut, polisi dengan balok dua dipundaknya ini membantah hal itu. Menurutnya, dugaan kuat kebakaran ini akibat kondisi motor yang masih panas.

“Sepertinya tidak kalau penyebabnya dari handphone. Mungkin karena sepeda motor yang masih terlalu panas sehingga muncul percikan api dan kemudian terjadi kebakaran,” terangnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Hanya saja, satu buah mesin pengisian BBM jenis pertalite di SPBU tersebut terbakar dan mengalami kerusakan.

Sumber: //faktualnews.co/2018/02/27/begini-kronologi-kebakaran-spbu-sambong-dukuh-jombang/68342/

6. Kebakaran di SPBU Sinjai Utara

Sebuah mobil angkutan umum di Kabupaten Sinjai terbakar saat mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU 74.9601, Jalan Persatuan Raya, Kelurahan Biringere, Sinjai Utara, Senin (5/3/2018).

Angkot yang dikemudikan Samsir (27) dengan nomor polisi DD 1776 DP itu hangus terbakar hanya menyisakan kerangka. Akibat dari kejadian ini, petugas SPBU dan warga pengendara lain yang mengantri untuk memngisi BBM kendaraan mereka panik dan berhamburan mencari tempat aman.

Peristiwa ini terjadi sekira pukul 18.05 Wita. Awalnya mobil yang terbakar tersebut hanya dipadamkan dengan alat pemadam seadanya oleh petugas SPBU. Api baru berhasil dipadamkan setelah tiga unit mobil pemadam kebakaran Pemkab Sinjai diterjunkan ke lokasi.

Pengemudi angkot Syamsir mengatakan, terbakarnya mobil tersebut diduga dari percikan api dari jok yang konslet sehingga api langsung membesar.

Sumber: //www.sulselsatu.com/2018/03/05/sulsel/bosowasi/mobil-angkot-terbakar-saat-isi-bensin-spbu-di-sinjai-nyaris-meledak.html

7. Kebakaran di SPBU Berbek Industri, Sidoarjo

Tempat pengisian bahan bakar di SPBU, Berbek, Waru, Sidoarjo terbakar, Kamis, 8 Maret 2018. Diduga, kobaran api berasal dari tabung gas elpiji yang dimuat oleh sebuah truk saat mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM).

Insiden kebakaran itu diperkirakan terjadi pada pukul 07.58 WIB. Kejadian itu bermula saat truk pengangkut tabung gas elpiji sedang mengisi BBM berupa solar di bagian kotak pengisian SPBU sebelah timur. Saat pengisian dilakukan, tiba-tiba muncul percikan api yang diduga berasal dari tabung gas.

“Dari laporan awal kebakaran berlangsung, saat itu sedang berlangsung proses pengisian BBM. Jadi pada saat proses pengisian kendaraan yang membawa tabung gas kemudian terlihat ada percikan api,” tutur Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol. Himawan Bayu Aji saat meninjau lokasi kejadian.

Munculnya percikan api tersebut, lanjut Himawan, cepat menyambar boks BBM (tempat pengisian) sebelah timur. Akibat kejadian ini, ada sekitar tiga unit kendaraan, yakni dua truk dan satu minibus, terbakar.

“Ada lima korban. Satu meninggal dan empat orang lainnya sudah dilarikan ke rumah sakit,” ucapnya.

Sumber: //regional.liputan6.com/read/3357547/detik-detik-kebakaran-dahsyat-spbu-berbek-industri-sidoarjo

Demikian adalah 7 Kasus Kebakaran di SPBU yang pernah terjadi di Indonesia, semoga peristiwa kebakaran tersebut bisa membuat kita untuk lebih berhati-hati sehingga membuat potensi terjadinya kebakaran di SPBU di Indonesia menurun. Semoga bermanfaat.