Artikel Human Resource

7 Tips Manajemen Kinerja untuk Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Bagikan:

Sumber daya manusia (SDM) merupakan aset penting dalam sebuah perusahaan, yang harus dijaga dan dikelola dengan baik. Terlebih SDM memiliki sifat dan kondisi psikologis yang bisa berubah-ubah. Sumber daya manusia juga memiliki pemikiran, tingkah laku yang beragam dan berbeda satu sama lain yang sangat berpengaruh terhadap kinerja perusahaan.

Berbagai metode dan program dirancang untuk mengelola karyawan agar mampu memberikan kontribusi dan dampak terhadap kinerja perusahaan. Salah satunya dengan menerapkan Performance Management System sebagai sebuah sistem yang terbilang efektif dalam manajemen sumber daya manusia.

Performance Management System juga memiliki perangkat lunak yang mampu mengukur kerja karyawan dengan akurat dan cepat. Metode ini sangat cocok untuk keberlangsungan perusahaan yang akan banyak diisi oleh generasi milenial ke depannya.

Pengertian Performance Management System

Performance Management System merupakan sebuah aktivitas manajerial untuk mengoptimalkan kinerja karyawan dalam mencapai tujuan dan target perusahaan. Ruang lingkupnya meliputi proses identifikasi, pengukuran, evaluasi, perancangan, perbaikan, hingga pemberian penghargaan kepada karyawan yang memiliki performa baik.

Dalam penerapannya Performance Management System akan mengevaluasi kinerja karyawan. Jika ditemukan masalah, maka akan dilakukan perbaikan maupun meningkatkan kinerja karyawan tersebut.

Sehingga, performa perusahaan akan meningkat seiring dengan kinerja bagus dari karyawan. Sistem  tersebut harus dilakukan secara konsisten agar efektif dan efisien agar memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Manfaat Performance Management System

Pada dasarnya, Performance Management mendorong agar sumber daya manusia yang ada di dalam perusahaan dapat memiliki kinerja yang lebih efektif dan mengoptimalkan seluruh kemampuan yang dimiliki. Berikut manfaat dari penerapan Performance Management System;

  • Meningkatkan motivasi kerja karyawan.
  • Mendorong produktivitas dan kinerja perusahaan
  • Menjadi tolok ukur atau standar dari penilaian kerja
  • Meminimalisir potensi kesalahan dan pelanggaran yang dilakukan oleh karyawan.
  • Meningkatkan proses monitoring karyawan.
  • Menciptakan hubungan industrial yang baik dalam organisasi perusahaan.
  • Mengembangkan kemampuan karyawan berdasarkan pelatihan yang dibutuhkan
  • Menjadi strategi perusahaan agar lebih kompetitif.

Performance Management System

Tips Mengoptimalkan Performance Management System

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, perusahaan perlu memperhatikan beberapa hal saat menerapkan performance management system. Berikut tips untuk meningkatkan produktivitas perusahaan;

1. Tentukan Target yang akan Dicapai

Tips pertama dalam performance management system yaitu menentukan goal atau target yang akan dicapai perusahaan. Mulai dari target setiap departemen yang disusun berdasarkan tujuan perusahaan.

Perusahaan juga bisa mengacu pada metode SMART yakni Specific, Measurable, Agreeable, Reliable, dan Time Bound dalam menyusun target tersebut agar lebih efisien dan kolaboratif. Di mana manajer dan karyawan dapat bersama-sama menetapkan target yang sejalan dengan tujuan organisasi.

2. Menyusun Rencana Performance

Tips selanjutnya yaitu menyusun rencana performance berdasarkan tujuan yang telah ditentukan, seperti dengan memberikan tugas-tugas yang harus dilakukan oleh setiap karyawan untuk mencapai goal yang diinginkan.

Manajer juga harus mengidentifikasi target jangka pendek dan jangka panjang yang akan dicapai perusahaan. Kemudikan mengevaluasi masalah yang berpotensi muncul selama pengerjaan tugas yang telah diberikan.

3. Membuat Proses yang Berkelanjutan

Performance management system merupakan sistem yang harus dilakukan berulang dan berkelanjutan sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu perusahaan harus memiliki target dan rencana yang matang agar performance dapat berjalan secara terus menerus.

4. Mendengarkan Feedback dari Karyawan

Salah satu hal yang paling penting dari Performance management  yaitu memberikan kesempatan karyawan untuk memberikan feedback atau perspektif terkait sistem kerja yang telah berjalan, serta target-target yang akan dicapai oleh perusahaan.

Feedback dari karyawan dapat menjadi acuan bagi perusahaan untuk melakukan perbaikan dan meningkatkan kinerja bisnis agar lebih baik lagi. Selain itu, feedback karyawan juga bisa menjadi pertimbangan perusahaan dalam menentukan tujuan yang akan dicapai.

5. Ciptakan Kondisi Nyaman

Performance management mengedepankan porsi yang seimbang antara perusahaan dan karyawan, sebagai langkah awal dalam membangunan suansana kerja yang nyaman.

Perusahaan perlu mereview seluruh kebijakan hingga fasilitas kerja apakah sudah mendukung pekerjaan karyawan. Sebab, pada dasarnya, bila perusahaan mampu memberikan perlakuan dan fasilitas yang nyaman, maka kinerja karyawan akan lebih maksimal dan produktif.

6. Penghargaan dan Apresiasi

Penghargaan terhadap karyawan merupakan salah satu strategi yang efektif dalam  meningkatkan kinerja dan produktivitas. Dalam hal ini, karyawan bisa mendapatkan reward atas capaian yang didapatkan, ataupun punishment akibat pelanggaran yang dilakukan. Hal ini akan membantu perusahaan dalam menentukan kriteria karyawan akan berhak mendapatkan apresiasi berdasarkan kinjera.

7. Evaluasi

Tips selanjutnya yaitu mengevaluasi penerapan performance management system, apakah sudah mampu memberikan perubahan terhadap perusahaan. Evaluasi ini bisa dilakukan secara berkala oleh perusahaan, sehingga bila ditemukan kendala atau pun masalah dalam penerapan Performance management system bisa segera ditindaklanjuti.

Kendala yang Sering Terjadi

Penerapan performance management system terkadang tidak berjalan sesuai dengan harapan karena dihadapi oleh beberapa kendala, sehingga tujuan berdampak pada kinerja perusahaan. Berikut faktor yang menyebabkan performance management system tidak berjalan maksimal;

  • Kurang Komunikasi

Performance management system akan berjalan berhasil ketika komunikasi di dalam perusahaan berjalan dengan lancar dan transparan. Perusahaan harus mampu menciptakan budaya komunikasi yang terbuka dan menyeluruh di setiap lini perusahaan.

  • Belum Memiliki Target yang Jelas

Penerapan performance management system juga tidak akan efektif, bila perusahaan belum memiliki target yang jelas. Akibatnya, tidak ada pemicu bagi karyawan untuk berkerja lebih maksimal dan produktif.

  • Kompetensi Manajer

Manajer SDM memiliki peran yang sangat besar dalam meningatkan kinerja perusahaan. Jika manajer tidak mampu menguasai performance management system, maka ia akan kesulitan dalam mengelola karyawan.

Performance management merupakan solusi bagi perusahaan untuk meningkatkan kinerja karyawan. Sebab, bagus atau tidaknya  performa perusahaan berawal dari kualitas dan kompetensi karyawan.

Bagi perusahaan yang belum menerapkan performance management system jangan ragu, Anda bisa langsung konsultasi terkait performance management dengan Proxsis Group. Layanan ini juga bisa untuk perusahaan yang telah menerapkan performance management system, namun masih perlu pengembangan agar lebih maksimal.

Tunggu apa lagi, ayo hubungi expert kami sekarang.  Proxsis Group siap untuk melayani dan berkolaborasi. Konsultasikan kebutuhan Anda melalui link berikut.

Bagikan:

Request Presentation

Agenda Terdekat Productivity Quality




Layanan Kalibrasi

Download Jadwal Training 2022

Proxsis TV

Menu
Butuh Bantuan?