Artikel IT

Pentingnya Strategi Perusahaan dalam Era Transformasi Digital

Bagikan:

transformasi digital

Transformasi digital yang terjadi telah membawa dampak positif untuk berbagai aspek kehidupan. Dengan perkembangan telekomunikasi serta ketersediaan jaringan internet yang semakin luas jangkauannya ke penjuru negara. Melihat digitalisasi saat ini, penting bagi suatu perusahaan untuk menentukan strategi dalam menghadapi transformasi digital, guna untuk menghadapi persaingan bisnis.

transformasi digital

Transformasi digital serta kemajuan teknologi telah membawa perubahan perilaku pasar dan pergerakan bisnis. Bagi perusahan yang tidak siap mengikuti arus harus terima konsekuensinya. Salah satu contoh perusahaan teknologi yang terus bertahan menduduki posisi teratas adalah Microsoft. Jika dilihat dari strateginya mampu menjadikan perubahan teknologi sebagai ide untuk menginovasikan produknya. Adapun perusahaan Nokia sebelum masuknya internet telah lama merajai industri smartphone, karena tidak siap menghadapi perubahan teknologi yang sangat cepat akibatnya penjualan menurun, namanya redup hingga ditinggalkan oleh konsumen.

Jika dilihat dari perspektif teknologi yang digunakan oleh Microsoft, berikut ini adalah bentuk dari digital transformation yang perlu disikapi dalam Manajemen Strategi Perusahaan untuk menyambut perubahan dunia.

  1. Engage Your Customers

Dunia teknologi memberikan kemudahan kepada setiap orang, sehingga mampu membawa perubahan perilaku konsumen dari konvensional (datang ke toko) menjadi digital (online). Hanya dengan menggunakan smartphone yang terhubung dengan internet memudahkan konsumen dalam mencari segala kebutuhannya, tanpa adanya batas antara ruang dan waktu. Jika perusahaan tetap ingin bersaing di era digital, maka harus cermat dalam melihat perilaku konsumen dan potensi bisnis online yang terjadi.

  1. Empower Your Employees

Seiring dengan perkembangan digital konsumen semakin selektif dalam menentukan pilihannya. Untuk itu Anda sebagai pemimpin perusahaan harus mempunyai karyawan yang mampu menangani konsumen dengan cara yang baik. Dengan cara menyediakan pelatihan dalam melayani konsumen di era digitalisasi. Selain itu, Anda harus mempunyai manajemen perusahaan yang memahami dan terjun langsung dalam pasar digital.

  1. Optimize Your Operations

Media digital yang mudah diakses dan dioperasikan mampu memberi kepuasan bagi pelanggan Anda. Sudah banyak perusahaan yang menyediakan aplikasi atau pun website dalam rangka peningkatan kualitas layanan. Melalui media digital tersebut, konsumen juga dapat dengan mudah mencari berbagai informasi mengenai layanan Anda selama 24 jam non stop. Operational Excellence adalah platform dalam pelayanan konsumen, sehingga mereka akan loyal terhadap produk Anda.

  1. Transform Your Products

Saat ini apa yang dicari konsumen adalah produk yang mampu memenuhi kebutuhannya.  Konsumen akan memilih produk yang membuatnya nyaman dan sesuai dengan yang dibutuhkan. Faktor harga dapat dikesampingkan jika memang nilai (value) produk tersebut mampu menggantikan apa yang mereka cari.  Jika perusahaan Anda tidak berusaha melakukan transformasi produk, maka sedikit demi sedikit konsumen dapat beralih pada produk pesaing. Sebagai contoh dalam mengubah atau menginovasikan produk, ketika perusahaan Toyota bekerja sama dengan Microsoft untuk membangun platform Intelligent Services sehingga mampu mendesain cara mengemudi yang intuitif, prediktif, dan aman.

 

Jadi ketika Anda mengaplikasikan teknologi digital untuk bisnis, akan memperoleh banyak keuntungan seperti mengetahui insight dari konsumen dan tahu tingkat kepuasan konsumen terhadap perusahaan Anda. Transformasi digital akan terus terjadi, Anda harus mempunyai strategi untuk menghadapinya. Mulailah dengan berpikir “Apa yang menjadikan bisnis Anda berbeda?” dan “apa yang menjadikan bisnis Anda sama?”. Perubahan teknologi harus disikapi sebagai sebuah tantangan untuk memberikan warna dan ide baru untuk perusahaan Anda, sehingga tetap bertahan.

 

Sumber: http://ikhtisar.com/

Rate this post

Bagikan:

Request Presentation

Agenda Terdekat Productivity Quality




Layanan Kalibrasi

Download Jadwal Training 2023

Proxsis TV

[yikes-mailchimp form=”1″]

Butuh Bantuan?