Artikel Oil and Gas

Jenis-Jenis Gas

Bagikan:

ind4sAda beberapa jenis-jenis gas alam yang kita kenal antara lain;
  • Gas Alam : Natural Gas (NG)
  • Gas Alam Cair : Liquid Natural Gas (LNG)
  • Cairan Gas Alam : Natural Gas Liquid (NGL)
  • Petro Gas Cair : Liquid Petroleum Gas (LPG)

 

1. Gas Alam (Natural Gas)

Adalah gas yang terkumpul dibawah tanah dengan berbagai macam komposisi yang mungkin berkaitan dengan kandungan-kandungan minyak bumi (associated gas) atau tidak berkaitan dengan sumber minyak bumi (non associated gas). Pada umumnya semua kandungan minyak bumi berkaitan dengan gas alam, dimana gas tersebut larut dalam minyak mentah dan membentuki “Cungkup Gas” (gas cap) diatas kandungan minyak bumi tersebut. Tetapi ada juga pengumpulan gas alam yang lepas dari kandungan atau ladang minyak bumi, contohnya ladang gas Arun di Aceh.
Gas Alam adalah campuran hidrokarbon yang mempunyai daya tekan tinggi dan daya kembang besar, dengan berat jenis spesifik yang rendah dan secara alamiah terdapat dalam bentuk gas. Kompones gas-gas utama dari Gas Alam adalah Methana (CH4), Ethana (C2H6), Propane (C3H8), Isobutane (C4H10), Butane (C4H10), dan Pentane (C5H12).
2. Cairan Gas Alam (NGL)
Adalah hidrokarbon-hidrokarbon yang terdapat dalam kandungan (akumulasi) gas alam dalam bentuk cair dalam kondisi suhu yang tidak terlalu ekstrim. Propan, Butan, dan Pentan terdapat sebagai cairan gas alam dan diperoleh dengan proses-proses pendinginan, penyulingan atau absorpi. Heksan dengan tekanan uap yang relatif rendah sering disebut kondensat atau bensin alam.
3. Petro Gas Cair (LPG)
Adalah gas propan atau gas butan atau campuran dari kedua gas tersebut. Hidrokarbon berbentuk gas yang lebih berat itu diproses menjadi cairan yang memungkinkan penampungan, pengangkutan dan mudah penanganannya. LPG diperjualbelikan sebagai sumber energi panas.
4 Gas Alam Cair (LNG)
Yaitu gas alam (kebanyakan gas metan) yang dicairkan untuk memungkinkan penampungan atau pengankutannya. Proses pencairannya tidaklah semudah gas LPG. Untuk mendapatkan LNG harus dibutuhkan suhu yang rendah sekali yaitu -162°C dan tekanan yang tinggi sekali. Setelah mengalami proses regasifikasi (kembali berbentuk gas) LNG digunakan untuk bahan bakar industri. 

Itulah 4 jenis-jenis gas beserta penjelasannya. Sekarang kita harus mengetahui jenis energi dari pada gas tersebut, berikut penjelasannya :
Gas alam mengambil bagian dalam porsi yang besar dan tidak terpisahkan sebagai pasokan energi dunia. Ketika dibakar, gas alam merupakan salah satu bentuk energi paling bersih dan paling kuat yang tersedia. Gas alam memungkinkan kita untuk memasak, menggunakan listrik, dan melakukan tugas keseharian dengan nyaman.Meskipun sebagian besar terdiri dari metana, ada hidrokarbon lain yang berkontribusi terhadap susunan gas alam. Setelah gas alam dimurnikan, bermacam hidrokarbon ini secara terpisah dapat digunakan sebagai berbagai sumber energi.1. Metana
Gas alam dimurnikan menjadi metana sebelum digunakan oleh konsumen. Metana adalah komponen yang paling berlimpah pada gas alam murni, sangat mudah terbakar dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan sebagai sumber energi. Sebelum metana dapat dibakar, terlebih dahulu harus dimurnikan dari gas alam yang ditemukan dalam sumur minyak, sumur gas dan sumur kondensat. Setelah diproses dari gas alam, metana digunakan untuk menghasilkan listrik melalui turbin uap. Gas metana ini juga dikirim ke rumah melalui jaringan pipa dan digunakan untuk memasak, pemanas udara dan kegiatan lainnya di rumah.

2. Etana
Etana merupakan komponen energi yang paling banyak berikutnya yang ditemukan dalam gas alam. Etana adalah hidrokarbon dan hasil dari penyulingan minyak bumi. Dengan nilai kalor lebih tinggi dari metana, etana digunakan dalam beberapa cara setelah terisolasi dari gas alam. Setelah dipisahkan dari gas alam, etana sering digunakan untuk memproduksi etilen dan produk polyethylene. Pada gilirannya etana digunakan untuk memproduksi kemasan, isolasi, kawat dan produk konsumen lainnya.

3. Propana
Propana adalah sumber energi berlimpah yang ditemukan dalam gas alam dan diproses dalam bentuk gas atau cair. Sering disalurkan melalui pipa gas, propana dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Sering kali propana digunakan untuk bahan bakar mesin, memasak dengan kompor, dan untuk pemanas sentral di rumah atau bangunan yang lebih besar. Propana juga digunakan untuk memanggang barbekyu karena output energi yang tinggi dan portabilitas-nya. Beberapa bus dan kendaraan besar dijalankan menggunakan propana, dan pada banyak rumah juga menggunakan gas propana untuk bahan bakar kompor, pemanas air dan kebutuhan lainnya.

4. Butana
Ditemukan pada gas alam, butana tidak melimpah seperti hidrokarbon lainnya, tetapi masih merupakan sumber energi yang layak dan dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Diisolasi selama pengolahan gas alam, butana mencapai sampai sekitar 20 persen dari komposisi gas alam. Butana sering menjadi komponen pada gas untuk mobil. Unit pendingin dan korek gas juga menggunakan sejumlah besar butana sebagai bahan bakar. Aerosol kaleng juga menggunakan butana sebagai propelan, tapi pemakaian ini telah dianggap berbahaya bagi lingkungan.

Sumber: http://www.pengetahuanlengkap.com/

Tag:

Bagikan:

Request Presentation

Agenda Terdekat Productivity Quality




Layanan Kalibrasi

Download Jadwal Training 2022

Proxsis TV

Menu
Butuh Bantuan?