Keselamatan Kerja Las

Pentingnya memperhatikan keselamatan dalam kerja las disebabkan oleh bahaya seperti asap, cahaya pengelasan, panas, dan bahaya listrik yang dihasilkan pada proses pengelasan.  Maka alat keselamatan las perlu digunakan untuk perlindungan pekerja dan mengurangi risiko kecelakaan kerja, termasuk untuk pengelasan listrik SMAW, GMAW, GTAW, SAW atau las gas seperti OAW dan lainnya.

Beikut jenis alat keselamatan kerja las yang mesti digunakan, yaitu:

Pakaian Kerja Las atau Apron

Saat proses pengelasan akan ada percikan las dan panas yang dihadapi oleh pekerja, sehingga pakaian khusus kerja las diperlukan agar melindungi bagian tubuh pekerja. Sebagai tambahan, apron dada dan lengan berasal dari bahan kulit agar tidak jadi berlubang jika terkena suhu panas percikan las.

Sarung Tangan Las atau welding gloves

Dibuat dari bahan kulit atau jenis bahan asbes yang memiliki kelenturan, sarung tangan khusus tersebut berperan seperti apron. Yaitu, sarung pelindung tangan pekerja dari percikan las dan suhu panas saat proses pengelasan.

Sepatu las atau safety shoes

Untuk perlindungan kaki, ada sepatu khusus las yang sifatnya  isolator agar pekerja terlindung dari bahaya sengatan listrik. Selain itu, sepatu tersebut bisa menjaga kaki pekerja dari kejatuhan benda.

Helm atau Topeng las

Bagian wajah pekerja dilindungi dengan menggunakan helm atau topeng las. Selain percikan las dan suhu tinggi, proses pengelasan juga menghasilkan sinar las yang akan mempengaruhi mata jika tidak dilindungi. Maka, topeng las ini dilengkapi dengan tiga kaca yang terdiri dari kaca bening, hitam dan bening, agar terjaga dari buruknya sinar tampak dan ultraviolet. Terdapat pengkodean nomor kaca, yaitu nomor 6, 7, 8 , 10, 11, 12 dan 14 yang semakin besar angkanya maka semakin gelap yang penggunaannya disesuaikan dengan sebesar apa ampere listrik yang digunakan dan silaunya sinar yang dihasilkan dalam proses pengelasan.

Masker Las

Proses pengelasan juga menghasilkan asap yang berbahaya untuk kesehatan pernafasan pekerja. Sebab asap tersebut bukan asap biasa karena asalnya dari hasil pembakaran bahan kimia dari bahan atau material las.

Seluruh alat yang disebutkan untuk keselamatan dan perlindungan diri dalam kerja las sebaiknya digunakan sebagaimana mestinya. Karena mencegah risiko kecelakaan kerja dengan mematuhi aturan keselamatan dapat meningkatkan kemungkinan produktivitas  kerja yang lebih baik. Terlindunginya pekerja berarti melindungi kualitas kerja las.

Sumber: olahan penulis dari https://www.pengelasan.net/alat-keselamatan-kerja-las/
Sumber gambar: pexels.com