Artikel IT

Korelasi antara Perlindungan Data Pribadi dengan Sistem Manajemen ISO 27001

Bagikan:

sistem manajemen iso 27001

Dalam era digital yang semakin berkembang, perlindungan data pribadi menjadi semakin penting. Data pribadi termasuk informasi yang dikumpulkan tentang seseorang yang dapat mengidentifikasinya secara langsung atau tidak langsung. Contohnya adalah nama, alamat, nomor telepon, nomor identitas, dan informasi lainnya yang dapat dihubungkan dengan individu tertentu. Perlindungan data pribadi menjadi sangat penting karena adanya risiko kebocoran data yang dapat menyebabkan kerugian finansial dan reputasi bagi individu dan organisasi. Oleh karena itu, organisasi harus memastikan bahwa data pribadi yang mereka kumpulkan, gunakan, dan simpan dilindungi dengan baik.

ISO 27001 adalah standar internasional yang memberikan panduan untuk sistem manajemen keamanan informasi (Information Security Management System/ISMS) yang komprehensif dan terpadu. Standar ini mencakup seluruh aspek pengelolaan keamanan informasi, termasuk kebijakan, prosedur, praktik, dan teknologi yang diterapkan dalam pengelolaan informasi yang dimiliki oleh suatu organisasi.

Korelasi antara perlindungan data pribadi dan Sistem Manajemen ISO 27001 terletak pada fakta bahwa salah satu tujuan dari standar ini adalah untuk melindungi kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan informasi, termasuk data pribadi yang dimiliki oleh organisasi. Dalam implementasinya, standar ini mencakup tindakan-tindakan yang dapat membantu organisasi dalam melindungi data pribadi dari kebocoran, penggunaan yang tidak sah, atau pemrosesan yang tidak sesuai dengan persyaratan hukum dan peraturan yang berlaku.

Baca Juga: ISO 27001 adalah Ikon Standarisasi Manajemen Keamanan Informasi

Dalam praktiknya, organisasi yang menerapkan Sistem Manajemen ISO 27001 akan mengidentifikasi, mengevaluasi, dan memetakan risiko keamanan informasi, termasuk risiko terkait dengan perlindungan data pribadi. Organisasi juga akan menerapkan tindakan-tindakan yang diperlukan untuk mengurangi risiko tersebut, seperti mengimplementasikan kebijakan-kebijakan keamanan informasi yang sesuai, mengadopsi teknologi keamanan informasi yang tepat, serta melatih dan meningkatkan kesadaran karyawan terkait dengan keamanan informasi dan perlindungan data pribadi.

Dengan menerapkan Sistem Manajemen ISO 27001, organisasi akan dapat menunjukkan kepada pemangku kepentingan (stakeholders) bahwa mereka telah memenuhi standar internasional dalam pengelolaan keamanan informasi, termasuk perlindungan data pribadi. Hal ini dapat memberikan kepercayaan bagi pemilik data pribadi serta meningkatkan reputasi organisasi dalam pengelolaan informasi yang dimilikinya.

IT Governance Indonesia mengadakan
Training Intenal Audit ISO 27001:2022
Segera Daftarkan diri anda ke Contact Person Kami
ICA | [email protected] | 08111798353

Rate this post

Bagikan:

Request Presentation

Agenda Terdekat Productivity Quality




Layanan Kalibrasi

Download Jadwal Training 2023

Proxsis TV

[yikes-mailchimp form=”1″]

Butuh Bantuan?