Artikel GRC

Meminimalkan Risiko dengan Training Dasar Manajemen Risiko Korporasi

Bagikan:

Risiko dapat dikatakan merupakan akibat atau penyimpangan realisasi dan rencana yang mungkin terjadi secara tak terduga. Walaupun suatu kegiatan telah direncanakan sebaik mungkin, namun tetap mengandung ketidakpastian bahwa nanti akan berjalan sepenuhnya sesuai dengan rencana itu. Orang sering mengatakan bahwa setiap kegiatan mengandung risiko atau lebih umum lagi dikatakan bahwa hidup kita ini penuh dengan risiko. Jadi apa yang akan terjadi dimasa yang akan datang, kita tidak dapat mengetahui secara pasti. Walaupun demikian, orang harus dapat mengantisipasi segala kemungkinan itu dengan menyediakan beberapa tindakan alernatif untuk menghadapi ketidakpastian itu. Dengan kata lain, risiko harus dimanajemen dengan sebaik mungkin, agar efektivitas perusahaan tidak terganggu.

Manajemen risiko (management risk) adalah pendekatan terstruktur atau metodologi dalam mengelola ketidakpastian yang berkaitan dengan ancaman, rangkaian aktivitas manusia termasuk penilaian risiko, pengembangan strategi untuk mengelolanya dan mitigasi risiko dengan menggunakan pemberdayaan atau pengelolaan sumber daya.

Risiko diartikan sebagai ketidakpastian yang ditimbulkan oleh adanya perubahan. Risiko adalah penyimpangan dari sesuatu yang diharapkan. Faktor ketidakpastian inilah yang akhirnya menyebabkan timbulnya risiko pada suatu kegiatan. Sedangkan dari sudut pandang bisnis, secara umum risiko dapat didefinisikan sebagai potensi, kemungkinan atau ekspektasi terhadap suatu kejadian yang dapat berpengaruh secara negatif terhadap pendapatan dan modal. Ketidakpastian yang dihadapi perusahaan bisa berdampak merugikan atau mungkin saja menguntungkan. Apabila ketidakpastian yang dihadapi berdampak menguntungkan maka ini yang dikenal dengan istilah kesempatan (oppurtunity). Sedangkan ketidakpastian yang berdampak merugikan dikenal dengan istilah risiko (risk). Jadi dapat disimpilkan bahwa risiko adalah suatu keadaan yang tidak pasti yang dihadapi seseorang atau perusahaan yang dapat memberikan dampak yang merugikan.

Tepatnya pada tanggal 8-9 Septemeber, PDAM Surya Sembada Surabaya memberikan kepercayaan kepada Proxsis dalam memberikan bimbingan pelatihan “Dasar Manajemen Risiko Korporasi”, dengan metode Interactive Live Distance Learning (ILDL). Meski dilaksanakan dengan metode kelas online, namun  tetap interaktif seolah berada dalam ruang kelas pelatihan offline. Tidak terlepas peran moderator dari Proxsis Surabaya yang menjembatani jalannya diskusi selama training antara narasumber dan partisipan. Dalam sesi diskusi dibahas juga beberapa studi kasus dari masing-masing peserta yang kerap menjadi issue yang dihadapi dalam keseharian peserta di perusahaan.

Proxsis Surabaya menggelar pelatihan Manajemen rutin setiap bulannya. Selain itu, kami juga menyediakan topik-topik penunjang produktifitas lainnya.

Ingin mendaftar, dan merasakan pengalaman seru dari pelatihan yang Proxsis Surabaya adakan? Jangan ragu untuk menghubungi narahubung kami melaui narahubung kami
ASTRID | [email protected] | 08111798353

Atau gunakan fitur obrolan dibawah!!

Bagikan:

Request Presentation

Agenda Terdekat Productivity Quality

Download Jadwal Training 2021

Proxsis TV

Menu
Open chat
Butuh Bantuan?