Artikel IT

IT Disaster Recovery Plan, Apa Itu?

Disaster recovery plan (DRP) merupakan program yang tertulis dan telah disetujui, diimplementasikan, serta dievaluasi secara periodik, yang menfokuskan pada semua kegiatan yang perlu dilakukan sebelum, ketika, dan setelah bencana. Rencana ini disusun berdasarkan mengkaji secara menyeluruh terhadap bencana-bencana yang potensial, yang mencakup lingkup fasilitas, lokasi geografis, atau industri. Rencana ini juga merupakan pernyataan dari tanggapan yang tepat untuk proses pemulihan yang bersifat efektif terhadap biaya dan cepat.Disaster Recovery Plan (DRP) adalah suatu terminology yang sudah dikenal oleh perusahaan-perusahaan dimana basis bisnisnya adalah teknologi informasi (TI). Sekalipun demikian, metode DRP ini terkadang dilupakan oleh para professional TI. Padahal metode DRP adalah salah satu aspek yang sangat penting dan strategis. Pemahaman akan konsep-konsep pemulihan sangat penting dalam perencanaan dan penerapan metode DRP. Dengan memahami konsep DRP maka dapat dikembangkan solusi-solusi teknis dalam pemulihan bencana.

DRP juga harus mencakup prosedur untuk merespons suatu keadaan darurat, menyediakan backup operasi selama gangguan terjadi, dan mengelola pemulihan dan menyelamatkan proses sesudahnya. Sasaran pokok disaster recover plan adalah untuk menyediakan kemampuan dalam menerapkan proses kritis di lokasi lain dan mengembalikannya ke lokasi dan kondisi semula dalam suatu batasan waktu yang memperkecil kerugian kepada organisasi, dengan pelaksanaan prosedur recovery yang cepat.

Gambaran Umum IT-DRP

  • Pengkajian dan Pembaharuan berkala

Kegiatan pengkajian dan pembaharuan IT-DRP harus dilakukan secara terstruktur dan terkontrol. Setiap perubahan yang dilakukan dalam IT-DRP harus diuji secara penuh sesuai dengan kondisi perusahaan. Sehingga seluruh perubahan yang dilakukan dalam IT-DRP ini harus dikontrol dan dengan persetujuan dari Direktur IT perusahaan.

  • Penyimpanan IT-DRP

Salinan dari IT-DRP, CD, dan hard copy akan disimpan di dalam lokasi aman yang ditentukan oleh perusahaan. Setiap anggota dari manajer senior harus memiliki salinan dari IT-DRP yang harus disimpan di dalam tempat tinggal setiap anggota. Selain itu setiap anggota Disaster Recovery Team (DRT) harus memiliki salinan dari IT-DRP tersebut.

  • Tugas dan Tanggung Jawab DRT (Disaster Recovery Team)

Disaster Recovery Team (DRT) merupakan personil inti dari DRP yang bekerja dibawah pengawasan CIO atau Manajer IT Senior perusahaan. DRT bertugas untuk menerapkan DRP ketika terjadi bencana dalam perusahaan, dan memastikan bahwa DRP diterapkan secara menyeluruh.

  • Respon Terhadap Keadaan Darurat

Merupakan prosedur-prosedur yang harus dilakukan ketika terjadi suatu bencana mendadak. Hal ini ditujukan agar ketika terjadi bencana tersebut, tim dapat menyediakan baik pertolongan pertama maupun prosedur evakuasi.

  • Apendiks

Sesuai dengan standar NIST SP 800-34, maka dalam dokumen ini akan dilampirkan formulir yang berisi tentang gambaran teknis setiap peralatan dan operasionalnya.

DRP berfungsi untuk menyediakan kemampuan atau sumber daya untuk menjalankan proses vital pada lokasi cadangan sementara waktu dan mengembalikan fungsi lokasi utama menjadi normal dalam batasan waktu tetentu, dengan menjalankan prosedur pemulihan cepat, untuk meminimalisir kerugian organisasi.

Manfaat atau tujuan disaster recovery plan (DRP) bagi perusahaan :

  • Melindungi organisasi dari kegagalan layanan komputer utama
  • Meminimalisasi risiko organisasi terhadap penundaan (delay) dalam penyediaan layanan
  • Menjamin kehandalan dari sistem yang sedia melalui pengetesan dan simulasi
  • Meminimalisasi proses pengambilan keputusan oleh personal/manusia selama bencana.

Sumber: https://www.proxsisgroup.com/articles/gambaran-umum-drp-disaster-recovery-plan/

ITGID mengadakan
Training IT Disaster Recovery Plan
pada tanggal 12 – 14 Februari 2018
(Fix Running)
berlokasi di
AMG Tower Lt. 17
Jl. Dukuh Menanggal No. 1 A
Gayungan – Surabaya
Segera Daftarkan diri anda ke Contact Person Kami
Nisrina | [email protected] | 08111798349

Request Presentation

Agenda Terdekat Productivity Quality

Agenda Terdekat IT

Agenda Terdekat HR

Download Jadwal Training 2021

Proxsis TV

Menu