Quality Assurance: Sang ‘Penjamin’ Kualitas

Tentu kita sering melihat tempelan stiker kecil bertuliskan huruf ‘QC’ di beberapa produk yang kita beli. Entah itu baju, sepatu, alat elektronik, atau bahkan di kotak makanan dan minuman yang baru saja kita bawa dari supermarket. Anda tentu paham bahwa QC itu adalah singkatan dari ‘Quality Control’ yang berarti produk tersebut telah melewati proses kontrol kualitas dari perusahaan.

Penjaminan kualitas barang yang baru diproduksi menjadi tanggung jawab dari tim ‘Quality Assurance’ atau Penjamin Kualitas yang bertugas sebagai ‘Polisi’ mutu dan kelayakan produksi. Tim penjamin kualitas ini bertanggung jawab pada baik atau buruknya barang yang bisa dijual ke pasar. Jika ada produk jelek yang sempat menembus pasar tanpa melalui pengecekan tim QC, maka tentu akan berdampak buruk pada image dan nama baik perusahaan.

Oleh karena itu, tugas seorang Quality Assurance harus mampu memastikan kelaikan barang dan proses produksi sebelum dijual ke tangan konsumen. Perlu perhatian yang fokus dan detail jika melakukan proses Quality Control tersebut. Karena itulah, seorang Quality Assurance haruslah memiliki ketelitian yang baik serta didukung pemahaman terhadap standar produksi yang baik pula. Jika tidak memiliki dua skil dasar tersebut, maka seorang Quality Assurance akan  menjadi boomerang bagi kegagalan perusahaan di mata pelanggan.

Ketelitian yang baik terhadap seluruh standar yang ditetapkan harus menjadi syarat mutlak bagi seorang Quality Assurance. Walaupun seringkali proses pengawasan produksi dibantu oleh tim Quality Control, jaminan akhir atas layak atau tidaknya sebuah barang tetap menjadi tanggung jawab orang Quality Assurance.

Jadi, di beberapa perusahaan, peran Quality Assurance dan Quality Control bisa saja digabung, namun pada sebagian perusahaan yang lainnya, bisa jadi kedua fungsi ini melekat pada tim yang berbeda, tapi masih berada pada satu departemen yang sama.

 Bicara soal Quality Assurance tentu tak bisa lepas dari berbagai standar mutu yang menjadi ‘kiblat’ kelayakan produksi yang mereka yakini. Salah satu standar mutu yang diyakini banyak orang di dunia ialah dengan menggunakan standar kualitas mutu ISO 9001. Kualitas mutu yang dikenal dengan ISO 9001 ini memiliki sederet aturan yang menjamin kualitas dari produksi barang dan jasa. Bahkan, lebih luas dari itu, kualitas manajerial dan sistem pengelolaan organisasi perusahaan juga memiliki standar kelayakan mutu dan kualitas pula.

Maka tak salah jika sebuah perusahaan sukses, tidak hanya dinilai dari produk akhirnya saja, tapi juga dinilai dari mutu bahan baku, proses, dan juga manajemen pendukungnya.

Untuk mendapat pengakuan bahwa perusahaan telah konsisten melakukan pengawalan mutu dan kualitas produksi, maka perusahaan harus memiliki sertifikasi dari berbagai standar mutu tersebut. Sertifikasi ISO 9001 ialah salah satu contohnya. Standar mutu yang dimiliki oleh ISO 9001 ini mencakup 7 (tujuh) prinsip di berbagai bidang manajerial di perusahaan, seperti standar Fokus pada Pelanggan, Standar Proses Produksi, Standar Kepemimpinan perusahaan, dan beberapa prinsip lainnya.

Tentu semua perusahaan ingin memiliki sertifikasi di bidang mutu ini untuk menjamin penerapan kualitas yang baik pula. Semakin banyak jaminan kualitas yang dimiliki, tentu akan memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas nama baik perusahaan di mata pelanggan.

Namun, kadangkala perusahaan tidak memiliki sumber daya untuk melakukan pengecekan dari pelaksanaan standar mutu tersebut. Di sini lah peran Konsultan Mutu sebagai pihak ketiga memberikan jasa dan dukungannya. Sebagai pihak eksternal yang independen, tim konsultan akan membantu perusahaan untuk mengevaluasi dan menyusun rencana perbaikan untuk meningkatkan penerapan Quality Assurance yang baik di perusahaan.

Nah, jika Anda membutuhkan bantuan itu, maka jangan sungkan untuk menghubungi kami pada tautan berikut.

Proxsis Consulting Group adalah lembaga konsultan yang sudah terpercaya untuk mendampingi perusahaan dalam meningkatkan kualitas dan mutu organisasi. Kami telah memiliki pengalaman bertahun-tahun dan telah menjadi mitra bagi puluhan perusahaan. Tentu, kiprah yang baik ini juga menjadi jaminan kualitas bagi Anda, para calon mitra kami.

Silahkan hubungi tim kami, dan mari bersama kita tingkatkan kualitas mutu perusahaan Anda!

Sumber :  http://jobsinfopedia.blogspot.com/2015/12/pengertian-tugas-tanggung-jawab-quality.html