Tidak Mudah, Begini Caranya Menjadi Operator Alat Berat Yang Handal

Menjadi seorang operator alat berat merupakan pekerjaan yang penuh tantangan. Selain tanggung jawab, menjalani profesi ini berarti dituntut untuk tahu segala hal tentang alat berat dan spare part-nya.

Meski begitu, kenyataanya terdapat banyak operator yang tidak memiliki pengetahuan dasar yang benar tentang pemeliharaan dan perbaikan alat berat. Hal ini bisa menimbulkan masalah, apalagi karena bekerja dengan alat berat dengan teknologi yang lebih canggih. Bisa-bisa karena sedikitnya pengetahuan yang dimiliki, dapat terjadi kecelakaan yang fatal selama proses kerja.

Jadi bagaimana tips untuk menjadi operator alat berat yang handal? Apakah pengalaman kerja saja bisa menjadi acuan menjalani profesi tersebut? Langsung saja yuk simak ulasan lengkapnya.

1. Menjalani Pelatihan dan Pengetahuan Alat Berat

Faktor yang satu ini pastinya penting banget untuk dilakukan guna menjadi operator alat berat yang handal. Dengan mengikuti berbagai pelatihan dan pembelajaran dari lembaga-lembaga khusus, kamu bisa belajar dan mempraktikkan langsung serba-serbi mengenai alat berat.

Biasanya, pelatihan yang diberikan ada macam-macam jenisnya, ada yang berlangsung selama 1 sampai 1,5 bulan, ada juga yang kurang lebih satu tahun lamanya. Pelatihan ini biasanya berlangsung secara intensif alias rutin dilakukan.

Ketika selesai menjalani pelatihan, biasanya akan diberikan sertifikat yang membuktikan bahwa kamu telah mampu untuk menjadi operator alat berat.

Perlu diperhatikan juga bahwa dalam memilih lembaga pelatihan, harus ekstra hati-hati. Mengapa? Karena lembaga pelatihan yang memiliki kredibilitas tinggi serta terpercaya tentunya membuat perusahaan merasa aman untuk memilih kalian karena telah masuk ke lembaga yang berkualitas.

Nah, apa saja kira-kira tujuan dari pelatihan yang diberikan dari lembaga-lembaga tersebut? Ini dia yang bakal kalian pelajari selama di pelatihan menjadi operator alat berat:

  • Punya pengetahuan mengenai alat berat, komponen utama dan dasar, serta cara menggunakannya
  • Mampu menggunakan alat yang sesuai dengan pekerjaan yang diperlukan
  • Sadar akan pentingnya menjaga keamanan saat bekerja
  • Mengetahui sistem-sistem utama alat berat (engine, drivetrain, steering, brake, hidraulik, pneumatik dan elektrikal).
  • Mampu melakukan service dan perawatan pada alat berat sesuai dengan ketentuan yang ada.
  • Apa saja yang akan dipelajari selama pelatihan itu?
  • Pengetahuan dasar akan alat berat
  • Keamanan dan simbol-simbol kerja
  • Penggunaan alat berat (hand tools, measuring tools, dan special tools)
  • Service literatur
  • Maintenance mesin
  • Dan masih banyak lagi

2. Selalu Menjaga Kondisi Badan yang Sehat

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kondisi lapangan, baik proyek konstruksi, tambang atau area yang membutuhkan alat berat biasanya sangat keras dan panas. Di sini pentingnya kondisi fisik yang sehat dan prima sangat berperan.

Untuk melindungi tubuh yang sehat, kamu juga perlu tahu peraturan kesehatan dan keselamatan kerja. Menjaga kondisi dan selalu mengenakan alat pelindung tubuh sangat perlu diperhatikan.

3.Menguasai Medan dan Lingkungan Kerja

Untuk menjadi operator alat berat yang handal tak cukup jika mengandalkan keahlian aja. Tak hanya itu, juga harus dituntut untuk memahami dan menguasai lingkungan dimanapun mereka bekerja, baik di dalam ruangan maupun di lapangan. Seperti yang telah disebutkan di atas, lingkungan kerja operator alat berat tidaklah nyaman dan penuh dengan potensi bahaya.

Maka dari itu, pemahaman dan penguasaan medan kerja sangat diperlukan untuk dapat menjaga diri dan bisa menyelamatkan nyawa diri kamu sendiri maupun rekan kerja. Contohnya, ketika bekerja di lapangan yang panas dan disoroti oleh sinar matahari dan dikelilingi oleh alat berat, maka perlu mengenakan alat keselamatan diri seperti topi dan sepatu.

Kamu juga perlu tahu jalur evakuasi dan penempatan diri yang tepat agar terhindar dari benturan atau jatuhnya alat berat. Selalu cek terlebih dahulu alat tersebut sebelum menggunakannya. Jadi, ketika terdapat kerusakan, kalian dapat dengan mudah mendeteksinya dan bisa terhindar dari kecelakaan yang berujung kematian.

Jadi gimana? Kalian sudah tahu betapa tidak mudahnya bekerja menjadi operator alat berat kan? Pekerjaan yang penuh tantangan ini ternyata membutuhkan keahlian yang luar biasa dan tidak sembarangan loh. Jadi, untuk kalian yang memang ingin bekerja di bidang yang satu ini agar bisa menyiapkan diri terlebih dahulu ya. Semoga bermanfaat.

sumber: //media.robsjobs.co/tidak-mudah-begini-caranya-menjadi-operator-alat-berat-yang-handal/