Tips Agar Tidak Tersengat Listrik, Saat Memperbaiki Listrik yang Konslet

Listrik adalah satu kebutuhan pokok energi yang harus ada setiap hari. Jika dalam 1 minggu saja listrik mati maka akan terjadi ketidak seimbangan pada perekonomian dan kebutuhan masyarakat. Sebagai manusia yang sangat membutuhkan listrik ada saatnya kita penasaran kenapa listrik bisa membahayakan kita, walau sebenarnya dari segi manfaat jelas sekali banyak manfaat dari energi listrik. Bahan listrik terletak pada tegangan sentuh (kesetrum) serta radiasi (biasanya pada saluran udara tegangan tinggi seperti sutet). Mungkin anda penasaran kenapa kita dapat kesetrum listrik? Bagaimana caranya agar kita tidak kesetrum walau kita memegang listrik? Sebagai seseorang tehnisi listrik pastinya saya harus tau langkah kerja listrik dalam menyetrum (menyengat) manusia, dan berikut langkah agar kita tak tersengat listrik walau anda memegang sumber listrik baik fasa ataupun netral :

Pertama
Untuk seseorang pemula  gunakanlah listrik bertegangan rendah terlebih dulu pada 10-12 volt dengan arus yang rendah juga. Jika anda ngeyel dan tetap memakai listrik bertegangan tinggi saya tak menjamin keselamatan anda.

Kedua
Harap pastikan bahwa kaki anda tak menyentuh langsung ke tanah atau konduktor yang terhubung ke tanah. Gunakanlah sepatu yang terbuat dari bahan isolator dan pastikan anda tak menyentuh (meskipun hanya sedikit) tanah maupun konduktor (untuk lebih amannya). Pastikan anda memakai sepatu safety anti listik. Untuk mendapatkan sepatu safety anti listrik. Setelah memakai sepatu dengan bahan isolator dianjurkan juga untuk ada diatas tempat berisolator, seperti di atas meja yang terbuat dari kayu ataupun karet dan jangan sekali-kali coba di atas meja yang terbuat dari besi karena besi adalah konduktor.

Ketiga
Peganglah salah satu sumber listrik (fasa atau netral) harap diperhatikan bahwa hanya salah satu yang boleh dipegang, jika anda memegang keduanya sama saja anda bunuh diri. Kita tau kalau listrik yang dapat mematikan manusia adalah bagian fasa, maka peganglah kabel fasa dan jangan takut perhatikan apa yang akan terjadi.

Keempat
Suruhlah orang lain untuk menggunakan Tespen guna mengetes diri anda, jika teman anda menempelkan tespen ke badan anda maka tespen aka menyala yang menandakan kalau anda sudah teraliri listrik. Janganlah dibiarkan teman anda menyentuh anda, berharap cermati kalau hanya tespen yang bisa menyentuh anda.

Kelima
Selamat anda sudah memegang listrik tanpa ada kesetrum, sekarang cobalah dengan tegangan tinggi misalnya 220 volt dari listrik PLN.

PERHATIAN

  • Jika anda bukanlah seorang tehnisi dalam bagian kelistrikan baiknya anda tak melakukan ini karena akan begitu berbahaya untuk orang awam.
  • Anda hanya dapat memegang satu kabel fasa saja, jika anda memegang kedua kebel (fasa dan netral) maka anda akan kesetrum.
  • Mintalah teman yang berjaga-jaga di dekat sumber tegangan listrik untuk antisipasi saat terjadi suatu hal yg tidak di inginkan.
  • Mintalah seseorang tenaga ahli (seperti guru listrik) untuk mendampingi anda.
  • Tanah bersifat netral, apabila anda menyentuh tanah maka anda akan kesetrum.

Sumber Artikel: //ginasf.weebly.com/home/tips-agar-tidak-tersengat-listrik-saat-memperbaiki-listrik-yang-konslet

Sumber Gambar: //www.mpw.org