Tips Memilih Password Aman untuk Media Sosial

Setiap membuat akun di media sosial, kolom yang pasti harus kita isi adalah kata sandi atau password yang akan digunakan ketika hendak menggunakan akun tersebut. Sistem komputer pada media sosial selalu mewajibkan password karena menjadi sebuah syarat keamanan akun yang dibuat. Tujuannya membuat password aman adalah agar tidak dipakai orang lain dan segalanya disalahgunakan, terutama data-data yang tersimpan di sana.

password aman

Namun, rupanya tidak semudah itu pula memastikan keamanan akun media sosial kita. Kendati ada password, tetap ada saja orang iseng yang berhasil menembus dan menggunakan akun kita. Bahkan, mereka meniatkannya untuk tujuan illegal. Ada pelaku yang kemudian mencuri segala data-data yang tersimpan di akun media sosial orang-orang. Ada juga yang menggunakannya untuk menipu dan meraup keuntungan sebesar-besarnya dengan berpura-pura menjadi si pemilik akun yang asli.

Kalau sudah begitu, apa yang harus kita lakukan? Bukankah seharusnya dengan password yang ada sudah cukup aman? Kenyataannya belum dan sistem komputer media sosial selalu meminta pembuatan password yang paling aman serta  kuat. Lalu, bagaimana cara membuat password yang kuat?

  1. Jangan pilih password yang umum digunakan banyak orang

Percaya atau tidak, sampai sekarang masih saja ada orang yang memilih password angka ‘12345678’ atau ‘1234567890’ menjadi password media sosialnya, entah itu e-mail, blog, Facebook, atau Instagram. Padahal itu adalah password yang biasanya digunakan untuk percobaan atau belajar membuat akun media sosial. Tujuannya hanya agar paham cara pembuatannya.

Namun, ada saja orang yang tidak mengubahnya di kemudian hari dan masih menggunakan password termudah itu. Tentu saja ini berbahaya bagi keamanan akunnya, karena sangat mudah ditebak dan dicoba-coba dalam tindak pembajakan.

Maka dari itu, segera ganti password-mu jika masih menggunakan angka berurutan seperti itu, atau mungkin hanya nama lengkapmu saja. Pilihlah password yang susah untuk ditebak dan tidak umum.

  1. Pakailah simbol-simbol yang unik

Cara pertama mengganti password yang mudah ditebak dan umum adalah menggunakan simbol-simbol yang unik dan jarang dipakai dalam pengetikan di keseharian. Contohnya adalah simbol [email protected]#$%^&*:”<>?. Password yang seperti itu jauh lebih kuat daripada angka berurutan biasa. Namun, tantangannya adalah mengingat simbol yang sudah dipilih. Awas, jangan sampai lupa!

Artikel terkait

11 Tips Jitu Hindari Pencurian Data

10 Mitos IT Security yang Perlu Anda Ketahui

Cara Mengatasi Berita “Hoax” di Dunia Maya

  1. Lebih kuat lagi jika simbol digabung dengan angka

Pemilihan password yang lebih kuat adalah gabungan angka dan simbol. Password yang dibuat begini cenderung lebih mudah diingat daripada simbol-simbol saja. Kamu tinggal memilih angka yang spesial atau mudah diingat, lalu menggabungkannya dengan beberapa jenis simbol yang berkaitan dengan angka tersebut.

Angka yang mudah diingat bisanya bersumber dari tanggal lahir, tanggal wisuda, tanggal pernikahan, nomor telepon, dan angka istimewa lainnya. Angka tersebut harus dimodifikasi dahulu urutannya sebaik mungkin agar tidak mudah ditebak, tapi tetap bisa diingat.

Contohnya: @03-07-1997%^1997. Password itu terbuat dari tanggal, bulan dan tahun lahir, digabung dengan beberapa simbol.

  1. Gabungan huruf, angka dan simbol, agar mudah diingat

Password-mu akan lebih optimal lagi kekuatan dan keamanannya bila dibuat dari gabungan huruf, angka dan simbol. Umumnya, saat ini media sosial menyarankan kombinasi password aman yang seperti itu meskipun tidak diwajibkan.

Pembuatan password seperti ini cenderung lebih mudah diingat karena bisa berupa kata-kata yang dekat dengan keseharian. Namun, alangkah lebih baik bila penulisannya divariasikan. Bisa dengan menggabungkan huruf kapital dan huruf kecil, atau mengganti beberapa huruf tertentu menjadi angka yang mirip.

Misal, pR!A_j0Gj4_1809^*^. Password seperti itu besar kemungkinan sangat kuat dan susah ditebak. Walaupun, kalau dilihat-lihat seperti tulisan alay, yang trending di masa-masa SMS-an masih sering dilakukan.

  1. Bedakan password untuk setiap akun yang berbeda

Bila kamu sudah menetapkan password yang unik, kuat dan aman untuk satu akun media sosial, buatlah yang berbeda dan baru lagi jika ingin membuat akun lainnya. Hal ini sangat dianjurkan walaupun password yang udah dibuat diyakini sangat kuat. Alasannya, agar bila suatu waktu password tersebut berhasil diketahui pembajak, dan satu akun kebobolan, dia tidak bisa membobol akun lainnya. Sehingga bila ketahuan, kamu bisa segera mengganti password akun yang berhasil dibobol tersebut.

Demikianlah cara-cara yang bisa diterapkan agar akun media sosial kita tidak jadi korban pembajakan dan berdampak lebih buruk lagi. Jika password-mu masih belum aman, segera ubah sekarang juga!

Sumber: maxmanroe