Artikel IT

WFH Tools Series (Bagian 1): Tools Komunikasi dan Koordinasi Sehari-hari ketika WFH

Bagikan:

tools komunikasi dan koordinasi wfh

Sudah dua minggu kita mengikuti arahan untuk Work From Home (WFH). Sudahkah sahabat IT Governance Indonesia memformulasikan tools komunikasi dan koordinasi apa yang paling cocok untuk mendukung aktifitas bisnis sehari-hari selama WFH?

tools komunikasi dan koordinasi wfh

Dalam artikel kali ini akan dipaparkan secara berseri rekomendasi berbagai macam tools yang dapat mendukung WFH. Untuk bagian 1 akan dibahas mengenai rekomendasi tools komunikasi dan koordinasi yang bisa digunakan dalam aktifitas bisnis sehari-hari. Tools komunikasi dan koordinasi dalam pekerjaan maupun teamwork merupakan sebuah keharusan yang tidak bisa disanggah lagi. Berikut adalah rekomendasi tools yang dimaksud:

1. WhatsApp
Aplikasi ini merupakan aplikasi yang sangat digaungkan sebagai candu sejak beberapa tahun terakhir. Kemudahan yang ditawarkannya membuat seluruh pengguna dari berbagai segmen usia mampu mengoperasikannya dengan baik dan benar. Tampilannya pun cukup user-friendly dan kapasitasnya sebagai tools koordinasi juga patut diacungi jempol karena kita dapat membentuk group chat dengan rekan sesama kantor, dengan pelanggan, mitra bisnis, dan lainnya. Mengirimkan file dengan ukuran yang cukup besar dan dengan berbagai macam tipe file seperti pdf, doc, docx, ppt, xlx, xls, dll juga dapat dilakukan di WhatsApp. Terlebih jika megingat bahwa aplikasi ini sudah menjadi bagian dari aktifitas sehari-hari kita dalam berkomunikasi, menjadikannya mudah sebagai tools paling direkomendasikan selama WFH untuk koordinasi.

2. Chat Aja
Chat Aja merupakan aplikasi chatting terobosan karya anak bangsa melalui inkubasi Telkom Indonesia. Mengangkat slogan #BeraniMulaiBeralih membuatnya terkenal di kalangan anak muda dan eksekutif muda. Bantuan real-time jika ada kendala saat chatting pun difasilitasi di tools ini melalui sebuah customer support berbasis artificial bernama Chatta. Dalam satu aplikasi ini, kita dapat ber-chatting, membaca berita, sekaligus berkonsultasi secara gratis melalui perangkat Android atau chat berbasis web.

3. Slack
Nama Slack merupakan aktronim dari “Searchable Log of All Conversation and Knowledge”. Slack merupakan sebuah aplikasi yang sejauh ini sering digunakan oleh anak muda dan start-up. Kemudahan yang ditawarkan dalam koordinasi membuatnya percaya diri mengangkat slogan “Where work happens”. Melalui Slack, kita dapat ber-chatting, video call, membuat channel, direct messages dan melakukan integrated file sharing secara tepat.

4. Email
Hampir seluruh perusahaan memberlakukan kewajiban memakai email perusahaan untuk kepentingan bisnis. Karena email perusahaan menunjukkan citra sebuah keprofesionalan. Di sisi lain, email memang sangat diminati oleh banyak kalangan karena kita dapat mengarsipkannya sebagai bukti percakapan tertulis. Fleksibel, mudah, profesional, dan praktis merupakan beberapa alasan mengapa saat WFH harus tetap berkomunikasi dan berkoordinasi dengan tim dan pelanggan menggunakan email.

Author: Almillah

Bagikan:

Request Presentation

Agenda Terdekat Productivity Quality

Download Jadwal Training 2021

Proxsis TV

Menu
Open chat
Butuh Bantuan?