13 Tips Mudah Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

Apakah Anda ingin meningkatkan produktivitas kerja? Saya yakin Anda pasti menjawab “YA”. Setiap individu pasti ingin produktif, ingin berkembang. Berusaha menjadi lebih baik. Tantangannya adalah sering kali kita tidak melakukan pekerjaan dengan sungguh-sungguh. Menunda pekerjaan. Membiarkan diri larut pada hal yang tidak penting dan mengganggu konsentrasi. Sehingga membuat kita tidak produktif.

meningkatkan produktivitas kerja

Bagaimana produktivitas kerja Anda saat ini? Apakah Anda merasa sudah Produktif, sudah maksimal? atau Jika di minta memberi skala 1 hingga 10 ada di mana angka produktif Anda?

Untuk Meningkatkan produktivitas kerja ada begitu banyak tantangan muncul. Baik dari luar maupun dalam diri. Tahukah bahwa produktivitas erat kaitannya dengan kesuksesan? Saya yakin bahwa setiap orang ingin sukses. Setiap orang memiliki goal untuk dicapai. Setiap orang punya tolak ukur dan definisi sendiri tentang sukses.

Muncul beberapa pertanyaan berkaitan dengan produktivitas kerja :
1. Apakah ingin menyelesaikan pekerjaan tepat waktu?
2. Apakah merasa 24 Jam sehari Kurang?
3. Apakah ingin Meningkatkan Produktivitas kerja?
4. Sudah mencoba produktif tapi penundaan selalu datang menghampiri?
5. Ingin Menjadi Individu produktif?

Jika Anda merasa hal diatas sering terjadi dalam hidup Anda. Silahkan lanjut membaca artikel ini, saya akan membagikan 13 tips meningkatkan produktivitas kerja. Silahkan pilih mana yang cocok lalu terapkan agar bisa menunjang produktivitas dalam bekerja.

Produktivitas kerja bisa dilihat dari outputnya. Ini merupakan kunci untuk membedakan orang berhasil atau tidak berhasil. Produktivitas merupakan kemampuan seseorang dalam menyelesaikan pekerjaan. Dalam waktu tertentu dengan kualitas baik. Produktivitas kerja dapat dilihat dari efektifitas dan efisiensi. Serta sikap mental yang selalu ingin meningkatkan kinerja terus menerus.

Berikut 13 Tips Mudah Meningkatkan produktivitas kerja:

1. Bangunlah Lebih Pagi

Mulailah kebiasaan bangun lebih pagi. Ketika bangun lebih awal, hari menjadi lebih panjang. Bisa melakukan lebih banyak hal. Waktu pagi yang tenang adalah waktu yang paling cocok bagi kita untuk memecahkan masalah-masalah penting, karena pada waktu pagi otak santai. Pikiran jauh lebih tajam. Hampir 80% orang sukses bangun lebih awal dari orang kebanyakan. Penelitian dari Roehampton University di Inggris oleh Dr Joerg Huber menyimpulkan bahwa bangun pagi membuat tubuh sehat, mood baik. Bangun pagi cenderung membuat orang lebih bahagia dan produktif.

2. Fokus pada Satu Tujuan

Hal yang membedakan pengusaha sukses dengan pengusaha yang lebih sukses adalah Tujuan mereka. Mereka menetapkan Tujuan. Tujuan harus spesifik, jelas dan tepat. Karena tujuan yang baik akan mengarahkan kita langsung fokus pada apa yang ingin kita capai. Tujuan sangat penting untuk meningkatkan produktivitas agar mendapatkan hasil maksimal.

3. Buatlah List To-Do Berdasarkan Prioritas

Banyak hal yang akan dikerjakan setiap hari. Membuat kita merasa terbeban. Sehingga nantinya tidak ada satu hal pun selesai dilakukan. Mulailah list daftar pekerjaan. Urutkan berdasarkan prioritas. Tentukan tanggal selesai atau jam selesai. Sehingga bisa fokus. Menyelesaikan step by step agar produktivitas kerja bisa ditingkatkan.

4. Berikan Deadline

Deadline di Butuhkan agar kinerja dapat terorganisir dengan baik. Deadline Bisa Meningkatkan produktivitas kerja. Deadline membuat lebih terpacu menyelesaikan pekerjaan serta memberikan efisiensi waktu.

5. Mulai saat ini juga

Memulai merupakan bagian paling sulit. Ada pepatah mengatakan 1000 mil dimulai dari satu langkah. Ketika berhasil memulai, kita akan terlarut menyelesaikan pekerjaan tersebut. Memulai lebih baik dari pada memikirkan semuanya dan tidak menyelesaikan satu pun. Dengan Memulai maka kita sedang berjalan untuk menjadi produktif.

6. Pasang timer untuk setiap tugas yang dikerjakan

Tujuannya adalah agar bisa mengukur seberapa cepat atau lambat Anda bekerja. Jika perlu bandingkan dengan rekan kerja. Untuk mendapatkan gambaran seberapa baik dalam memaksimalkan waktu. Ini akan membantu diri Kita lebih produktif. Kita bisa mengukur produktivitas kerja sendiri.

7. Lakukan analisis pada setiap tugas

Orang produktif tahu bagaimana menghabiskan energi yang mereka miliki. Orang produktif melakukan analisa apakah pekerjaan sudah dilakukan dengan tepat dan maksimal. Hal ini bisa meningkatkan produktivitas kerja.

8. Ambil waktu istirahat

Ambil waktu Lima Menit atau sepuluh menit. Untuk beristirahat. Hal ini penting untuk mengistirahatkan otak. Rentang konsentrasi rata-rata di antara orang dewasa hanya 20 menit, meskipun ada penelitian merekomendasikan istirahat 15 menit setiap dua jam.

Hal ini tergantung pada tantangan pekerjaan. Tingkat kesulitannya. Ambil waktu istirahat sejenak. Istirahat penting untuk meningkatkan produktivitas kerja. Bisa berjalan santai, keluar dari ruang kerja. Atau berdiri setelah duduk, meregangkan sendi-sendi. Intinya adalah menghadiahi diri sendiri, istirahat sejenak. Menggunakannya untuk menyegarkan pikiran dan tubuh. Atau hanya sebatas menghirup udara segar pada waktu makan siang.

Di Aquarius Resources kami mulai istirahat 10 menit setelah 1,5 jam bekerja. Anda bisa tentukan sendiri berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk istirahat agar bisa meningkatkan produktivitas kerja.

9. Tingkatkan pengetahuan Anda

Mengupdate pengetahuan sangat penting. Kita bisa belajar dari mana saja. Menambah pengetahuan kita. Seperti: Membaca Buku, Sharing bersama rekan kerja, bertanya jika mengalami kendala dalam pekerjaan. Dengan menambah pengetahuan dan mau belajar maka produktivitas kita akan meningkat.

10. Memberikan reward

Sesekali wajib memberikan reward atas pekerjaan ataupun pencapaian yang sudah dilakukan. Penghargaan atas diri sendiri penting untuk memotivasi dan meningkatkan semangat kerja. Kalau kita saja tidak bisa menghargai diri sendiri, bagaimana orang lain bisa menghargai kita?

Sadar atau tidak, terkadang kita lupa bahwa sesekali kita berhak menerima “reward” atas apa yang telah dikerjakan selama ini. Bukan dari pacar, atasan, atau orang lain, tapi dari diri sendiri. kerjaan bertumpuk, tekanan dari lingkungan kantor.

Sadarkah kita bahwa kita berhak untuk mendapatkan penghargaan atas apa yang telah dikerjakan. Bukan di ukur dari keberhasilan yang telah dicapai tapi lihat sejauh mana prosesnya telah dijalani. Reward bagi diri sendiri perlu diberikan sebagai penghargaan dan rasa terima kasih terhadap apa yang telah dilakukan. Hal ini bisa membantu kita meningkatkan produktivitas kerja.

11. Mengubah pandangan saat bekerja

Jika memungkinkan, Anda pergi bekerja di luar. sesekali Anda bisa bekerja di tempat berbeda. Bisa mengubah perspektif visual. Seperti ke taman atau kafe. Bisa juga di lobi kantor. Asalkan Anda tidak merasa terbatas pada dinding atau ruang yang sama. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas. Lokasi ini mungkin masih sibuk dengan kehidupan dan obrolan. Tetapi mereka akan segera menjadi “white noise” karena mereka adalah lingkungan yang secara pribadi tidak terlibat secara emosi dengan Anda.

12. Keluar dari chit-chat

Tentukan Jam Sosial Media. Karena kita terbiasa membuka Skype, Messenger, Twitter, Facebook atau apapun itu, Pada saat kerja sebaiknya harus dimatikan. Jika Anda ingin menambahkan sedikit waktu produktif. Karena tanpa disadari membuka sosial media pada saat bekerja. Banyak sekali menyita waktu. Menghambat diri untuk meningkatkan produktivitas kerja.

13. Rapikan meja kerja Anda

Pastikan ruang kerja Anda bersih dari kekacauan yang tidak perlu. Termasuk di atas meja komputer. Ruang berantakan membuat pikiran jadi tidak terorganisir dan terfokus. Simpan dokumen-dokumen yang sudah selesai dikerjakan agar tidak ada tumpukan dokumen. Hal ini akan membantu Anda lebih produktif.

Menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Menjadi Produktif itu sebenarnya mudah. Semoga dari 13 tips ini, salah satu dua atau bahkan semuanya bisa diterapkan dalam pekerjaan sehari-hari. Menerapkannya perlu dibarengi dengan keseriusan. Perubahan sulit dilakukan diawal. Mari memulainya. Latih jadi kebiasaan agar bisa menjadi orang sukses yang produktif.

Sebagus apapun tips produktif di atas, hal terpenting adalah mengendalikan situasi. Fokus pada pekerjaan. Belajar lebih produktif. Anda Bisa membuat strategi dan perencanaan. Kunci terpenting adalah melaksanakannya lalu mulai meningkatkan produktivitas kerja. Jangan stres, berhenti membuat alasan. Selesaikan pekerjaan Anda! Tingkatkan Produktivitas Kerja.

Source : http://aquariuslearning.co.id/