5 Keuntungan Memiliki Sertifikasi BNSP bagi Profesional

Bagikan:

sertifikasi profesi bnsp

BNSP atau Badan Nasional Sertifikat Profesi adalah sebuah lembaga independen yang dibentuk oleh pemerintah dan memiliki kewenangan untuk memberikan, menjalankan, dan melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi untuk setiap tenaga kerja.

Sementara itu, sertifikat BNSP merupakan bukti bahwa tenaga kerja terkait telah memiliki kemampuan yang memenuhi standar kompetensi pada bidangnya.

Sertifikasi profesi BNSP ini diakui otoritas dan kredibilitasnya secara hukum dan berlaku secara nasional. Tak hanya itu, bahkan bukan tidak mungkin bisa membuka kesempatan untuk berkarir di luar negeri. Oleh karena itu, sertifikat profesi BNSP penting untuk dimiliki bagi Anda yang ingin memiliki kesempatan karir cemerlang.

Apabila kemampuan seorang individu dalam suatu bidang profesi keahlian yang diambilnya dapat dilegalisasi secara hukum melalui sertifikasi BNSP, maka tentu individu tersebut memiliki peluang karir yang lebih mudah.

Bahkan bukan tak mungkin jenjang karirnya akan terus meningkat. Sangat menarik bukan? Itu hanyalah sedikit alasan saja betapa pentingnya memiliki sertifikasi profesi BNSP. Berikut Proxsis Surabaya rangkum Keuntungan memiliki seritfikasi BNSP.

1. Kemampuan Atas Bidang Profesi yang Dipilih Terbukti dan Diakui Secara Hukum

Sertifikasi profesi BNSP dijamin dan dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya. Karena seperti yang sudah disebutkan di awal tadi, BNSP sendiri merupakan lembaga independen buatan pemerintah dan bertanggung jawab kepada Presiden perihal sertifikasi yang dikeluarkan untuk tenaga kerja.

Dengan memiliki sertifikasi BNSP, artinya kemampuan Anda atas bidang profesi yang dipilih telah terbukti kompeten dan diakui atau sah di mata hukum. Jadi kemampuan Anda telah dinilai kompeten oleh pihak dengan otoritas dan kredibilitas yang jelas juga terjamin, bukan pengakuan yang sembarangan. Jelas lembaganya, jelas badan hukumnya.

2. Menambahkan Rasa Percaya Diri Pada Kemampuan dan Bidang Profesi yang Dipilih

Bagi seorang individu yang telah terjun ke dunia kerja, sertifikasi profesi BNSP dapat menambah rasa percaya diri. Karena individu tersebut sudah memperoleh sertifikasi profesi yang artinya kemampuannya telah teruji oleh penguji yang profesional, terakreditas, dan terlisensi BNSP.

Hal ini tentunya akan menjadi salah satu hal pendukung kepercayaan diri. Di mana rasa percaya diri juga merupakan hal yang dibutuhkan oleh tenaga kerja untuk mengembangkan karir, sehingga dapat menapaki jenjang karier.

Sementara itu, bagi karyawan atau pekerja tetap, perolehan sertifikat BNSP juga tetap bisa menambah rasa kepercayaan diri ketika bekerja. Karena dengan kemampuan dan pengetahuan yang sudah teruji tersebut dapat menumbuhkan rasa percaya diri bahwa ia bisa melakukan pekerjaannya dengan baik.

 

  1. Meningkatkan Produktivitas Kerja

Dengan sertifikasi profesi BNSP, bisa dikatakan bahwa pengetahuan dan keahlian Anda telah memenuhi standar kompetensi nasional. Sebelum ujian kompetensi dilaksanakan, tentu para peserta akan mempersiapkan dirinya sebaik mungkin.

Persiapan demi menghadapi ujian ini sudah pasti akan meningkatkan produktivitas para peserta. Tak hanya itu, ketika sudah sukses melaksanakan ujian, maka semangat peserta juga akan terus tumbuh dan dapat melakukan pekerjaan semakin baik lagi.

Bagi perusahaan, karyawan yang telah memperoleh sertifikasi profesi biasanya memiliki produktivitas yang lebih unggul. Karena dirinya terlihat lebih kompeten dalam bidang profesinya dan bisa menyelesaikan pekerjaannya dengan lebih tepat.

  1. Mengetahui Tingkat Kemampuan yang Dikuasai

Sertifikasi profesi BNSP dapat menjelaskan pengetahuan, kemampuan, dan keahlian dari tenaga kerja yang memilikinya, tentunya berdasarkan bidang profesi yang digelutinya. Nantinya, hasil dari sertifikasi lisensi tersebut dapat menjelaskan bahwa keterampilan mana saja yang sudah dikuasai atau yang lebih dikenal dengan sebutan kompeten.

Apabila keterangannya tertulis kompeten, artinya pengetahuan atau kemampuan pada keterampilan tersebut sudah sesuai standar yang ditetapkan BNSP. Tetapi apabila yang tertulis adalah belum kompeten, artinya Anda belum memiliki cukup kemampuan sebagai syarat untuk keterampilan yang dimaksud.

  1. Mempermudah Perusahaan dalam Menentukan Tenaga Ahli yang Berkompeten

Dan alasan terakhir pentingnya memiliki sertifikasi BNSP adalah dapat memudahkan perusahaan dalam memilih tenaga Ahli dengan kemampuan sesuai standar nasional.

Dari sisi perusahaan, mereka jadi tahu bahwa seorang karyawan ternyata sudah disertifikasi oleh BNSP yang artinya kemampuannya sudah kompeten pada bidang profesinya. Skill yang dikuasainya sudah cukup dan terbukti dalam skala nasional. Seorang tenaga kerja dengan sertifikasi BNSP akan dinilai lebih baik di mata perusahaan.

 

Itulah beberapa alasan mengapa pentingnya memiliki sertifikasi BNSP baik bagi Anda calon tenaga kerja maupun yang sudah memulai karir hingga kini.

 

Namun, untuk mendapatkan sertifikasi BNSP ini tentu bukan hal yang mudah. Ujiannya bukan seperti ujian biasa pada umumnya. Apabila Anda membutuhkan training dan ingin berkonsultasi sebelum memulai melaksanakan ujian sertifikasi Profesi BNSP, maka kami Proxsis Surabaya siap sedia membantu. Agenda Pelatihan Bulanan Sertifikasi Profesi BNSP bisa di klik disini.

Bagikan:

Request Presentation

Agenda Terdekat Productivity Quality





Layanan Kalibrasi

Download Jadwal Training 2022

Proxsis TV

Menu
Open chat
Butuh Bantuan?
Proxsis East
Detail Jadwal Training BNSP