Komitmen PT Terminal Petikemas Surabaya dalam Cegah Kasus Suap dengan ISO 37001:2016

Kasus suap, korupsi atau menerima keuntungan dari hal yang tidak semestinya merupakan momok bagi sebuah perusahaan dalam mengembangkan proses bisnis. Dalam upaya pencegahan kasus suap dan korupsi ini, PT Terminal Petikemas Surabaya atau disingkat PT TPS telah berkomitmen untuk menerapkan ISO 37001:2016 (Sistem Manajemen Anti Suap).

iso 37001:2016 sistem manajemen anti suap

Komitmen ini dibarengi dengan program Awareness, Documentation dan Internal Audit ISO 37001:2016 (Sistem Manajemen Anti Suap). PT Proxsis Manajemen Internasional berkesempatan untuk menjadi mitra dalam program ini. Adapun program Awareness, Documentation dan Internal Audit ISO 37001:2016 (Anti-bribery Management System) sebagai bahan panduan untuk diberikan kepada pemangku kepentingan potensial saat ini. Hal tersebut dimaksud untuk membantu dalam pengembangan anti-bribery management system.

Dalam agenda virtual ini, peserta sangat antusias. Peserta diikuti oleh berbagai Sub Departement yang berbeda-beda, kelas secara heterogen ini memiliki peran yang sangat tepat. Hal ini dikarenakan setiap orang dalam organisasi memiliki role dan tanggung jawab yang berkaitan dengan Planning, Implementation, Management, dan Maintenance secara berkelanjutan dari Sistem Manajemen Anti Suap ISO 37001.

Pelatihan ini berjalan selama 3 sesi, sesi pertama bersama bapak Endro Hariyuwono & bapak Fahmi Munsah Ismail selaku PROXSIS, Inc. Senior Consultant, yang mana sebagai fasilitator dalam memaparkan pemahaman ISO & Sistem Manajemen sekaligus latar belakang, begitupun prinsip-prinsip ISO 37001. Diskusi suatu konteks organisasi dalam penilaian risiko dan Komitmen Dewan Pengarah merupakan cakupan materi dalam sesi pertama. Adapun sesi pertama ini telah diselenggarakan pada tanggal 21 Juli 2020 lalu.

Berlanjut pada sesi kedua, program ini telah dilaksanakan pada tanggal 22-23 Juli 2020 dimana fungsi kepatuhan anti penyuapan, kepedulian, peninjauan dan dokumentasi dalam ISO 37001 menjadi suatu pokok diskusi pada sesi ini. Sedangkan sesi ketiga akan dilaksanakan pada bulan September 2020 mendatang.

Komitmen Manajemen dalam bertanggung jawab untuk menerapkan dan mengelola program, serta semua karyawan bertanggung jawab atas penerapan ISO 37001. Hal tersebut adalah kunci dalam Implementation, Management, and Maintenance berkelanjutan sistem ini. PT Terminal Petikemas Surabaya dengan komitmen tinggi berupaya untuk selalu mencegah kasus suap dan korupsi sebagai kredibilitas dan value perusahaan.

Terkait permintaan pelatihan ISO 37001:2016 (Anti-bribery Management System) bisa menghubungi kontak dibawah. Untuk agenda pelaihan dengan metode Interactive Live Distance Learning yang lainnya bisa klik disini.

Author: Yanuar