Artikel IT

Go Language (Golang) Programming? Kenalkah?

Bagikan:

golang 1

Seiring berkembangnya teknologi informasi, bahasa pemrograman pun juga berkembang. Setiap bahasa pemrograman pun memiliki keistimewaan dan kekhasannya sendiri. Kini bahasa pemrograman hadir dengan lebih akurat dan bervariasi. Salah satunya adalah Go Language (Golang) yang pertama kali dikembangkan di Google sejak tahun 2007-an oleh Ken Thompson, Rob Pike, dan Robert Griesemer.

golang

Golang resmi dirilis pada 10 November 2009 sebagai open-source. Kemudian banyak komunitas, pakar, dan enthusiast di bidang pemrograman berdedikasi untuk memberikan kontribusi pada Golang. Sebenarnya bahasa pemrograman ini walaupun sudah lama ditemukan namun baru booming belakangan ini beriringan dengan semakin kompletnya produk Google, semakin dikenalnya Google dan menjamurnya start-up yang berbondong-bondong memakai bahasa ini.

Sekarang ada jutaan programmer Go yang tersebar di seluruh dunia, dan mungkin akan banyak setiap hari. Banyak developer dan start-up yang memakai bahasa ini, bahkan perusahaan-perusahaan besar multinasional. Bahkan di Indonesia, sudah hadir komunitas untuk para programmer Golang. Keberhasilan Go jauh melampaui ekspektasi saat pertama kali diinisiasi.

Lalu, apakah Google memakai Go secara internal? Jawabannya adalah ya tentu! Namun Go bukan satu-satunya bahasa yang digunakan di Google. Namun tetap bahwa Golang merupakan bahasa utama untuk sejumlah bidang termasuk site reliability engineering (SRE) dan pemrosesan data skala besar.

Apakah Anda berminat mengikuti pelatihan IT bersama kami? Yuk, jangan ragu untuk berkonsultasi.

 

Sumber: medium.com/@cakazies, golang.com

Bagikan:

Request Presentation

Agenda Terdekat Productivity Quality

Download Jadwal Training 2021

Proxsis TV

Menu
Open chat
Butuh Bantuan?