HM Sampoerna Gandeng Proxsis dalam Upaya Pemahaman dan Implementasi ISO/IEC 17025:2017 di Tengah Wabah COVID-19

SURABAYA – Tetap produktif di tengah pandemi COVID-19, penting bagi perusahaan untuk memahami dan mengimplementasikan kesesuaian pengukuran kalibrasi yang mengacu pada standar nasional. Hal ini merupakan salah satu keuntungan dalam mengikuti pelatihan pemahaman dan implementasi ISO/IEC 17025:2017. Tak hanya itu perlu adanya pemeliharaan dan perawatan peralatan laboratorium merupakan hal yang tak kalah penting dalam menjamin kualitas.

Tepatnya pada tanggal 27 April 2020 hingga 29 April 2020, HM Sampoerna memberikan kepercayaan kepada Proxsis dalam memberikan bimbingan pelatihan “Pemahaman dan Implementasi ISO/IEC 17025:2017”, dengan metode Interactive Live Distance Learning (ILDL), pelatihan ini telah berlangsung secara daring melalui media Microsoft Teams.

Dipandu oleh moderator, peserta memperkenalkan diri, terlihat antusias peserta dalam sesi ramah tamah ini. Terdapat beragam latar belakang peserta dari yang baru belajar ataupun yang sudah satu atau dua tahun berkecimpung di bidang mutu laboratorium. Setelah sesi ramah tamah, moderator memandu menuju agenda selanjutnya yaitu memperkenalkan narasumber atau pemateri pelatihan ini.

Adapun pemateri kali ini dipaparkan oleh Bapak Edward Librianus, S.T., beliau merupakan salah satu direktur Proxsis Group sekaligus menjadi konsultan dan trainer terutama di bidang ISO 17025:2017 yang telah berpengalaman selama 13 tahun di bidang mutu ini.

Agenda pelatihan ini memaparkan pemahaman dan implementasi ISO/IEC 17025 yang memungkinkan laboratorium untuk menunjukkan bahwa mereka beroperasi secara kompeten dan menghasilkan hasil yang valid, sehingga meningkatkan kepercayaan pada pekerjaan mereka baik secara nasional maupun standar internasional. Hal ini juga membantu memfasilitasi kerja sama antara laboratorium dan badan-badan lain dengan menghasilkan penerimaan yang lebih luas dari hasil antar badan yang lain ataupun lebih luas antar negara.

Selama 3 hari ini, susunan acara dibentuk dan dirancang secara efektif, dimulai dari hari pertama yang memaparkan klausul informatif hingga di hari terakhir yaitu pembahasan klausul 8 terkait persyaratan sistem manajemen. 3 hari ini pelatihan berjalan secara interaktif, terdapat pertanyaan kasus yang dialami peserta selama di lapangan dan narasumber memberikan pemaparan, sekaligus memberikan solusi dan sekaligus menghubungkan dalam konteks ISO 17025:2017.

Dan akhirnya tidak terasa pelatihan telah dilalui selama 3 hari, di penghujung acara para peserta memberikan kesan pesan yang positif, terdapat beberapa peserta yang baru belajar dalam pemahaman dan implementasi ISO 17025, dan dirasa waktu 3 hari begitu cepat, namun tidak menjadi permasalahan karena Proxsis juga memberikan solusi jika terdapat peserta yang ingin lebih dalam berdiskusi akan kita sediakan VVIP Room, di mana peserta dapat berdiskusi dengan konsultan senior kami tanpa biaya. Proxsis juga menyediakan berbagai pelatihan di tengah pandemi COVID-19 ini seperti “Peran CDAKB di Industri Kesehatan dalam Menekan Penyebaran COVID-19” dan lain-lain.