Pentingnya Kalibrasi Alat Ukur bagi Personel Laboratorium Perusahaan

Bagikan:

Kalibrasi menurut ISO /IEC Guide 17025: 2005 dan Vocabulary of International Metrology (VIM) adalah serangkaian kegiatan yang membentuk hubungan antara nilai yang ditunjukan oleh instrument ukur atau system pengukuran atau nilai yang diwakili oleh bahan ukur, dengan nilai-nilai yang sudah diketahui yang berkaitan dari besaran yang diukur dalam kondisi tertentu. Dengan kata lain kalibrasi merupakan proses verifikasi bahwa suatu akurasi alat ukur sesuai dengan rancangannya. Kalibrasi biasa dilakukan dengan membandingkan suatu standar yang terhubung dengan standar nasional maupun internasional dan bahan-bahan acuan tersertifikasi atau membandingkan alat ukur dengan standard ukur yang mampu telusur sesuai standard internasional ataupun nasional untuk diketahui tingkat akurasinnya. Dengan dasar inilah yang mengawali layanan Kalibrasi Alat Ukur.

Kalibrasi pada umumnya merupakan proses untuk menyesuaikan keluaran atau indikasi dari suatu perangkat pengukuran agar sesuai dengan besaran dari standard yang digunakan dalam akurasi tertentu. Hasil kalibrasi dapat berupa penetapan nilai besaran ukur atau penetapan koreksi yang berkaitan dengan penunjukan alat ukur dan juga harus disertai pernyataan “traceale uncertainity” untuk menentukan tingkat kepercayaan yang dievaluasi dengan seksama dengan analisi ketidakpastian. Kalibrasi peralatan dilakukan terhadap :  Standar Primer, Standar Skunder yang mempunyai ketelitian lebih tinggi dari instrument yang dikalibrasi, Dengan sumber masukan yang diketahui.

Sistem manajemen kualitas memerlukan sistem pengukuran yang efektif, termasuk didalamnya kalibrasi formal, periodic dan terdokumentasi, untuk semua perangkat pengukuran. Kalibrasi pada umumnya merupakan proses untuk menyesuaikan keluaran atau indikasi dari suatu perangkat pengukuran agar sesuai dengan besaran dari standar yang digunakan dalam akurasi tertentu. Contohnya thermometer dapat dikalibrasi sehingga kesalahan indikasi atau koreksi dapat ditentukan dan disesuaikan (melalui konstanta kalibrasi), sehingga thermometer tersebut menunjukan temperature yang sebenarnya dalam celcius pada titik- titik tertentu di skala. Di beberapa Negara, termasuk Indonesia terdapat direktorat metrology yang memiliki standar pengukuran (dalam SI dan satuan-satuan turunnya) yang akan digunakan sebagai acuan bagi perangkat yang dikalibrasi.

Proxsis Surabaya dapat memberikan layanan Pelatihan Kalibrasi Alat Ukur. Bekerja sama dengan narasumber yang kompeten dibidangnya. Pelatihan ini berlangsung selama dua hari pada 4 dan 5 Oktober 2021. Diikuti oleh beberapa peserta yang merupakan personel dari perusahaan. Pelatihan ini berlangsung dengan metode kelas offline. Tentunya diberlakukan protokol kesehatan yang sangat ketat. Protokol kesehatan ini di tepati oleh semua pihak yang terlibat pada Pelatihan ini, baik Proxsis selaku penyelenggara, Narasumber, juga Peserta.

Di bantu narasumber Expert di bidang Kalibrasi dari Proxsis, menunjang jalannya Pelatihan dengan baik. Peserta juga diberikan sesi diskusi yang dapat dimanfaatkan untuk membahas studi kasus yang biasa dialami ketika melaksakan tugas Kalibrasi di tempat kerja masing-masing. Peserta mendapatkan experience  yang menyenangkan dengan pelayanan yang Proxsis berikan selama jalannya pelatihan. Pelayanan yang sebutkan bukan hanya ketika berada di kelas, namun juga pengalaman dari pendaftaran sampai dengan penerimaan sertifikat kompetensi.

Apakah anda ingin mengikuti pelatihan Kalibrasi Alat Ukur seperti diatas? Ingin tahu informasi agenda selanjutnya? Atau ingin tahu apa saja yang didapatkan selama dan pasca pelatihan Kalibrasi Alat Ukur dengan Proxsis Surabaya? Segala informasi dapat didapat dengan menghubungi narahubung kami di
ASTRID | [email protected] | 08111798353
atau melalui fitur obrolan dibawah!

Bagikan:

Request Presentation

Agenda Terdekat Productivity Quality

Download Jadwal Training 2021

Proxsis TV

Menu
Open chat
Butuh Bantuan?