Fakta Pentingnya Purchasing Management Bagi Perusahaan

Bagikan:

pentingnya purchasing management

Tahukah Anda? Kegiatan pembelian atau purchasing management merupakan salah satu fungsi dasar dari sebuah perusahaan. Mengapa? Setiap perusahaan tentu ingin untuk menghemat uang dan meningkatkan laba. Maka dari itu, paham dalam manajemen pembelian tidak saja cukup namun juga harus melaksanakannya secara sungguh-sungguh. Oleh karena itu, purchasing department menjadi salah satu departemen terpenting dalam suatu perusahaan dan perusahaan perlu mengetahui pentingnya purchasing management bagi perusahaan. Organisasi juga telah menyadari bahwa penghematan biaya dapat dicapai jika keputusan pembelian dilakukan secara efektif.

Dalam penerapannya, secara sekilas fungsi pembelian terlihat sederhana, namun nyatanya ada suatu hal yang harus diperhatikan, terutama yang berkaitan dengan karakteristik barang yang dibutuhkan dan faktor-faktor eksternal di sekitar perusahaan. Oleh karena itulah perusahaan harus sadar akan pentingnya purchasing management dan penting untuk diterapkan dalam perusahaan.

 

Apa Itu Purchasing Management?

Pembelian (purchasing) adalah suatu proses pencarian sumber dan pemesanan barang atau jasa untuk membantu fungsi produksi dalam kegiatan produksinya. Bagian yang menangani atau melakukan pembelian ini adalah Purchasing Department (Bagian Pembelian).

Fakta Pentingnya Purchasing Management bagi Perusahaan

  1. Sebagai Pusat Keuntungan Perusahaan

Bagian purchasing dapat dikatakan sebagai profit center karena bagian ini dapat meningkatkan keuntungan bagi perusahaan. Awalnya, bagian pembelian dianggap sebagai cost center karena bagian ini merupakan bagian yang selalu mengeluarkan biaya. Tetapi, ketika bagian ini menekan sedikit pengeluaran dari proses purchasing yang dilakukannya, maka bagian ini dinilai sebagai profit center yang dapat meningkatkan jumlah keuntungan bagi suatu perusahaan.

  1. Menstabilkan Harga

Peran penting lainnya yang dimiliki purchasing management adalah dapat menstabilkan harga. Jika biaya produksi naik dan turun, maka fungsi departemen lain akan menghadapi hambatan. Misalnya, fungsi pemasaran bingung tentang berapa harga yang harus dibebankan kepada pelanggan, departemen keuangan menghadapi masalah dalam menghitung laba, dan akuntan tidak dapat mengukur arus kas perusahaan.

Manajer pembelian adalah mereka yang bertanggung jawab untuk menstabilkan biaya produksi dengan cara bernegosiasi dengan pemasok serta membuat kontrak panjang agar dapat saling menguntungkan.

  1. Sebagai Manajemen Rantai Persediaan

Pada saat membeli sesuatu, pembeli pasti akan memastikan bahwa bahan atau persediaan dapat diterima tepat waktu dan memiliki kualitas yang diharapkan. Jika pengiriman tertunda atau tidak sesuai standar yang diharapkan, maka hal itu akan memengaruhi rantai produksi yang lengkap. Oleh karena itu, fungsi ini sangat penting di semua industri.

  1. Menjamin Kepuasan Pelanggan

Ingin tahu bagaimana purchasing department dapat menjamin kepuasan pelanggan? purchasing management bertanggung jawab atas kepuasan pelanggan dengan cara-cara berikut:

    • Perusahaan membeli bahan untuk produksi dengan kualitas terbaik
    • Memastikan pengiriman tepat waktu.

Ketika purchasing department memilih persediaan atau bahan berkualitas tinggi dengan biaya yang masuk akal, maka biaya pun akan hemat. Dengan harga yang sesuai dengan kualitas produk yang dihasilkan, maka akan menghasilkan kepuasan dari pelanggan.

  1. Sebagai Fungsi Strategis Perusahaan

Fungsi purchasing dapat dikatakan sebagai fungsi strategis dalam perusahaan karena merupakan fungsi vital dalam suatu perusahaan dan merupakan fungsi yang juga dapat memengaruhi keuntungan dari suatu perusahaan.

Setelah membaca fakta-fakta di atas, dapat kita sadari bahwa begitu besar peran purchasing management di dalam suatu perusahaan. Semoga dengan fakta yang telah disebutkan di atas, semoga kita menjadi lebih paham dan mengerti tentang purchasing management. Jangan ragu untuk berkonsultasi bersama kami lebih lanjut, ya.

Sumber : https://medium.com/

IPQI Learning Center Surabaya mengadakan
Training Purchasing Management
Pada Tanggal 14-15 Maret 2022 (Fix Running)
Training ini bisa dengan metode online (Interactive Live & Distance Learning) atau metode offline
Segera Daftarkan diri anda ke Contact Person Kami
ICA [email protected] | 08111798353
Atau, gunakan fitur obrolan dibawah

Bagikan:

Request Presentation

Agenda Terdekat Productivity Quality

Layanan Kalibrasi

Download Jadwal Training 2022

Proxsis TV

Menu
Open chat
Butuh Bantuan?