Proxsis Dukung MRT Jakarta Implementasi Tata Kelola Perusahaan Yang Baik

Bagikan:

JAKARTA – Transportasi umum yang nyaman dan aman menjadi sebuah kewajiban untuk kota metropolitan DKI Jakarta. Bahkan, transportasi umum di Jakarta sudah terintegrasi dan mampu mengangkut lebih banyak masyarakat untuk bepergian kemanapun. Salah satu transportasi umum yang diminati adalah Moda Raya Transportasi (MRT). Proxsis and Company telah melakukan kerjasama dengan PT. MRT Jakarta (perseroda) sejak tahun 2016. Dimulai dengan anak perusahaan-nya PT. Synergy Solusi Pratama dalam mendukung implementasi sistem manajemen keselamatan kerja di MRT sampai saat ini. Berlanjut dengan kerjasama lainnya dalam mewujudkan tata kelola manajemen yang bersih dan berintegritas melalui anak perusahaan lainnya yaitu Proxsis Global Solusi (Proxsis IT) dan Proxsis Strategi Bisnis (Proxsis Consulting)

Ada beberapa kerjasama yang dilakukan untuk mewujudkan tata kelola manajemen yang bersih dan berintegritas antara Proxsis and Company dengan PT. MRT Jakarta seperti yang disampaikan Andrianto Moeljono CLA, selaku Direktur Proxsis IT dan Aulia Prima Kurniawan, selaku Direktur Proxsis Consulting. Pertama adalah pengembangan SNI ISO/IEC 27001:2013 – Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) sebagai bentuk pengelolaan risiko pengelolaan informasi dan sistem informasi yang digunakan dalam implementasi proses bisnis Perusahaan dalam konteks Transformasi Digital, demi memberikan dukungan bagi Perusahaan dalam mencapai keunggulan operasional bisnis. Kedua adalah penyusunan Comprehensive Fraud Risk Assessment, yang didalamnya termasuk pengendalian untuk mengurangi atau mencegah terjadinya risiko fraud di seluruh level Perusahaan guna terciptanya lingkungan perusahaan yang berintegritas.

Untuk SNI ISO/IEC 27001:2013 merupakan standar Sistem Manajemen Keamanan Informasi yang dapat membantu Perusahaan dalam mengelola informasi serta membangun dan memelihara system keamanan informasi yang digunakan dalam setiap proses bisnisnya. Untuk menerapkan SNI ISO/IEC 27001:2013 di Perusahaan, perlu disusun infrastruktur Kebijakan, Pedoman, SOP serta peta jalan sesuai dengan SNI ISO/IEC 27001:2013 di lingkungan Perusahaan. Memberikan jaminan kepada manajemen dan pemangku kepentingan bahwa Perusahaan telah mempersiapkan Sistem Manajemen Keamanan Informasi sesuai SNI ISO/IEC 27001:2013 yang berlaku.

Sedangkan penyusunan Comprehensive Fraud Risk Assessment dilakukan untuk mengidentifikasi spesifik skema dan risiko fraud, menilai kemungkinan terjadinya risiko dan dampaknya, mengevaluasi fraud control activities yang sudah ada dan merencanakan tindakan mitigasi untuk mengurangi residual fraud risks. Fraud terjadi di sektor publik dalam berbagai bentuk, seperti penyuapan, penyalahgunaan kewenangan, penggelapan aset negara, pemerasan hingga memperdagangkan pengaruh (trading influence).

Aulia Prima Kurniawan menambahkan, sebagai perusahaan publik service milik BUMD secara inheren sebenarnya berisko fraud tinggi, namun karena sistem manajemen yang ada mampu dan komprehensif dalam mengendalikan risiko, membuat fraud risk residual untuk MRT menjadi tergolong rendah. MRT Jakarta dapat dijadikan Role model dalam system manajemen anti-fraud di perusahaan publik service. “Kami juga mengucapkan selamat bertugas kepada Bapak Ir. Mohamad Aprindy, S.T, M.T selaku Dirut PT.  MRT Jakarta yang baru, dan kami akan selalu memberikan dukungan penuh kepada PT. MRT Jakarta dalam membangun sebuah sistem manajemen yang bersih dan berintegritas”, pungkas Rudy.

Editor: Abdullah Azzam
Source: https://foto.bisnis.com/view/20220818/1570915/proxsis-dukung-mrt-jakarta-implementasi-tata-kelola-perusahaan-yang-baik

Tag:

Bagikan:

Request Presentation

Agenda Terdekat Productivity Quality




Layanan Kalibrasi

Download Jadwal Training 2022

Proxsis TV

Menu
Butuh Bantuan?