Puncak Peringatan Bulan Mutu Nasional 2021, Bertema SNI untuk Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh

Bagikan:

Bulan Mutu Nasional pertama kali dicetuskan pada November 1991 yang secara rutin diperingati setiap tahunnya.Badan Standarisasi Nasional (BSN) sebagai Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) bertanggung jawab penuh di bidang Standarisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) merangkul publik untuk terus menanamkan kesadaran akan pentingnya penerapan mengenai pentingnya penerapan Standar Nasional Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

Badan Standarisasi Nasional (BSN) yang bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan Peringatan Bulan Mutu Nasional, untuk memperingati Hari Standar Dunia. Bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, kegiatan ini berpusat di Kota Bandung, pada Rabu (3/11).

Pada kegiatan peringatan Bulan Mutu Nasional 2021 ini, tema yang dibawakan adalah “SNI untuk Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh”. Tema tersebut tentu sejalan dengan tema utama Hari Kemerdekaan RI di tahun ini. Kegiatan ini merupakan upaya untuk membangkitkan kesadaran dan semangat masyarakat Indonesia akan pentingnya mutu dan infrastuktur mutu nasional.

Menurut Kepala BSN, Kukuh S Achmad, melalui standarisasi dan penilaian kesesuaian, BSN menjadi pilar yang strategis untuk mengurangi dampak terburuk dari penyebaran Covid-19 dan menangkap peluang dibalik pandemi. Menjadi bangsa yang tangguh dalam menghadapi Covid-19 menjadi kunci keberhasilan untuk terus meningkatkan pertumbuhan perekonomian.

Melalui kegiatan Bulan Mutu Nasional 2021 yang dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Barat yaitu UU Ruzhanul Ulum, Kukuh berharap agar dapat terus membangkitkan semangat masyarakat Indonesia akan pentingnya mutu dan infrastruktur mutu nasional. Dalam pembukaan Bulan Mutu Nasional 2021 juga dilaksanakan dengan Launching Aplikasi Sistem Informasi SNI Bina UMK; Penyerahan sertifikat SNI kepada 13 UMKM Jawa Barat; Penyerahan sertifikat akreditasi kepada 11 Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) di Jawa Barat; serta Penandatanganan nota kesepahaman antara BSN dengan Sembilan perguruan tinggi dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

Puncak acara Bulan Mutu Nasional, Seminar Nasional Standarisasi dilaksanakan secara hybrid, dengan peserta offline yang terbatas berjumlah 150 peserta, serta online berjumlah lebih dari 3000 peserta. Dengan adanya rangkaian kegiatan Bulan Mutu Nasional, diharapkan dapat menjadi sarana untuk dapat mempertemukan seluruh pemangku kepentingan BSN guna melakukan konsolidasi dan koordinasi serta penyebaran informasi standarisasi menuju Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh.

 

Bagikan:

Request Presentation

Agenda Terdekat Productivity Quality

Download Jadwal Training 2022

Proxsis TV

Menu
Open chat
Butuh Bantuan?