Pentingnya Respiratory Protective Equipment untuk Melindungi Pernafasan dari Zat Berbahaya

Respiratory Protective Equipment (RPE) adalah jenis Alat Pelindung Diri (APD) tertentu, yang digunakan untuk melindungi pemakai individu terhadap penghirupan zat berbahaya di udara tempat kerja. Artikel ini memberikan informasi tentang definisi, persyaratan teknis dan aturan pemilihan yang tepat dari berbagai jenis peralatan perlindungan pernafasan yaitu filter, filtering half masks, face pieces, alat bantu pernapasan dan penyaringan perangkat untuk menghindari atau melindungi diri terhadap partikel (termasuk nanopartikel), gas, uap dan kekurangan oksigen.

 

Informasi dasar terkait dengan peralatan perlindungan pernapasan:

  1. Filtering face pieces

Masker potongan wajah ini sering disebut “respirator sekali pakai”. Masker ini secara keseluruhanya atau sebagian besar terdiri dari bahan filter, yang harus sesuai dengan standar EN 149: 2001 dan diklasifikasikan sebagai FFP1, FFP2 dan FFP3 dalam rangka meningkatkan efisiensi penyaringan udara.

apd pekerja gas

  1. Half masks

Masker potongan wajah yang biasanya dapat digunakan kembali, dari karet atau plastik, menutupi hidung dan mulut pemakai dan ditahan di tempat dengan tali yang dapat disesuaikan. Udara melewati saringan yang relevan oleh kekuatan paru-paru pemakai, atau dapat disuplai oleh unit bertenaga atau alat bantu pernapasan yang sesuai yang terpasang pada masker. Udara yang dihembuskan melewati katup pernafasan. Filter ini tersedia untuk partikulat, gas, atau uap atau juga sebagai kombinasi. Topeng/Masker ini harus sesuai dengan standar EN 140: 1998. Adapun contoh gambarnya adalah sebagai berikut:

  1. Full-face masks

Perangkat yang dapat digunakan kembali yang menutupi mata, hidung, mulut dan dagu, dan segel terhadap wajah pemakainya. Alat ini ditahan di kepala dengan tali yang bisa disesuaikan. Udara ditarik ke dalam topeng baik melalui saringan yang relevan oleh kekuatan paru pemakainya, atau dapat disuplai oleh unit bertenaga atau alat bantu pernapasan yang sesuai, yang terpasang pada masker. Adapub Udara yang dihembuskan melewati katup pernafasan.

apd untuk gas berbahaya

  1. Demand valve equipment

Dalam perlengkapan ini udara terkompresi disuplai ke demand valve mounted yang dipasang pada masker. Hal ini terbuka saat breathes in, dan menutup saat breathing out.

Contoh perlengkapan/perangkat seperti pada gambar berikut:

  1. Self-contained breathing apparatus

Perangkat ini adalah perangkat yang paling kompleks, membutuhkan pelatihan tingkat tinggi untuk pemakaian dan perawatan. Perangkat hanya cenderung digunakan dalam situasi yang berpotensi sangat berbahaya. Durasi penggunaan tergantung pada ukuran dan jumlah kapal udara terkompresi. Dalam Open-circuit compressed-air devices (Udara yang dihembuskan dibuang ke atmosfer) biasanya berlangsung sekitar 60 menit, dan banyak digunakan oleh industry and emergency staff.

Source:

oshwiki.eu. (2020, 24 Juli). Respiratory protection equipment – requirements and selection. Diakses pada 29 Juli 2020, dari https://oshwiki.eu/wiki/Respiratory_protection_equipment_%E2%80%93_requirements_and_selection

HSE, Respiratory protective equipment at work, A practical guide, 2013. Available at: https://www.hse.gov.uk/pubns/books/hsg53.htm

HSA, A Guide to Respiratory Protective Equipment. 2010. Available at: https://www.hsa.ie/eng/Publications_and_Forms/Publications/Chemical_and_Hazardous_Substances/Respiratory%20Protective%20Equipment.pdf

Editor: Yanuar