New Normal, Bagaimanakah APD nya?

alat pelindung diri new normal

Ini minggu ke 2 atau 3 sejak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) resmi diselesaikan di beberapa daerah. PSBB ini diselesaikan karena satu dan lain hal seperti ekonomi yang harus segera diperbaiki. Bisnis dan Pendidikan pun harus tetap berjalan dalam kondisi ini, supaya segera terestorasi seperti sedia kala.

Setelah PSBB selesai, muncullah istilah era new normal, atau penormalan baru dimana banyak hal yang baru. Tahun 2020 ini semua orang setuju jika ada banyak hal yang baru. Salah satu pesan yang disuratkan dalam era new normal adalah tetap menjalani aktivitas seperti sedia kala namun tetap menggunakan protokol kesehatan. Jaraknya pun harus tetap diperhatikan untuk meminimalisir penyebaran COVID-19. Intinya adalah new normal tidak begitu saja membebaskan aktivitas di luar rumah, namun kita dituntut untuk memperhatikan bagaimana kita tetap dapat melindungi diri walaupun sedang di luar rumah.

Ada banyak perusahaan yang bingung dan belum memutuskan, apakah kita melanjutkan berkantor di rumah atau kembali ke kantor seperti sedia kala. Mulai banyak ditemukan pabrik/perusahaan yang beroperasi, lalu bagaimana kita saling melindungi diri? Salah satunya adalah menaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan dan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD)

setiap saat kita keluar dari isolasi mandiri. Setiap individu memiliki tanggungawab yang sama dalam hal ini.

Starter pack minimum yang harus dipersiapkan adalah:

  1. Alat Pelindung Diri
    • Masker
    • Kacamata/face shield
    • Personal hygiene
    • Hand sanitizer
    • Tisu basah
  2. Bawa helm sendiri (jika memakai motor atau ojek)
  3. Tempat dan alat makan sendiri
  4. Gelas milik sendiri
  5. Membawa alat ibadah sendiri

Hal-hal yang harus dibiasakan adalah :

  1. Tetap menerapkan physical distancing
  2. Tidak melepaskan masker sampai ke leher jika memang membutuhkan membuka masker dalam kondisi tertentu
  3. Semprot ponsel, laptop, kendaraan dan apapun benda yang sering ada di dekat kita dengan disinfektan secara berkala untuk menghindari kuman, virus dan mikro organisme lainnya.