Artikel IT

WFH Tools Series (Bagian 2): Tools Meeting dan Presentasi Jarak Jauh ketika WFH

Bagikan:

meeting dan presentasi jarak jauh wfh featured

Sahabat Proxsis di manapun berada, semoga sehat selalu. Beruntung jika kita memiliki kesempatan untuk Work from Home (WFH) di tengah pandemi ini. Sangat berjasa, adalah predikat yang pantas disematkan untuk seluruh pekerja yang tidak dapat WFH karena bergerak di bidang jasa layanan umum dan pekerjaan teknis lainnya. Sudah lama jauh sebelum maraknya wabah virus corona jenis baru, para pekerja jarak jauh/remote worker menggunakan media video call untuk memfasilitasi meeting dan presentasi jarak jauh mereka. Setelah adanya imbauan untuk WFH, meeting melalui video conference menjadi alternatif yang sangat digemari oleh berbagai kalangan dan dari berbagai macam sektor industri. Berikut kami rangkumkan rekomendasi tools untuk meeting dan presentasi jarak jauh selama WFH.

Sudah baca bagian 1 tentang tools komunikasi dan koordinasi selama WFH? Yuk, klik di sini.

meeting dan presentasi jarak jauh

1. Jitsi
Merupakan open-souce tools yang sangat mudah digunakan. Bisa dengan mudah diakses melalui browser PC maupun ponsel jika kita ingin mengikuti meeting dan presentasi jarak jauh melalui Jitsi. Jitsi juga menawarkan personalisasi tautan meeting sesuai dengan nama perusahaan kita, hal ini tentu menjadi nilai tambah bagi perusahaan kita jika membagikan link tersebut pada kolega. Host juga dapat memegang kendali penuh atas forum meeting di Jitsi. Tampilan video mulai dari low bandwith sampai dengan high definition (HD) dapat dipersonalisasi di Jitsi. Share screen dan live chat juga tersedia di Jitsi. Jitsi juga dilengkapi dengan fitur blur background yang tentu sangat bermanfaat untuk kita untuk meeting di kondisi apapun.

2. Zoom
Inilah aplikasi yang kerap kali terdengar akhir-akhir ini. Banyak sekali start up, instansi, sekolah, perguruan tinggi, hingga pemerintahan menggunakan tools ini sebagai tools meeting dan presentasi jarak jauh harian mereka. Zoom memang memiliki user interface yang sangat ramah, lokasi tombol dan akses pengaturan yang mudah ditemukan membuatnya memiliki daya tarik tersendiri. Fitur yang sangat digemari di zoom adalah kita dapat melakukan kustomisasi virtual background (VB) sesuai keinginan kita. Zoom juga menfasilitasi link undangan meeting yang cukup di klik saja jika ingin mengikutinya. Zoom menfasilitasi hingga 1.000 pengguna video & 10,000 penonton.

3. Google Hangouts
Ini adalah produk yang sangat mudah digunakan, mengingat pada ponsel kita saja hampir semua telah tertaut dengan Google Mail (Gmail). Aplikasi Hangouts merupakan ruang meeting produk dari Google yang dapat dengan mudah diakses jika kita telah memiliki Gmail. Produk ini juga dapat disinkronisasikan dengan produk G-Suite lainnya seperti kalender, email, chat, pengingat, dan lainnya. Selain video conference, Google Hangouts juga memiliki fitur live streaming yang bisa kita fasilitaskan untuk jadwal presentasi produk dan layanan kita.

4. Microsoft Teams
Produk ini merupakan andalan utama jika perusahaan kita sudah berlangganan atau memiliki kerjasama dengan Microsoft Corporate Group. Jika kita install Microsoft Teams di Windows, otomatis mendapatkan live notification yang pastinya sangat membantu kita. Produk ini cukup signifikan dengan produk Microsoft lainnya seperti email dan kalender

5. Cisco Webex
Stay connected from home” merupakan tagline dari aplikasi satu ini. Beberapa instansi pemerintahan sering kali menggunakan tools ini saat meeting dan presentasi jarak jauh. Berkantor di California tak membuat pangsa pasar Cisco Webex di Indonesia rendah. Menawarkan daftar secara gratis, membuat undangan meeting cukup klik link yang diberikan oleh meeting host dan auto download aplikasi Cisco Webex kemudian auto join di meeting room yang telah dipersiapkan. Cisco webex juga menawarkan keamanan data kepada seluruh pengguna-nya.

6. Skype
Skype juga merupakan aplikasi yang sangat familiar sejak beberapa tahun silam. Saat WFH ini tentu skype merupakan aplikasi rujukan untuk mereka yang terlebih dahulu familiar dengan aplikasi ini jauh sebelum novel corona virus melanda. Skype dapat diakses di segala gadget yang kita miliki. Untuk mengikuti meeting melalui Skype, cukup undang ID Live atau email tim kita. Skype merupakan sarana komunikasi berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia.

7. VoIP
Sebenarnya VoIP ini adalah tools yang sangat accessable dan pilihan terbaik untuk menjangkau mitra kerja/kolega/tim kerja yang ada di luar negeri. Voiceover Internet Protocol adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Namun, melalui VoIP, kita tidak dapat menampilkan display/video. Hanya akses suara dari jarak jauh yang sangat membantu untuk meeting opening dari negeri untuk persiapan dan penjelasan teknis.

Author: Almillah

Bagikan:

Request Presentation

Agenda Terdekat Productivity Quality

Download Jadwal Training 2021

Proxsis TV

Menu
Open chat
Butuh Bantuan?