Yuk, Kenali Manfaat Sistem Manajemen Gudang (Warehouse Management)

Sistem manajemen gudang berkaitan dengan penanganan dan pengendalian material di dalam gudang. Adapun tujuannya yakni untuk menangani masalah kritis agar rantai pasokan tetap berjalan lancar. Manajemen gudang juga nantinya berkoordinasi dan berintegrasi dengan manajemen inventaris, pengembalian, dan pemenuhan pesanan serta akuntansi.

Lantas, apa saja manfaat dari manajemen gudang?

Pertama, terciptanya hitungan persediaan yang efisien. Efisien berarti tepat dan tidak membuang-buang waktu. Beberapa hal yang dapat dilakukan yakni dengan melengkapi perhitungan menggunakan pemindaian barcode pada lokasi sehingga dapat ditinjau, diterima, atau ditolak sebelum inventaris yang menjadi intinya diperbaharui. Kemudian, perhitungan siklus juga bisa dilakukan yakni berupa perhitungan risiko tinggi, nilai tinggi, dan metode ABC.

Kedua, mengurangi salah pilihan dalam bisnis. Adanya manajemen pergudangan memungkinkan untuk memperbaiki kesalahan kerja karyawan dalam memindai item atau peralatan yang salah. Maka, manajemen pergudangan pun dibutuhkan secara lengkap.

Ketiga, terciptanya poses barang yang efisien.  Adanya manajemen pergudangan membantu perusahaan untuk mensinkronkan pesanan pembelian dan karyawan tak perlu membuang waktu untuk memasukkan data ganda.

Keempat, terciptanya pengembalian yang cepat.  Manajemen pergudangan akan membantu karyawan perusahaan untuk memindai barang ke dalam gudang menggunakan pemindai barcode. Tidak hanya itu,hal ini juga membantu untuk memperbaharui pesanan secara “real-time”.

Kelima, adanya pengiriman  produk yang lebih cepat. Sebuah penelitian dari Internet Retailer menemukan sebanyak 45 persen pelanggan melaporkan “pengiriman cepat” hanya dalam 2 hingga 4 hari. Dengan kata lain, ini juga menjadi perhatian adanya manajemen pergudangan memungkinkan proses yang cepat dan lebih hemat waktu

Keenam, biaya proses yang lebih rendah. Disebabkan oleh sistem pindai kode barcode dan terintegrasi membuat banyak penghematan waktu, seperti proses admin hingga pengambilan dan pengemasan produk yang lebih cepat. Selain itu, produktivitas kerja juga naik.

Ketujuh, peningkatan kepuasan pelanggan. Tim yang menghadapi pelanggan yang mungkin berada di bagian lain gedung atau tempat yang sama sekali berbeda, akan dapat melihat dengan cepat dan tepat di mana pesanan atau pengembalian berada dalam alur kerja karena sistem yang terintegrasi tersebut. Dengan menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat dan akurat, mengurangi tingkat kesalahan operasional juga berarti lebih sedikit pelanggan yang hilang, dan dengan lebih sedikit anomali pengiriman yang terjadi, masalah layanan pelanggan dapat segera ditangani.

Kedelapan, peningkatan audit & akuntabilitas. Penerapan Warehouse Management System (WMS) memberikan masing-masing anggota staf akses khusus masing-masing, yang memungkinkan akuntabilitas yang lebih besar karena jalur audit menghubungkan ke pengguna tertentu. Ini mencegah pencurian inventaris keamanan, dapat menyoroti masalah agar bisa mengatasi, dan meningkatkan praktik terbaik serta kepatuhan di antara semua karyawan.

Kesembilan, optimasi proses berkelanjutan. Hal ini memungkinkan untuk memilih dari beberapa algoritma metode pengambilan, sehingga dapat menguji mana yang memberikan hasil optimal, apakah itu dengan gelombang, diskrit, zona, atau batch dan dengan menganalisis metode mana yang paling cocok untuk bisnis  ini dapat menentukan cara terbaik untuk mengoptimalkan tata letak gudang.

Kesepuluh, keputusan berbasis data.  Data “real-time” yang didapatkan tersebut memungkinkan dengan cepat mengidentifikasi potensi masalah persediaan, serta melaporkan produktivitas tim gudang secara efektif.

Sepuluh poin tersebut merupakan adaptasi dari panduan ‘Bagaimana memilih sistem manajemen gudang yang tepat’. Tujuannya sebagai tinjauan terperinci tentang segala hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih, membeli, dan menerapkan sistem manajemen gudang dalam bisnis. Semoga bermanfaat!

Sumber: olahan penulis dari https://blog.brightpearl.com/benefits-of-warehouse-management-systems

 

IPQI Learning Center Surabaya mengadakan
Training Warehouse Management & Distribution System
pada tanggal 16-17 Mei 2019
berlokasi di
AMG Tower Lt. 17, B05
Jl. Dukuh Menanggal No. 1 A
Gayungan – Surabaya
Segera Daftarkan diri anda ke Contact Person Kami
Iqbal | [email protected] |08111798353