5 Hal Penting dalam Supply Chain Management

Bagikan:

hal penting supply chain management

Supply Chain Management atau Manajemen Rantai Pasokan merupakan hal yang penting dalam sebuah perusahaan, Karena dengan hal ini perusahaan bisa menurunkan biaya produksi. Selain untuk meminimalisasi biaya produksi, Supply Chain Management juga bisa dapat memberikan efisiensi terhadap pengeluaran biaya perusahaan, sehingga tak banyak pengeluaran untuk hal-hal yang tak terlalu penting.

pentingnya supply chain management

Di bawah ini adalah lima hal penting supply chain management yang perlu Anda ketahui agar sistem tersebut bisa terintegrasi dengan baik dan memberikan efisiensi bagi perusahaan dalam hal pengeluaran. Untuk membangun suatu sistem manajemen rantai pasokan yang baik dan optimal, kita harus perhatikan lima hal penting supply chain management berikut:

  1. Perencanaan
    Perencanaan merupakan proses pembuatan strategi untuk mencapai tujuan yang diharapkan, perencanaan adalah proses awal yang strategis, harus dipikirkan mulai dari awal bagaimana membuat suatu sistem yang terintegrasi untuk menentukan tingkat efisiensi, harga, kualitas, dan nilai pada pelanggan.
  2. Pemasokan
    Hal ini tak kalah penting, karena dengan memilih  pemasok-pemasok yang paling baik adalah standar ukuran kita di dalam menjaga kualitas, komitmen, penerimaan barang, pemeriksaan, pemindahan ke pabrik, serta pembayaran. Dengan memilih pemasok-pemasok yang kualitasnya sudah terpercaya dan kualitasnya baik akan mempermudah kita dalam melakukan manajemen rantai pasokan.
  3. Pembuatan
    Hal ini merupakan langkah pabrikasi, di mana kita harus menentukan langkah-langkah yang diperlukan untuk pembuatan, pemeriksaan, pemaketan, dan persiapan pengiriman. Tentukan standarisasi yang jelas tentang standar kualitas, tingkat produksi, dan produktivitas karyawan.
  4. Pengantaran
    Bagian ini disebut juga logistik. Di mana kita harus mengatur penerimaan pesanan dari pelanggan, membuat jaringan pergudangan, memilih ekspedisi pengiriman barang yang akan dikirimkan kepada pelanggan, dan juga yang paling penting yaitu memproses masalah pembayaran.
  5. Pengembalian
    Bagian ini menangani masalah pengembalian barang cacat atau produksi berlebih dari pelanggan.

Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, berpengaruh juga terhadap pelaksanaan supply chain management yang perkembangannya mengikuti perkembangan teknologi. Banyak faktor seperti semakin murahnya harga komputer, semakin cepatnya sistem komputer, semakin luas dan semakin cepat jaringan internet, dan bandwidth yang makin murah, membuat orang makin mudah berkomunikasi dan berkolaborasi dengan cara yang semakin cepat dan efisien. Dengan teknologi informasi yang sudah banyak sekali diterapkan pada saat ini, sehingga dapat menekan angka kesalahan manusia, menekan biaya produksi yang tinggi, juga meningkatkan kualitas output sampai pada tingkatan yang luar biasa.

Saat ini ilmu logistik berkembang menjadi satu mata rantai pasokan, dengan pendekatan sistem yang terintegrasi, yang meliputi gudang penyimpanan, trainsportasi, inventory, pemesanan barang, dan jumlah barang. Kelima komponen tadi harus dioptimalkan secara keseluruhan. Optimalisasi pada supply chain management harus diterapkan secara keseluruhan, karena jika hanya dioptimalkan secara individu pada satu hal dapat berpengaruh terhadap hal yang lainnya. Sebagai contoh dengan tujuan untuk menekan biaya produksi yang tinggi kita coba pindahkan gudang penyimpanan ke tempat lain yang lebih murah. Namun hal ini bisa mengakibatkan biaya transportasi yang begitu tinggi dan lain sebagainya.

Tujuan utama dari SCM adalah penyerahan atau pengiriman produk secara tepat waktu dengan tujuan untuk memuaskan konsumen, mengurangi biaya produksi, meningkatkan segala hasil dari seluruh supply chain (bukan hanya satu perusahaan), efisiensi waktu, memusatkan kegiatan perencanaan dan distribusi. Penerapan supply chain management di masa seperti ini cocok di terapkan,karena system ini memiliki kelebihan dimana mampu mengelola aliran barang atau produk dalam suatu rantai supply.

Itulah lima hal penting supply chain management yang kami harapkan dapat menjelaskan dasar-dasar supply chain management. Semoga bermanfaat.

 

Sumber: hobisnis.com

Bagikan:

Request Presentation

Agenda Terdekat Productivity Quality

Layanan Kalibrasi

Download Jadwal Training 2022

Proxsis TV

Menu
Butuh Bantuan?