CV Sumber Harum Utama Bersama PROXSIS, Meningkatkan Kompetensi Karyawan Dalam Perencanaan dan Pengendalian Produksi

Pentingnya fungsi perencanaan produksi dalam sebuah perusahan manufaktur. Secara struktur divisi PPIC biasanya di kepalai oleh seorang Manager, dibantu oleh seorang Supervisor dan beberapa orang Staff. Untuk perusahaan dengan skala yang lebih kecil divisi PPIC hanya di kepalai oleh seorang Supervisor dan di bantu oleh beberapa orang staff saja.

ildl ppic

PPIC atau Perencanaan dan Pengendalian Produksi adalah fungsi yang menjembatani fungsi Marketing dengan fungsi-fungsi lain seperti Produksi, R&D, Finance dan lain-lain untuk mencapai pengelolaan material secara tepat.

Pada tanggal 24-26 Agustus 2020 CV Sumber Harum Utama telah melaksanakan In House Training dengan metode Interactive Live Distance Learning. In House Training ini menjadi suatu pelatihan yang menarik dikarenakan pembahasan kelancaran proses produksi, menjadi cakupan pelatihan ini, hal ini merupakan suatu hal yang penting, terkait tanpa perencanaan dan pengendalian yang layak, pengiriman yang tertunda menimbulkan ketidakpuasan pelanggan, yang menjadi dasar pentingya PPIC (Production Planning & Inventory Control).

Tidak hanya itu berbagai pokok diskusi PPIC (Production Planning & Inventory Control) menjadi pembahasan yang cukup membuat tertarik untuk di ulik. Yakni, bagian perencanaan produksi (production planning) dan Bagian pengendalian persediaan (inventory control). Dilanjut dengan Agregate Plan (AP), yakni Perencanaan agregat digunakan untuk menentukan tingkat produksi, kepegawaian, persediaan, lembur, dan sebagainya dalam jangka Panjang.

Penting juga untuk merencanakan Jadwal Induk Produksi atau Master Production Schedule. Hal ini penting untuk ringkasan jadwal produksi produk, jadi untuk periode mendatang yang dirancang berdasarkan pesanan pelanggan atau peramalan permintaan.

Setiap pokok pembahasan dalam PPIC ini bertujuan untuk mengukur ketepatan dalam perencanaan dan pengendalian produksi dan persediaan. Tentunya hal ini akan memperlancar proses produksi itu sendiri. Serta untuk tujuan akhir yaitu terciptanya efisiensi, tidak terjadi pemborosan (Waste) dan tercapainya keuntungan.

Proxsis telah dipercaya melakukan pelatihan PPIC baik dengan metode in house maupun publik.  Terkait agenda pelatihan publik dengan metode Interactive Live Distance Learning bisa cek disini. Untuk informasi lebih lanjut, bisa langsung terhubung dengan narahubung kami menggunakan fitur obrolan dibawah.

Author: Yanuar