Meningkatkan Standar Manajemen Mutu di Industri Perangkat Medis dan Farmasi, PT Unicharm Indonesia Gandeng Proxsis Academy East

Bagikan:

Ketika berbicara tentang organisasi yang sukses dan berkinerja tinggi, kesadaran akan kualitas, kesehatan, keselamatan, dan kepatuhan terhadap regulasi adalah hal yang tak terelakkan. Organisasi harus memastikan bahwa mereka memenuhi persyaratan standar internasional yang relevan untuk mencapai kualitas produk dan layanan yang tinggi, serta memastikan keamanan dan kepatuhan dalam lingkup industri yang mereka operasikan.

Standar internasional yang paling umum digunakan untuk mengelola kualitas dan kepatuhan dalam berbagai industri adalah ISO 9001, ISO 13485, dan Good Manufacturing Practices (GMP). ISO 9001 adalah standar untuk sistem manajemen mutu, ISO 13485 adalah standar khusus untuk industri perangkat medis, sedangkan GMP adalah standar khusus untuk industri farmasi dan makanan.

Kesadaran adalah salah satu pilar utama dari kesuksesan dalam menerapkan standar-standar ini. Kesadaran akan berarti pemahaman yang jelas tentang persyaratan standar, kebijakan internal, dan tanggung jawab individu dalam organisasi terkait manajemen kualitas dan kepatuhan. Kesadaran akan mencakup tingkat pengetahuan dan pemahaman yang mendalam tentang proses, tata kelola, dan prosedur yang terkait dengan standar yang diterapkan.

 

Dalam konteks ini, peran audit internal juga menjadi sangat penting. Audit internal adalah alat yang kuat untuk memastikan bahwa organisasi mematuhi standar dan kebijakan yang telah ditetapkan. Audit internal melibatkan evaluasi sistem manajemen internal organisasi untuk menilai kualitas dan kepatuhan terhadap standar yang berlaku. Audit internal dilakukan oleh pihak internal yang independen, yaitu tim auditor internal yang terlatih dan memiliki pengetahuan mendalam tentang standar yang relevan.

Dalam rangka memahami bagaimana kesadaran dan audit internal berperan dalam implementasi ISO 9001, ISO 13485, dan GMP, kita perlu mengenali manfaat utama dari keduanya. Kesadaran akan membantu menciptakan budaya kualitas dan kepatuhan yang kuat di seluruh organisasi, meningkatkan efisiensi proses, mengurangi risiko non-kepatuhan, dan meningkatkan kepercayaan pelanggan. Sementara itu, audit internal akan memberikan wawasan yang objektif tentang efektivitas sistem manajemen dan mengidentifikasi peluang perbaikan, membantu organisasi untuk terus meningkatkan kualitas produk, layanan, dan kepatuhan.

Sehingga dengan demikian, PT Unicharm Indonesia mantap melakukan pelatihan pemahaman Awareness ISO 9001, ISO 13485 dan Good Manufacturing PracticeĀ based on ISO 19011. Pelatihan ini diikuti 11 peserta dari sub department yang berbeda.

PelatihanĀ ini yang dilakasanakan pada 26-28 Juli 2023 ini, dilaksanakan dengan metode kelas. Meski pelatihan ini dikemas berbeda, namun feel kelas pelatihan tetap terasa menarik dan interaktif. Seluruh peserta antusias pada saat pemaparan materi oleh pemateri. Peserta juga diberikan kesempatan untuk diskusi dengan pemateri, tentunya kesempatan ini tidak disia-siakan oleh peserta.

Jika rekan ingin mendapatkan informasi terkait PelatihanĀ Good Manufacturing Practices, rekan bisa gunakan fitur chat dibawah untuk terhubung denganĀ narahubung kami. Apabila berkebtuhan dengan pelatihan yang lainnya, bisa klikĀ disiniĀ untuk detail lengkapnya.

Rate this post

Bagikan:

Request Presentation

Agenda Terdekat Productivity Quality




Layanan Kalibrasi

Download Jadwal Training 2022

Proxsis TV

[yikes-mailchimp form=”1″]

Butuh Bantuan?