Bersama PROXSIS, PT Essentra Telah Melakukan Pelatihan Refreshment Basic First Aid

First Aid atau pertolongan pertama merupakan suatu hal yang penting. Hal ini sebagai pemberi pertolongan pertama atau pemberi pertolongan segera kepada penderita, sakit, cidera, atau kecelakaan yang memerlukan penanganan medis dasar. Siapa yang perlu mempelajari ilmu P3K ini? Tindakan ini berdasarkan ilmu kedokteran dapat dipelajari oleh orang awam atau orang awam terlatih khusus.

basic first aid pertolongan pertama

Dalam suatu perusahaan first aider dalam melakukan pertolongan pertama sebagai upaya menyelamatkan jiwa penderita. Mencegah penderita dari kecacatan dan memberi rasa aman dalam menunjang proses penyembuhan. Kewajiban bagi pelaku first aid yakni menjaga keselamatan diri tentunya, begitupula tim, orang sekitar dan penderita.

Oleh sebab itu PT Essentara berupaya secara preventif mengikuti pelatihan Refreshment Basic First Aid yang telah terlaksana pada tanggal 25-26 Agustus 2020. Dalam pelatihan ini memiliki prinsip-prinsip dasar dalam penanganan first aid atau pertolongan pertama yang harus dilakukan yakni (1) Jangan pindahkan posisi penderita kecuali untuk menyelamatkannya dari bahaya lainnya; (2) Lakukan tindakan cepat apabila korban menderita sesak napas, luka bakar, atau shock, dan; (3) Jangan berikan cairan apapun kepada korban.

Dalam pelatihan ini juga akan mengupas tentang langkah-langkah penilaian dini yang harus dilakukan oleh penolong terhadap penderita. Diantaranya yakni mengenali terlebih dahulu kasus yang dihadapi oleh penderita, apakah kasus trauma (memiliki tanda-tanda yang terlihat pada anggota tubuh penderita seperti luka terbuka, memar, patah tulang, dan lain sebagainya disertai gangguan kesadaran) atau kasus medis (tanpa ada tanda-tanda yang terlihat di anggota tubuh penderita contohya sesak napas, pingsan, dll)

Suatu hal yang pokok bagi setiap orang untuk mempelajari ilmu first aid, kita tidak pernah tahu kecelakaan mungkin bisa saja terjadi. Perlu bagi setiap karyawan mampu memberikan pertolongan atau memiliki skill first aid untuk kelangsungan bertahan (survival) dalam menangani kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Pertolongan pertama ada hal yang krusial. Karena keterampilan ini akan sangat membantu sebagai upaya menyelamatkan jiwa penderita, mencegah penderita dari kecacatan dan memberi rasa aman.

Kami siap membantu menyediakan layanan pelatihan dengan metode konvensional namun tetap memenuhi protokol kesehatan yang berlaku. Selain itu ada pula pelatihan dengan metode Interactive Live Distance Learning (ILDL) dimana peserta pelatihan dan trainer dapat menjalankan pelatihan secara daring dengan komunikasi dua arah seperti pelatihan konvensional tanpa mengurangi nilai-nilai kompetensi.

Info selengkapnya hubungi :

Yanti | 08111798353

[email protected]

Author: Yanuar