Teknik Kalibrasi yang Tepat, akan Menghasilkan Hasil Kalibrasi yang Akurat

Bagikan:

Metode Kalibrasi dan Prosedur Kalibrasi

Teknik kalibrasi yang tepat perlu sama-sama memperhitungkan aturan metrologi dan tujuan objek yang dimaksudkan ketika di kalibrasi. Pilihan metode kalibrasi dan prosedur kalibrasi harus memberikan hasil terbaik dalam kondisi tertentu. Ada banyak metode untuk mendapatkan hasil kalibrasi yang tepat.

Di banyak bidang spesialis, metode kalibrasi dan prosedur kalibrasi didefinisikan secara ketat dalam standar yang relevan. Meskipun demikian, penting untuk mempertimbangkan metode kalibrasi dan prosedur kalibrasi mana yang cukup memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Metode kalibrasi yang digunakan dapat menyimpang dari metode standar kalibrasi. Jauh lebih penting bahwa hasil pengukuran sistem pengukuran yang dikalibrasi dapat dilacak. Bisa dibilang, metode kalibrasi ini bukan tujuan utama dari kalibrasi.

Metode kalibrasi dan prosedur kalibrasi dalam laboratorium kalibrasi yang terakreditasi pengujian akurasi merupakan bagian dari proses akreditasi. Berdasarkan pada persyaratan standar yang relevan dan berlaku. Jika menggunakan dasar baru, maka metode kalibrasi perlu dibentuk kembali berdasarkan aturan baru. Dalam semua kasus, metode kalibrasi harus memiliki dasar fisik dan / atau data perhitungan yang dapat diuji dan aman.

Prosedur kalibrasi yang dicakup oleh akreditasi umumnya memberikan hasil yang dapat dilacak. Terlepas dari apakah mereka mengikuti standar atau tidak.

Kalibrasi dapat memanfaatkan berbagai prinsip yang berbeda. Dengan mengukur properti objek yang berbeda di bawah kalibrasi dimungkinkan untuk melakukan kalibrasi. Ini dapat menghasilkan metode kalibrasi yang berbeda untuk measurand yang sama, sering juga pada objek yang sama di bawah kalibrasi. Dimungkinkan untuk melakukan; kalibrasi langsung atau tidak langsung tergantung pada properti objek mana yang di bawah kalibrasi yang akan ditentukan.

Kalibrasi shunt melalui pengukuran nilai resistensi
Kalibrasi langsung Kalibrasi tidak langsung
Kalibrasi shunt melalui pengukuran nilai resistensi Kalibrasi shunt melalui pengukuran arus di bawah tegangan yang diterapkan; besaran yang dihasilkan berbeda digunakan untuk menghitung resistensi berdasarkan Hukum Ohm.

Sistem pengukuran dalam teknologi pengukuran tegangan tinggi terdiri dari beberapa komponen. Beberapa komponen ini dapat dikalibrasi secara otonom. Dari alat ukur yang dikalibrasi, kemudian dimungkinkan untuk membuat sistem pengukuran yang dikalibrasi. Sistem pengukuran ini dikalibrasi sesuai dengan metode komponen. Ketidakpastian pengukuran yang dihasilkan dari sistem pengukuran ditentukan dengan menerapkan apa yang disebut undang-undang perambatan kesalahan. Semua komponen menambahkan kontribusi ketidakpastian pengukuran mereka sendiri untuk ketidakpastian pengukuran sistem pengukuran keseluruhan.

Namun, sistem pengukuran yang dirakit juga dapat dikalibrasi sebagai unit. Metode ini disebut sebagai kalibrasi sistem. Kalibrasi sistem mengembalikan ketidakpastian pengukuran sistem pengukuran secara langsung dan disertifikasi dalam sertifikat kalibrasi.

Kedua metode kalibrasi memiliki kelebihan dan kekurangan, dan dapat ada alasan yang dibenarkan untuk menggunakan kedua metode kalibrasi. Kalibrasi komponen dapat digunakan untuk mengukur sistem yang tidak ada standar referensi, tetapi fleksibilitas yang terkait dengan kalibrasi komponen diimbangi oleh penalti dalam hal ketidakpastian pengukuran yang lebih tinggi dibandingkan dengan kalibrasi sistem.

Proxsis menyediakan layanan pelatihan bagi personel yang melakukan proses kalibrasi. Periksa halaman berikut untuk mengetahui agenda-agenda pelatihan yang akan berlangsung. Informasi lebih lanjut hubungi narahubung kami dengan meninggalkan komentar dibawah, atau gunakan fitur obrolan yang tersedia di pojok kanan bawah.

teknik kalibrasi dan analisa data hasil kalibrasi

IPQI Learning Center Surabaya mengadakan
Training Teknik Kalibrasi dan Analisa Data Hasil Kalibrasi
Pada Tanggal 16-17 Februari 2022
Segera Daftarkan diri anda ke Contact Person Kami
ICA|┬á[email protected]┬á|08111798353
Atau, gunakan fitur obrolan dibawah

Source :
https://forumautomation.com/t/different-types-of-calibrations/3073
https://www.reinhausen.com/desktopdefault.aspx/tabid-1930/2785_read-7871/

Rate this post

Bagikan:

Request Presentation

Agenda Terdekat Productivity Quality




Layanan Kalibrasi

Download Jadwal Training 2023

Proxsis TV

[yikes-mailchimp form=”1″]

Open chat
Butuh Bantuan?
Proxsis East
Informasi Terkait Training Teknik Kalibrasi Dan Analisa Data Hasil Kalibrasi