WFH Tools Series (Bagian 3): Tools Distance Learning ketika WFH

Sahabat Proxsis dimanapun berada, terutama yang sedang Work from Home (WFH) bagaimana cara kita untuk tetap produktif? Produktif membuat kita selalu bergerak, belajar, dan terinspirasi sehingga dengan sendirinya menjadi self-upgrading untuk diri kita masing-masing. Sebenarnya produktif tetap bisa dilakukan walaupun kita sedang tidak di kantor dan bertemu dengan rekan kerja kita. Salah satunya adalah mengikuti distance learning, atau bahkan menyelenggarakan distance learning untuk tim dan organisasi kita. Distance learning adalah belajar dengan jarak jauh tidak terbatas oleh ruang, jarak, dan waktu dengan tools distance learning tertentu. Terlebih di situasi marak WFH ini, banyak komunitas maupun organisasi menyelenggarakan distance learning baik yang gratis maupun fully funded.

tools distance learning

Sebelum kita rangkumkan rekomendasi tools distance learning, terlebih dahulu kunjungi halaman ini untuk mengetahui materi series sebelumnya.

1. Daily Video Conference Tools
Untuk sahabat Proxsis yang sudah berlangganan maupun terbiasa dengan suatu tools video conference, direkomendasikan menggunakan tools distance learning ini saja saat mengikuti maupun menyelenggarakan distance learning. Karena kita sudah terbiasa dan familiar terhadap fitur dan pengoperasiannya, membuat proses belajar dan mengajar lebih efektif dan efisien.

2. Google Classroom
Tools ini direkomendasikan karena kemudahan yang ditawarkannya. Produk ini adalah keluaran dari Google group membuatnya terafiliasi oleh Google Mail (gmail) kita. Sangat mudah mengoperasikannya jika kita sudah memiliki Gmail. Melalui tools distance learning ini, kita dapat kirim materi dan tugas kemudian mengumpulkan layaknya seperti di sistem informasi akademik. Dilengkapi dengan absen, ruang diskusi, dan chat membuat kita nyaman untuk menyelenggarakan kelas atau distance learning menggunakan aplikasi ini.

3. Instagram Live
Ini adalah tools yang sangat mudah dan tidak membutuhkan effort lebih untuk join ke dalam forum distance learning tersebut. Kita cukup menonton live dari akun Instagram penyelenggara distance learning dan chat secara interaktif mengikuti di bawahnya. Dilengkapi dengan fitur Instagram yang lain seperti stiker dan emoticon, membuatnya asyik sebagai ruang diskusi dan memberikan tanggapan tanpa harus mengganggu keberlangsungan acara distance learning. Biasanya, live Instagram ini akan tersimpan videonya selama 4 jam sehingga kita
dapat melihatnya lagi nanti.

4. YouTube Live
Youtube Live diminati karena dapat menampung banyak orang untuk aktif mengikuti distance learning di dalamnya. Ini adalah pilihan yang cocok jika kita memiliki audiens dan kelas kita sangat banyak diminati di khalayak. Berbeda dengan YouTube biasa, fitur ini hanya bisa diakses jika kita mendapatkan link untuk bergabung atau bahkan password dari pihak penyelenggara saja. Live chat juga difasilitasi di sini untuk fitur tanya jawab dan setelah kelas berakhir biasanya kita sudah tidak dapat lagi menontonnya kembali.

5. Facebook Live
Mirip dengan Instagram Live, fitur ini juga memiliki ciri yang sama dengan Facebook Live. Facebook Live dapat dilakukan melalui akun penyelenggara maupun grup Facebook peyelenggara distance learning.

Author: Almillah