Simak keseruan Webinar “Mengenal Model Penilaian Kematangan Penerapan Manajemen Risiko”

Bagikan:

Mengenal Model Penilaian Kematangan Penerapan Manajemen Risiko dan Manfaat Bagi Organisasinya", dimana membahas seputar penilaian kematangan manajemen risiko,

Pada tahun kedua Covid-19 di Indonesia, telah banyak dampak yang dirasakan baik di bidang ekonomi, politik dan sosial.  Ada banyak perusahaan yang berhenti produksi bahkan harus gulung tikar karena adanya pandemi. Bagi perusahaan yang adaptif serta mampu melihat risiko dan peluang, adanya pandemi ini mereka jadikan fase dalam bertahan (survival) bahkan memunculkan inovasi yang mendukung keberlangsungan bisnis perusahaan. Dengan adanya kondisi tersebut, bisa kita sepakati bahwasanya pentingnya manajemen risiko untuk dimiliki perusahaan. Pandemi ini media pembuktian bagi bisnis untuk melihat seberapa matang atau mapan manajemen risiko yang mereka miliki. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan dan atau pebisnis untuk mengetahui terkait Seberapa Matang Manajemen Risiko yang sudah mereka bangun dalam menghadapi Risiko dan Peluang Bisnis di masa Pandemi ini.

Berkenaan dengan hal tersebut, Proxsis hadir kembali untuk mengadakan Webinar Online dengan narasumber Ir. Endro Hariyuwono, CPP. Inc. Senior Consultant yang berjudul tentang “Mengenal Model Penilaian Kematangan Penerapan Manajemen Risiko dan Manfaat Bagi Organisasinya”, dimana membahas seputar penilaian kematangan manajemen risiko, manfaat penilaian kematangan manajemen risiko bagi perusahaan, dan masih banyak lagi.

Webinar yang diadakan pada tanggal 29 Juli 2021 kemarin, dipandu oleh Astrid Wiswandani sebagai Master of Ceremony (MC). Tak lupa juga Syah Laksmi sebagai moderator yang menemani narasumber spesial yaitu Ir. Endro Hariyuwono, CPP. Dengan diikuti oleh 86 partisipan dari berbagai perusahaan, webinar tersebut juga diadakan melalui platform Instagram @proxsisprofesional.sby.

Webinar yang dibuka dengan penayangan video singkat terkait company profile PROXSIS, tata tertib mengikuti webinar, dan juga CV seputar narasumber. Penyampaian materi oleh narasumber menjelaskan seputar penilaian kematangan manajemen risiko, manfaat penilaian kematangan manajemen risiko bagi perusahaan. Pada pertengahan sesi, moderator memberikan beberapa informasi penting terkait agenda pelatihan, giveaway, dan layanan customer corner.

Tidak lupa, panitia menyisipkan sesi ice breaking, kali ini dipandu oleh Raka Aditya. Tujuan dari sesi ini adalah untuk mencairkan suasana setelah penyampaian materi. Acara berlanjut pada sesi tanya jawab, dimana para partisipan bebas bertanya langsung terkait materi yang disampaikan oleh narasumber. Sesi ini tentu sangat interaktif, patisipan dengan pertanyaan terpilih dapat berdiskusi langsung dengan narasumber secara live dalam sesi Tanya jawab webinar.

Pada sesi penutupan tidak lupa moderator memberikan kesimpulan dari materi yang disampaikan narasumber. Berikut kesimpulan dari materi yang disampaikan “Manajemen Risiko merupakan tata kelola organisasi untuk mengelola risiko untuk memberikan kepastian tujuannya”

Faktor utama yang mempengaruhi tingkat kematangan manajemem risiko:

  1. Tata kelola korporasi
  2. Manajemen Risiko korporasi
  3. Budaya korporasi (kepempimpiman, perilaku manajemen, organisasi pembelajar)

Model tingkat kematangan manajemen risiko organisasi bervariasi sepanjang rangkaian tingkatan, dan dinelaskan secara bertahap

  • Tingkat 1: inisial (tugas Risk Management).
  • Tingkat 2: managed (manajemen risiko dipengaruhi oleh pengulangan tindakan yang telah berhasil dimasa lalu)
  • Tingkat 3: defined (organisasi berada ditengah model)
  • Tingkat 4: quantitatively managed (organisasi yangg telah mencapai tingkat kematangan yang signifikan dan sudah terintegrasi)
  • Tingkat 5: optimizing (proses manajemen risiko terus disempurnakan yang digunakan untuk optimasi proses bisnis)

Manfaat penilaian kematangan manajemen risiko adalah dengan menilai kecukupan dan efektivitas manajemen risiko diantaranya:

  1. menilai respeknya posisi tingkatan manajemen terhadap penerapan manajemen risiko
  2. menilai peran pengawasan risiko dalam memastikan bahwa kebijakan dan prosedur program manajemen risiko efektif
  3. memberikan informasi tentang faktor potensial dan prioritas
  4. Meningkatkan sosialisasi dan kepedulian pemilik risiko
  5. Meningkatkan pentingnya data dan informasi terbaik dalam setiap pengambilan keputusan
  6. Memberikan informasi kesesuaian pedoman manajemen risiko

Antusias yang telah diikuti oleh para peserta sangat terasa sehingga diakhir acara peserta diajak untuk berfoto bersama. Agenda webinar ini dilakukan secara rutin dengan konsep yang dikemas secara seru. Maka dari itu, untuk yang penasaran bagaimana serunya bergabung menjadi peserta dalam webinar yang diadakan PROXSIS, tetap ikutin terus di sosial media kami.

Tag:

Bagikan:

Request Presentation

Agenda Terdekat Productivity Quality

Download Jadwal Training 2021

Proxsis TV

Menu
Open chat
Butuh Bantuan?