Creative Problem Solving

creative problem solving

CREATIVE PROBLEM SOLVING – Dalam perjalanan setiap orang di kehidupan sehari-hari, baik di dalam pekerjaan, di rumah, di perjalanan, di tempat Pendidikan, pasti sering sekali menghadapi yang namanya masalah (Problem). Masalah ini sangat bisa dipastikan untuk terjadi setiap saat. Kita dapat saja menghindarinya, namun apa yang kita lakukan bila masalah tersebut terjadi dan datang seketika?. Pastinya kita harus menyelesaikan masalah tersebut secara tuntas agar tidak terjadi kembali.

Namun sering kali malah kita menemukan masalah yang terjadi berulang setelah kita lakukan Tindakan perbaikan sebelumnya. Dengan kata lain Tindakan yang kita lakukan sebelumnya ternyata belum cukup efektif untuk mencegah masalah tersebut tidak terjadi Kembali. Hal ini bisa terjadi diakibatkan oleh 2 hal, antara lain:

  1. Saat perbaikan dilakukan, tidak melalui analisis sampai dengan ke akar penyebab masalah (Root Cause Analysis)
  2. Menggunakan cara penyelesaian yang sama dengan masalah yang pernah terjadi sebelumnya.

Albert Einstein pernah mengatakan “Kejadian berulang masalah yang sama tidak dapat dilakukan penyelesaian dengan cara yang sama”. Hal ini cukup jelas sekali, aktivitas yang sama hanya akan menghasilkan output yang sama. Suatu masalah yang berulang bila ditangani dengan cara yang sama seperti saat masalah tersebut terjadi sebelumnya, maka hasilnya pun akan sama, masalah tersebut akan berulang lagi, selama belum ada cara baru untuk menyelesaikan masalah tersebut. Untuk itu diperlukan analisis akar masalah yang kuat dan mendalam serta solusi kreatif pada setiap masalah.

Contoh kasus, bila kita menemukan suatu masalah seperti genteng rumah kita pecah dan sering menyebabkan air hujan masuk ke dalam rumah karena genteng yang bocor tadi, yang kita lakukan hanya langsung mengganti genteng yang pecah tersebut. Mungkin untuk sementara masalah tersebut tertanggulangi, saat hujan tidak ada lagi airnya yang masuk ke dalam rumah. Namun setelah beberapa pekan, saat hujan kita menemukan masalah yang sama, yaitu ada lagi genteng yang pecah dan menyebabkan air hujan masuk ke dalam rumah melalui genteng yang pecah tadi, dan kalau kita masih hanya menanggulanginya dengan cara yang sama, yaitu HANYA dengan mengganti genteng yang pecah tadi.

PERCAYALAH, masalah kita yang rumahnya kemasukan air hujan akan berulang Kembali, karena dalam beberapa pekan ke depan pasti akan ada genteng yang pecah lagi. Karena kita tidak pernah menganalisis akar masalahnya, apa yang menyebabkan genteng pecah.? Ternyata di samping rumah kita ada lapangan bola yang sering digunakan bermain bola, dan bolanya sering kali melayang sampai ke arah genteng rumah kita dan memecahkan  satu atau beberapa genteng rumah kita.

Dari sini satu faktor telah terpenuhi, kita sudah menemukan akar penyebab masalah, yaitu bola yang memecahkan genteng rumah kita. Lalu solusinya apa..? Harus ada solusi kreatif untuk memastikan masalah tidak terjadi kembali. Pikirkan ide-ide kreatif untuk menghindari masalah bola yang akan memecahkan genteng rumah kita.

Sebuah creative problem solving dibutuhkan untuk memberikan opsi-opsi perbaikan kreatif terhadap masalah yang di alami. Untuk masalah yang diceritakan di atas, beberapa opsi solusi kreatif dapat saja berupa:

  1. Memasang jaring pembatas antara lapangan bola dengan rumah kita, agar bola yang mengarah ke rumah kita akan terjaring.
  2. Mengganti genteng rumah kita dari denting tanah menjadi genteng yang tahan pecah (fibre, sejenis seng, atau jenis lainnya yang tahan pecah).
  3. Bahkan yang anti mainstream, dan kalau anda anak Sultan bisa ubah lapangan bola tersebut yang tadinya terbuka menjadi dibangun lapangan bola indoor. Tapi bagaimanapun juga ide ini merupakan ide kreatif.
  4. Atau ada lagi ide yang dapat anda berikan.

Untuk menumbuhkan kreatifitas membutuhkan wawasan yang luas, ilmu dan bahkan dukungan teknologi. Sering kali kreatifitas kita terhambat karena kurangnya ilmu, wawasan, dan dukungan teknologi yang menjadi penggerak kreatifitas itu sendiri.

Mari kita asah terus kreatifitas kita dengan cara terus belajar, membaca dan latihan berinovasi dan melakukan improvement baik sebagai Tindakan perbaikan dalam suatu masalah ataupun untuk peningkatan kinerja.

Salam Improvement…!!

sumber : https://ipqi.org/creative-problem-solving/

Request Presentation

Agenda Terdekat Productivity Quality

Agenda Terdekat IT

Agenda Terdekat HR

Download Jadwal Training 2021

Proxsis TV

Menu