5 Cara Jitu untuk Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Karyawan adalah aset terpenting bagi perusahaan. Kesuksesan sebuah perusahaan tergantung pada karyawan yang bekerja secara kompeten dan loyal. Tapi, pada kenyataannya karyawan tidak selalu loyal dengan perusahaan.  Jika karyawan merasa sudah memiliki banyak pengalaman, merasa tidak nyaman dan tidak mendapatkan kepuasan di tempat kerjanya saat ini, pasti berpikir untuk keluar dan mencari perusahaan lain dengan jenjang karier yang lebih baik. Maka dari itu, loyalitas karyawan pastinya penting untuk perusahaan.

loyalitas karyawan

Dapat Anda bayangkan jika karyawan terbaik memutuskan untuk keluar? Pasti Anda butuh waktu untuk mencari kandidat baru dan melatihnya dari awal lagi. Untuk itu Anda perlu memikirkan cara supaya karyawan tetap senang bekerja dan loyal terhadap perusahaan. Berikut caranya:

  1. Memberikan Hak-Hak Karyawan

Masalah terbesar yang jadi penyebab ketidakloyalitasan karyawan pertama adalah karena gaji dan jenjang karier yang tidak jelas. Perusahaan yang baik seharusnya memperhatikan hak-hak karyawan selama mereka bekerja. Hak -hak karyawan ini menjadi salah satu motif untuk karyawan loyal terhadap perusahaan tempat mereka bekerja. Hak tersebut mencakup: Gaji sesuai UMK, hak cuti libur, tunjangan kesehatan, tunjangan hari raya, pelatihan, jaminan sosial tenaga kerja, dan fasilitas kerja. Jika hak-hak sudah diberikan, karyawan akan fokus pada kewajibannya dan betah dalam bekerja.

  1. Lakukan Manajemen SDM Yang Baik

Ketahuilah minat dan ketrampilan serta kemampuan masing-masing karyawan. Dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan mereka, Anda jadi lebih mudah untuk memberi tugas yang sesuai dengan keterampilannya . Berikan juga pelatihan khusus, training dan juga motivasi bagi karyawan. Tujuan dari manajemen SDM ini ialah meningkatkan mutu karyawan perusahaan itu sendiri.

Artikel terkait

Cara Menyusun Rencana Pengembangan Karyawan atau Employee Development Plan

10 Cara Tepat Membuat Karyawan Anda Menjadi Sukses

Menilai Loyalitas Calon Karyawan

  1. Membuat Suasana Kerja Nyaman

Selain fasilitas yang memadai seperti ruang kerja yang bersih , internet, AC dan laptop yang memadai. Suasana kerja juga menjadi penentu seorang karyawan loyal di suatu perusahaan. Suasana kerja lebih kearah budaya kerja dan hubungan pertemanan di suatu perusahaan. Usahakan untuk menciptakan suasana kekeluargaan yang akraban antara karyawan tetapi tetap memiliki etos kerja yang bagus. Jika perlu buatlah acara internal setiap minggu seperti olahraga bersama dan sebagainya.

  1. Memberikan Jenjang Karir Yang Jelas

Banyak karyawan yang berhenti di suatu perusahaan karena sudah bekerja keras namun tidak bisa naik ke posisi atau level yang lebih tinggi. Setiap perusahaan yang ingin maju dan berkembang harus memberikan jenjang karier yang jelas untuk karyawannya. Perusahaan bisa menggunakan penilaian berupa key performance indicator (KPI) juga bisa menjadi tolak ukur penilaian karyawan berprestasi.

  1. Memberikan Reward Dan Bonus

Berikan reward atau bonus bagi karyawan yang bekerja luar biasa. Reward atau bonus ini bisa berupa bonus uang, liburan khusus, atau benda yang berharga untuk mengingat keberhasilan karyawan di tempat mereka bekerja. Bisa juga dengan memberikan hadiah atau surprise kecil saat karyawan berulang tahun, merayakan anniversary karyawan yang sudah lama bekerja.  Dengan demikian setiap karyawan akan merasa sangat di hargai dan termotivasi secara pribadi untuk menaikkan produktivitas kerja mereka. Ini membuat karyawan betah bekerja dan menjadi loyal kepada perusahaan.

Loyalitas karyawan tidak dapat dipastikan dengan standar tertentu. Meskipun demikian, tidak ada salahnya Anda menerapkan satu atau beberapa tips di atas dalam meningkatkan loyalitas karyawan Anda. Tetapi jika tawaran di luar sangat menarik dan mereka tetap memilih pindah, sebagai atasan yang bijaksana Anda tetap harus mendukung keputusannya. Yang penting sebagai atasan Anda terus memotivasi dan menumbuhkan semangat loyalitas karyawan yang ada.

 

Sumber: Linovr