WFH Tools Series (Bagian 4): Distance Technical Support Tools

Sahabat Proxsis dimanapun berada, menginjak minggu ke-3 WFH bagaimanakah rasanya? Apakah masih produktif atau sudah mulai merindukan kebersamaan di kantor? Salah satu hal yang terasa beda adalah mengenai layanan support. Kalau di kantor, ada error aplikasi atau komputer bisa dengan mudah datang ke divisi technical support.
Namun bagaimana jika di rumah? Tentu sangat sulit mengatasi error sendiri, error handling akan lebih mudah dilakukan oleh ahlinya.

technical support

Sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai tools technical support, sudah baca artikel-artikel sebelumnya dalam seri WFH tools ini? Jika belum, yuk kunjungi link berikut:

Nah, jika sudah, berikut adalah tools yang bisa digunakan untuk tetap bisa memfasilitasi tim yang sedang WFH dari segi technical support

1. AnyDesk
Mengusung tagline “The Fast Remote Desktop Application”, AnyDesk banyak digunakan oleh beberapa technical support hingga developer. Penggunaannya yang mudah sangat membantu kita, hanya perlu install aplikasi AnyDesk dan memasukkan kode dari technical support kita supaya mereka dapat fixing bug dengan cara meremote atau mengambil alih/takeover perangkat kita. Aplikasi ini bisa digunakan dengan gratis dan berbayar, tentunya dengan fitur dan keamanan yang berbeda. Aplikasi ini didistribusikan oleh AnyDesk Software GmbH dan dapat di-install pada sistem operasi Windows, macOS, Linux, dan FreeBSD.

2. TeamViewer
Diluncurkan pada tahun 2005, TeamViewer berfokus pada teknologi berbasis cloud untuk memungkinkan dukungan jarak jauh online dan kolaborasi secara global. Untuk berkembang pesat sekarang dan di tahun-tahun mendatang, bisnis dan individu membutuhkan dukungan desktop jarak jauh, akses jarak jauh, dan kolaborasi online untuk dapat terhubung ke seluruh dunia. Orang-orang secara kolektif menggunakan teknologi dari TeamViewer dalam miliaran kasus di mana jarak dan waktu akan mencegah mereka mencapai tujuan mereka.

3. Zoho Assist
Kita dapat menikmati fitur ini dengan coba gratis di awal. Dengan aplikasi ini, kita dapat akses/remote jarak jauh tanpa pengawasan dalam menggunakan aplikasi ini. Dengan mudah, kita juga dapat me-remote PC kita yang ada di kantor dari rumah tentunya dengan pengaturan personalisasi khusus. Bahkan melalui aplikasi ini kita dapat file sharing atau file transfer jika kita membutuhkan aplikasi terbaru dan lain sebagainya. Dukung pelanggan jarak jauh melalui sesi jarak jauh ad-hoc atau atas permintaan. Tidak perlu instalasi awal. Orang yang Anda undang bisa bergabung dalam sesi melalui email atau situs web dengan mudah.

Author: Almillah

Sumber: https://www.zoho.com/id/assist/ (3/4/2020), https://anydesk.com/en/company (3/4/2020), https://www.teamviewer.com/en/products/teamviewer/ (3/4/2020)